Breaking News

10 Manfaat Blog: Fungsi & Tujuan Blog di Masa Yang akan Datang

13 Manfaat Blog: Fungsi & Tujuan Blog di Masa Yang akan Datangmotorsportcc.com – Selamat datang di Blog Cara Membuat, mengklaim, membuat jatuh tempo, dan membangun blog memiliki banyak manfaat.

Blog singkatan dari “Web Log”, menjadi sarana paling pas untuk mengasah kemampuan menulis, berbagi ilmu, berbagi cerita, pengalaman, bahkan berbagi hati (curhat).

Blog adalah singkatan dari “Web Log”. Pengertian blog adalah jenis aplikasi web sebagai tulisan (yang dipublikasikan sebagai posting) pada halaman web. Jika disederhanakan, pengertian blog adalah situs web yang berisi artikel, foto, dan video.

Dengan kata lain, sebuah blog menyerupai jurnal, hanya di web. Atau di sisi lain disebut juga Online Diary. Jurnal standar, biasanya disembunyikan di bawah buku catatan; namun, Online Diary dapat diakses kapanpun dan dimanapun, dan dapat dibaca oleh banyak orang.

Di blog, Anda bisa mengisinya dengan berbagai artikel; entah itu artikel tentang pengalaman pribadi, curahan hati, opini, dll.

13 Manfaat Blog: Tujuan & Fungsi Blog di Masa Depan

Masih dalam dunia Blogger, apa-apa saja manfaat blog yang didapatkan? Apa tujuan blog, keuntungan, menggunakan, dan memiliki blog?

1. Make Money with Your Blog

Para blogger selalu menggunakan ungkapan, “Bawa Uang dengan Blog Anda” dan itu berarti mereka membuat blog untuk mendapatkan bayaran dari dunia blogger.

Pertanyaannya, apakah blog bisa mendatangkan uang? Saya bisa. Ada banyak cara yang bisa dilakukan

Jika Anda memiliki barang untuk dijual, maka buatlah blog. Kemudian kembangkan blog tersebut hingga dikunjungi lebih banyak orang. Dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, ini adalah kesempatan ideal bagi Anda untuk mengenalkan dan memajukan barang yang akan dijual.

Blog juga bisa didaftarkan ke Google AdSense untuk mendapatkan dollar ($).

2. Personal Branding, Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Saat ini banyak perusahaan yang mencari dan menoleransi calon karyawan/karyawan tidak hanya dengan Curriculum Vitae (CV). Biasanya, HRD akan memeriksa riwayat digital Anda.

Jika sejarah digital positif dan berkualitas, dapat dipastikan organisasi akan mempertimbangkan kembali untuk menoleransi Anda untuk bekerja di organisasi mereka.

Memang, melalui sejarah digital ini juga; Tidak ada salahnya Anda membuat blog, situs, atau website dengan artikel-artikel yang bernilai dan berkualitas tinggi.

Sejujurnya, blog ini bisa menjadi referensi bagi perusahaan untuk mengakui Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan memoar, profil, minat, hobi, dan keahlian Anda di blog Anda.

3. Menjadi Seorang Ahli yang Diundang

Sebelum membuat blog, Anda diharapkan dengan topik apa yang akan dibahas dan diberikan dalam blog tersebut. Jika Anda ahli di bidang komputer, maka isi blog dengan konten PC.

Jika sekali artikel Anda membantu memecahkan banyak masalah individu, orang akan menganggap bahwa Anda adalah seorang ahli di bidang komputer. Tidak menutup kemungkinan, Anda akan diundang ke acara-acara tertentu.

4. Mengasah Keterampilan dalam Menulis

Di ranah Blogger, meningkatkan diri sebagai penulis adalah kesempatan (manfaat) yang paling terasa. Jika sebelumnya Anda tidak bisa menulis, sekarang Anda bisa menulis.

Pada awalnya Anda tidak dapat mengetik dengan cepat, saat ini Anda dapat mengetik dengan cepat di konsol QWERTY. Seperti itulah.

5. Menjadi Blogger Influence

Manfaat blog berikut mendapatkan dampak. Jika Anda yakin Anda tidak dapat berkontribusi pada negara dalam kapasitas apa pun, maka jadilah blogger.

Seorang blogger secara positif membantu individu melalui tulisan yang ditulisnya. Misalnya tentang pengalaman. Pengalaman itu pahit, bukan? Tetapi para blogger membagikannya secara gratis.

Seorang blogger pasti akan mendapatkan penggemar, kepercayaan, rasa hormat, dan pengagum jika ia serius menekuni profesinya sebagai seorang blogger.

6. Seorang Konsultan Dadakan

Dengan berkontribusi pada blog, pengetahuan dan keahlian Anda akan meningkat di bidang tertentu. Apalagi jika topiknya hanya satu (niche blog), tentang inovasi misalnya.

Jika kita berbicara tentang inovasi, maka selangkah demi selangkah dia akan menunjukkan keahliannya di bidang itu.

Dengan menjadi spesialis di bidang tertentu, Anda akan memperoleh rasa hormat, rasa hormat, profesi yang lebih baik, dan kesempatan untuk menjadi konsultan.

7. Membangun Jaringan di Seluruh Indonesia

Dengan menulis untuk blog, Anda akan mendapatkan organisasi di seluruh Indonesia. Organisasi yang dimaksud adalah hubungan pertemanan atau bisnis.

Misalnya kamu dari Aceh main-main ke Jakarta. Kebetulan kamu punya teman di Jakarta yang sama-sama berprofesi sebagai blogger, jadi ada kemungkinan “teman ini” akan mengajakmu mengunjungi beberapa destinasi terbaik di Jakarta.

Bisa juga, dia menyediakan tempat menginap untukmu. Entah di rumahnya, atau di tempat lain.

8. Mengasah Kemampuan Coding dan Pemasaran

Sejujurnya, sebelum terjun ke dunia penerbitan konten ke blog, saya sendiri gagal melihat apa itu HTML, CSS, dan JavaScript (Js).

Semakin kesini, mau tidak mau saya harus belajar HTML, CSS, dan JavaScript (Js). Untuk apa? Sehingga desain blog Anda terlihat lebih keren di mata pengunjung.

Sejujurnya, karena episode ini, saya sekarang bisa membuat template blogger. Jika ada yang tidak beres (kesalahan), saya dengan cepat memahami dan dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Secara tidak langsung, Anda akan mengetahui cara mendesain grafik, cara menampilkan di web, dan mempromosikan di media sosial.

9. Belajar dan Mencoba Kreativitas SEO

SEO adalah cara untuk mendapatkan peringkat teratas di halaman hasil pencarian. Istilah ini dikenal sebagai Search Engine Result Page (SERP).

SEO membutuhkan waktu dan prosesnya cukup membosankan. Membuat blog, dengan harapan trafik blog juga meningkat, mengharuskan Anda untuk memahami seperti apa SEO dan bagaimana membinanya.

Intinya, ilmu SEO sangat luas. Yang perlu dipelajari dan dipahami adalah lubangnya. Setiap proses memiliki celahnya, mengingat SEO untuk konten penerbitan ke dunia blog.

10. Mengetahui Perkembangan Saat Ini

Dalam membuat konten/artikel, biasanya para blogger Google terlebih dahulu menelusuri informasi. Atau lagi-lagi bisa, sekedar “melihat” tulisan blogger lain tentang tema yang akan diangkat.

Sejujurnya, dengan cara ini, pengetahuan Anda tentang data terbaru dan bidang keahlian akan terus diperbarui.

11. Berjualan secara Online

Sama seperti No. 1 di atas, di mana blog bisa digunakan untuk berjualan online.

12. Membantu / Menolong Orang

Siapa yang lebih suka menghindari membantu individu? Pada hakekatnya manusia harus saling membantu.

Membuat entri blog tentang topik tertentu, seperti pemikiran kritis tentang dunia blogger, berarti Anda telah membantu orang lain yang berada dalam situasi sulit.

Atau lagi-lagi contoh lain seperti tips makanan, tempat wisata, atau berbagi ilmu yang dianggap menarik.

13. Blog adalah Biodata Online

Hampir sama dengan no 2 diatas. Blog adalah “bio online” atau “profil online”. Blog mewakili siapa Anda, sehingga memudahkan individu untuk mengetahui siapa Anda di dunia maya.

Apa itu blog? Blog adalah singkatan dari “Web Log”. Pengertian blog adalah jenis aplikasi web sebagai tulisan (yang dipublikasikan sebagai posting) pada halaman web. Jika disederhanakan, pengertian blog adalah situs web yang berisi artikel, foto, dan video.

Sebuah blog juga dicirikan sebagai situs web yang diawasi oleh beberapa penulis; dengan isi artikel seperti pengalaman, opini, dan observasi.

Namun, ada juga blog yang dimiliki dan diawasi tanpa bantuan orang lain. Biasanya berkaitan dengan pengalaman atau berbagi data yang terfokus (tertentu).

Itu Dia 13 Manfaat Blog: Tujuan dan Fungsi Blog di Masa Depan. Perlu membuat blog? Atau sekali lagi memiliki penilaian yang berbeda, mungkin?

Sejarah Blog dari Masa ke Masa

1. Personal Home Page Justin Hall (1994)

Media blog pertama kali dipromosikan oleh Blogger.com, yang sebelumnya diklaim oleh Pyra Labs. Pada akhir tahun 2002, Google memperoleh Blogger dari kepemilikan Pyra Labs.

Pembawa blog dimulai pada tahun 1994 oleh Justin Hall yang membuat buku harian pribadi di web, dengan alamat: links.net.

Blog Justin Hall terlihat sangat sederhana; hanya terdiri dari satu halaman, berlatar belakang putih polos, dengan sedikit teks tentang profil kehidupannya.

Pada awalnya, Justin Hall tidak menganggapnya sebagai blog, melainkan sebagai “halaman arahan pribadi”. Justin hanya menggunakannya sebagai media untuk berbagi kehidupan pribadi, sekolah, hubungan, dan sentimennya.

Pada tahun 2004, The New York Times Magazine menamainya “The Founding Father of Personal Blogger” atas inisiatifnya membuat buku harian berbasis web yang berisi konten pribadi.

2. Jorn Barger, Pencetus Istilah Weblog (1997)

Jorn Barger mempresentasikan istilah Weblog yang merupakan perpaduan dari dua kata, “Web” dan “log”.

Dia memilih untuk menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan aktivitas webnya, khususnya “Logging to The Web”.

Jorn Barger juga orang yang pertama kali mempresentasikan ide sequence di weblognya, khususnya Robot Wisdom.

Ide ini ada di bagian atas weblog, memungkinkan pengunjung untuk membaca dengan teliti postingan yang dia buat, dari awal hingga akhir.

3. Peter Merholz, Pencetus Istilah Blog (1999)

setelah 2 tahun, istilah weblog berubah menjadi blog. Peter Merholz adalah orang yang pertama kali menghadirkan ungkapan “blog”.

Peter Merholz adalah seorang desainer situs web. Di blog pribadinya, dia mengatakan bahwa dia menyukai permainan kata-kata, dan dia tidak menyangka bahwa keputusannya (mengubah nama weblog menjadi blog) akan berpengaruh pada hari ini.

4. Lahirnya Blogger, LiveJournal, dan Xanga (1999)

Tahun 1999 merupakan tahun bersejarah bagi dunia menulis bagi dunia blog. Bagaimanapun, ada 3 platform blog pribadi yang dipublikasikan ke dunia.

LiveJournal adalah tulisan pertama untuk panggung blog yang diterbitkan oleh Brad Fitzpatrick.

Pyra Labs, yang dimiliki oleh Evan Williams dan Meg Hourihan, membuntuti dengan menerbitkan sebuah panggung blog bernama Blogger pada Agustus 1999.

Tidak lama berselang, tahap blog ketiga, Xanga, dihadirkan.

5. Blogger Diakuisisi Google, dan Lahirnya WordPress (2003)

Pada akhir tahun 2002, Google memperoleh Blogger dari kepemilikan Pyra Labs. Dari satu sisi, ada juga yang berpendapat bahwa akuisisi Blogger oleh Google terjadi pada Februari 2003.

Pada tahun yang sama, WordPress secara resmi diluncurkan. Baik Google maupun WordPress, sama-sama memberikan layanan blog pribadi secara gratis.

6. WordPress Adalah Platform Paling Populer (2019)

Dalam usaha jangka panjangnya, WordPress terus bergerak dan berkembang. Tidak hanya sebagai panggung pemasok blog, saat ini WordPress dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Misalnya, membangun situs web seperti toko online hingga situs web organisasi.
WordPress juga mendominasi porsi CMS dari keseluruhan industri dengan 51,09%. Pada saat yang sama, Blogger harus puas dengan 2%.

Sejarah Blog di Indonesia

Blog atau Blogger sendiri dikenalkan dengan bahasa Indonesia oleh Enda Nasution pada tahun 2001 melalui artikelnya yang berjudul “Apa Itu Blog”.

Berkat inisiatifnya dalam memajukan blog di Indonesia, beberapa media massa, termasuk The Jakarta Post, menganggapnya sebagai “Bapak Blogger Indonesia.

Tak hanya itu, Enda juga dinamis dalam berbicara di berbagai media ternama.

Bekerja sama dengan perusahaan konsultan komunikasi, Maverik, Enda memprakarsai Pesta Blogger pertama yang diadakan pada 27 Oktober 2007.

Dalam acara ini, seluruh blogger Indonesia berkumpul untuk berdiskusi dan bertukar pikiran tentang blog.

Hari Blogger Indonesia (27 Oktober 2007)

Menariknya, pada 27 Oktober 2007 diadakan Pesta Blogger.

Muhammad Nuh yang saat itu menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika, maju dan menetapkan 27 Oktober sebagai Hari Blogger Indonesia.

Belum lama ini, 27 Oktober ditetapkan sebagai Hari Blogger Indonesia.

Fakta: Jumlah Pengguna Blogger di Indonesia (2015)

Pada 2015, situs berita dan data, Antara, merinci 3,5% menggunakan blogger dari 88,1 juta pengguna web.

Artinya Indonesia baru memiliki 3 juta blogger. Angka ini umumnya kecil, mengingat jumlah penduduk Indonesia lebih dari 200 juta jiwa.

About siti nurani

Check Also

Update Terbaru Masih Perawan Link Situs 45.76.33.x 44 Full Bokeh Akhir Tahun

Update Terbaru Masih Perawan Link Situs 45.76.33.x 44 Full Bokeh Akhir Tahun

teknobosku.com – Di antara banyak kata kunci untuk mencari situs video bokeh berkualitas tinggi, alamat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *