7 Menu Jajanan Sehat untuk Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan

7 Menu Jajanan Sehat untuk Berbuka Puasa di Bulan Ramadhanmotorsportcc.com – Hay sahabat semua kembali lagi dengan saya admin di sini saya akan membahas mengenai Ibadah puasa tiahun ni, pasti terasa berbeda dengan ibadah puasa di tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, kita melakukan ibadah puasa masih dalam suasana pandemi Covid-19. Selama berpuasa, makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka puasa penting untuk diperhatikan. Memilih makanan dan menu jajanan sehat bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kita tetap sehat selama masa pandemi ini. Jadi, bagaimana memilih makanan untuk berbuka puasa? Simak ulasan di bawah ini.

Menu Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Selama berpuasa, kita kehilangan kekuatan dan cairan dari dalam tubuh. Cara memilih makanan untuk berbuka puasa sebenarnya tidak sembarangan, lho. Saat berbuka, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak cairan, makanan yang rendah lemak, dan makanan yang punya kandungan gula alami untuk mengembalikan kekuatan tubuh kita yang hilang dengan cepat. Tidak hanya itu, kita juga dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan tambahan gula. Apa saja makanan yang sanggup dipilih? Berikut tips memilih jajanan sehat untuk menu berbuka puasa:

1. Es Buah

Tubuh kita kehilangan banyak cairan selama berpuasa, oleh karena itu signifikan untuk memilih makanan yang tepat untuk menolong mengembalikan cairan yang hilang dari di dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mempunyai kandungan air layaknya semangka, apel, blewah, dan melon. Di Indonesia, buah-buahan ini sering diolah jadi es buah yang lezat dan menyegarkan untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Es buah seringkali dicampur dengan pemanis tambahan, agar mengkonsumsi es buah harus dibatasi sehingga tubuh tidak mendapat asupan gula yang berlebih.

2. Salad

Salad yang terdiri dari berbagai macam sayuran segar juga bisa jadi pilihan jajanan kamu ketika buka puasa. Salad juga terhitung makanan yang mempunyai kandungan banyak air. Mengkonsumsi salad bisa mendukung kamu untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Tak hanya itu, sayuran juga punya kandungan banyak serat yang baik untuk mempertahankan kesehatan saluran pencernaan.

3. Kurma

Kurma merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang kerap dimakan untuk berbuka puasa. Kurma punya kandungan gula alami agar berguna untuk membantu mengembalikan kekuatan yang digunakan selama berpuasa. Tak hanya itu, kurma juga mempunyai kandungan mineral seperti kalium dan tembaga, dan juga serat.

Tak hanya kurma, kamu juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah-buahan kering lainnya seperti kismis atau plum, dan juga aprikot. Buah-Buahan kering ini juga mempunyai kandungan serat dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Oleh karena kurma memiliki kandungan takaran gula alami yang tinggi, mengkonsumsi kurma secara berlebihan sanggup tingkatkan resiko penambahan berat badan. Jadi, mengkonsumsi kurma secukupnya ya!

Baca Juga

4. Dimsum

World Health Organization (Who) merekomendasikan untuk membatasi jumlah mengkonsumsi minyak dan lemak. Salah satu cara yang bisa kamu jalankan adalah dengan kurangi mengkonsumsi gorengan atau makanan yang diolah dengan cara digoreng. Meski belum sangat populer untuk dijadikan jajanan buka puasa, dimsum bisa jadi alternatif pilihan. Dimsum terhitung ke didalam makanan yang sehat sebab pengolahan beberapa besar dimsum adalah dengan dikukus. Mengkonsumsi makanan yang dikukus membantu kamu untuk kurangi mengonsumsi minyak.

5. Kolak Pisang

Kolak pisang terhitung ke di dalam jajanan yang sering dikonsumsi sebagai takjil berbuka puasa. Kolak kerap dipilih sebagai jajanan yang dikonsumsi sebelum mengkonsumsi makanan dalam porsi besar saat berbuka puasa. Langsung mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar ketika saluran pencernaan sudah kosong dalam waktu yang lama mampu menyebabkan saluran pencernaan menjadi kaget dan sanggup menimbulkan masalah pencernaan.

6. Bubur Kacang Hijau

Berbagai jenis kacang-kacangan mampu diolah jadi makanan sehat untuk berbuka puasa. Salah satunya adalah bubur kacang hijau. Tak hanya lezat, bubur kacang hijau mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh sebