5 Cara Melacak HP yang Hilang Karena Jatuh Maupun Dicuri

Tutorial

Melacak ponsel yang hilang merupakan cara yang tepat untuk menemukan keberadaan ponsel tersebut. Terutamanya untuk ponsel yang memiliki data-data yang penting di dalamnya, maka dari itu bosku perlu melacak keberadaan ponsel tersebut agar ponsel bosku yang hilang tidak berada pada orang yang tidak tepat.

Hilangnya HP merupakan masalah yang sering terjadi di masyarakat bagi pemilik ponsel pintar sekarang ini. Ini terjadi karena HP memiliki bentuk yang kecil dan dapat dimasukkan dimana pun juga, ini bisa dengan mudah terjatuh maupun lupa meletakkan ponsel tersebut dimana.

Sudah pernahkah bosku kehilangan handphone? Apabila sudah pernah, tentunya bosku bingung bagaimana cara mencari handphone yang hilang tersebut, apalagi handphone bosku itu dalam keadaan tidak hidup. Kemudian cara apa yang dipakai bosku untuk menemukan HP yang hilang tersebut yang dalam keadaan tidak hidup itu? Mampukah HP bosku yang hilang karena jatuh maupun dicuri itu bisa ditemukan lagi?

Jawabannya yaitu bisa bosku, dengan cara melakukan pelacakan melalui handphone lain, dapat melalui GPS, ataupun juga dengan memakai aplikasi pelacak HP yang berbasis Android yaitu Find My Device. Dan tentu saja cara-cara itu hanya bisa dilakukan untuk ponsel dengan sistem operasi yang berbasis Android saja. Kemudian, cara apa saja yang dapat dilakukan untuk melacak HP yang hilang?

HP yang dalam keadaan tidak hidup merupakan keadaan yang tidak bagus dalam melakukan pelacakan terhadap HP yang hilang. Akan tetapi, jangan risau bosku, ada beberapa metode untuk melacak ponsel yang hilang dalam keadaan tidak hidup. Nah bosku, untuk kali ini Tekno Bosku telah mengumpulkan beberapa cara untuk melacak HP yang hilang dalam keadaan hidup atau mati yang dapat kita lakukan agar dapat menemukan HP tersebut secepatnya.

1. Melacak Ponsel yang Hilang melalui Email

Email merupakan salah satu cara yang dapat dipergunakan untuk melacak ponsel yang hilang walaupun dalam keadaan mati, terutama ponsel pintar yang berbasis Android, bosku. Sebelum melakukan pelacakan, pastikan email yang akan digunakan untuk melacak ponsel yang hilang dipastikan sama dengan email yang ada pada ponsel yang hilang tersebut. Dari email yang dijadikan akun google di ponsel bosku yang hilang, kita dapat melakukan pelacakan perangkat ponsel bosku.

Cara melakukan pelacakan terhadap HP yang hilang dalam keadaan tidak hidup dengan menggunakan email ini sebenarnya adalah salah satu fitur yang diberikan oleh Google bagi pengguna yang menggunakan sistem operasi yang berbasis Android. Cara ini memiliki beberapa langkah dalam melakukan pelacakan HP yang hilang dengan menggunakan email. Perhatikan tahapan di bawah ini untuk dapat melakukan pelacakan terhadap HP yang hilang dengan email yang sudah terkoneksi dengan HP:

Baca:  Cara Ampuh Mengatasi Layar Mati Saat Menelpon dengan Hape OPPO atau Merek Lain

– Buka gmail.com di browser google chrome kalian (disarankan membuka browser dengan laptop/PC)

– Setelah terbuka klik “LOGIN” di pojok kanan atas

– Lalu masukan email dan klik “Berikutnya”

– Setelah itu masukan password dan klik “Berikutnya”

– Setelah muncul tampilan email google, terus klik atau pilih ikon titik sembilan di pojok kanan atas

– Kemudian klik atau pilih “Akun”

– Pilih “Data & personalisasi”

– Scroll ke bawah dan pilih atau klik “Histori Lokasi”

– Scroll ke bawah dan pilih atau klik “Kelola Aktivitas”

– Pilih atau klik “HARI INI”

– Setelah klik “HARI INI” akan tertera alamat terakhir HP yang hilang tersebut

 

2. Melacak HP yang Hilang dengan Android Device Manager

Android Device Manager adalah aplikasi android yang gratis dan merupakan aplikasi bawaan HP yang telah disediakan oleh Google bagi pengguna HP Android yang mempunyai fungsi utama untuk melacak keberadaan ponsel yang hilang. Syaratnya cuma satu, asalkan GPS HP tujuan harus selalu aktif. Sedangkan untuk pelacakan menggunakan Android Device Manager hanya dapat dilakukan di HP yang sistem operasinya menggunakan Android saja. Berikut ini tahapan yang harus dilakukan untuk melacak menggunakan Android Device Manager:

– Buka atau ketik www.google.com/android/find di browser google chrome kalian (disarankan membuka browser dengan laptop/PC)

– Ketik email Anda dan klik “Berikutnya”

– Ketik sandi atau passwordnya dan klik “Berikutnya”

– Kemudian akan muncul lokasi HP yang hilang tersebut dan klik ikon gambar HP di Peta

– Setelah itu akan muncul koordinat posisi terakhir HP yang hilang tersebut

Apabila Android Device Manager tidak muncul, kemungkinan dikarenakan adanya gangguan pada HP atau sedang mati total dengan adanya sistem yang error atau rusak. Penggunaan metode ini memang tidak sehebat menggunakan metode lainnya dalam cara melacak ponsel yang hilang.

3. Melacak HP yang Hilang Menggunakan Google Maps

Apabila melakukan pelacakan HP yang hilang dengan cara di atas diarahkan ke Google Maps, maka kita dapat melakukan pelacakan HP yang hilang dalam keadaan tidak hidup dengan langsung menggunakan aplikasi Google Maps. Di dalam aplikasi Google Maps banyak sekali fitur-fitur seperti Business Listing, My Location, Driving Direction, dan fitur lainnya yang dapat dipergunakan untuk mencari HP yang hilang. Berikut ini tahapan untuk melacak HP yang hilang dengan aplikasi Google Maps. Sebelum HP Anda hilang atau berpotensi akan hilang, sebaiknya pakailah cara ini agar HP Anda yang hilang bisa dimonitor dan diketahui keberadaannya secara real time.

Baca:  Cara Cek Kuota Modem Telkomsel 4G LTE

– Pertama, bukalah aplikasi Google Maps di HP Anda yang akan berpotensi hilang

– Pilih logo akun google Anda di pojok kanan atas

– Pilih “Berbagi lokasi”

– Kemudian klik atau pilih “Bagikan lokasi”

– Atur waktu untuk berbagi lokasi dengan cara pencet “Selama 1 jam”

– Pilih “Hingga dinonaktifkan” dan geser daftar kontak, kemudian pencet titik tiga atau “Lainnya”

– Lalu ketik nama atau no hape Istri, Teman, Atau Keluarga, kemudian pencet nama atau no hape yang diketikan tadi yang sudah tersimpan di kontak hape Anda

– Lalu muncul tulisan “Bagikan melalui link?”, terus pilih atau pencet “Oke”

– Setelah itu pilih atau pencet “Kirim”

– Atau sebelum dipencet “kirim”, Salin atau bagi link lokasi real time Anda ke Whatsapp istri, teman, atau keluarga Anda. Setelah selesai dikirim ke whatsapp, terus pencet “kirim” sms yang berisi link lokasi real time sebagai backup.

 

 

 

 

 

Apabila sesuatu yang tidak diinginkan terjadi yaitu kehilangan sebuah HP, maka Anda bisa minta tolong ke isteri, teman, atau keluarga yang Anda share link lokasi real time untuk membuka link tersebut yang nantinya diarahkan ke aplikasi google maps. Apabila link lokasi real timenya dibuka, nanti tampilannya akan seperti di bawah ini:

– Pilih atau pencet “Rute”

4. Melacak HP yang Hilang Melalui Aplikasi Whatsapp

Metode lain untuk melakukan pelacakan HP yang hilang yaitu dengan memakai aplikasi Whatsapp, atau biasa disingkat dengan WA. Caranya yaitu dengan melakukan share lokasi terkini di group teman atau keluarga. Biasanya paling lama untuk melakukan share lokasi terkini yaitu 8 jam, jadi agar HP kita mendapatkan pengawasan dari teman atau keluarga perlu kita sering-sering melakuan share lokasi terkini 8 jam ke grup whatsapp teman atau keluarga. Apabila suatu saat HP kita tidak sengaja jatuh atau lupa naruh, bisa dilakukan pengecekan dengan membuka share lokasi terkini 8 jam yang pernah di share di group. Melakukan pelacakan HP yang hilang dengan menggunakan share lokasi terkini Whatsapp dapat dilakukan dengan mengikuti tahapan seperti di bawah ini:

– Pertama yang harus dilakukan yaitu buka aplikasi Whatsapp, kemudian cari grup teman atau keluarga yang nantinya buat membagikan lokasi terkini selama 8 jam, dan masuk ke grup atau ruang chat grup.

Baca:  3 Cara Transfer Kuota Data Internet Telkomsel Lebih dari 1GB 2021

– Lalu pencet ikon klip atau attach. Kemudian akan muncul banyak pilihan mulai dari kontak, lokasi, katalog, audio, galeri, kamera, dan dokumen. Dan pilih saja ikon “Lokasi”

– Setelah itu pilih atau pencet “Berbagi lokasi terkini”

– Setelah memilih “Berbagi lokasi terkini”, selanjutnya akan muncul kotak yang berisi pilihan jangka waktu berlakunya “Berbagi lokasi terkini”. Kemudian, pilihlah jangka waktu yang paling lama yaitu 8 jam. Setelah itu pencet tombol atau ikon “Selanjutnya”.

– Setelah selesai, semua anggota grup akan menerima pin lokasi terkini yang Anda bagikan

5. Melacak HP yang Hilang Menggunakan IMEI

Kepanjangan dari IMEI yaitu International Mobile Equipment Identity, yaitu sebuah nomor identitas pada setiap ponsel. Biasanya nomor IMEI terdiri dari 15 sampai 16 digit angka. Dan nomor IMEI dapat dilihat di dalam bodi perangkat bagian dalam handphone setelah baterai atau di dus pembungkus ponselnya.

Selain itu, untuk mendapatkan nomor IMEI, kita dapat melihat menu “About Device” pada pengaturan ponsel atau bisa juga dengan mengetik nomor *#06#. Setelah melakukan itu nanti akan muncul di layar nomor IMEI HP Anda. Kemudian, bagaimana cara melakukan pelacakan HP yang hilang dengan bermodalkan nomor IMEI? Memang sih bosku, cara ini begitu agak ribet dan tidak semudah metode lainnya, akan tetapi cara melacak ponsel yang hilang dengan menggunakan nomor IMEI adalah cara yang begitu aman. Karena data privasi kita yang ada di ponsel dan lainnya akan tetap terjaga dan aman.

Setelah tahu nomor IMEI ponsel kita, langkah berikutnya dalam melakukan pelacakan HP yang hilang dengan menggunakan nomor IMEI yaitu dengan menghubungi call center operator seluler ponsel kita dan memberitahukan kepada pihak call center bahwa HP milik kita telah hilang, dan dengan memberi tahu nomor ponsel dan nomor IMEI ponsel kita kepada pihak operator. Dan pihak operator pun akan mengasih tahu keberadaan ponsel kita yang hilang.

Akan tetapi yang perlu diingat dan dicatat yaitu cara yang satu ini dapat dilakukan apabila ponsel kita yang hilang mempunyai koneksi internet, GPS, dan ponsel tentunya dalam keadaan hidup disertai dengan kartu SIM yang masih ada di dalam ponsel kita yang hilang. Apabila ponsel kita dalam keadaan tidak hidup dan nomor atau kartu SIM telah dibuang atau diganti, maka ponsel kita pun tak akan dapat ditemukan. Hal ini merupakan kelemahan melacak HP yang hilang dengan menggunakan nomor IMEI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *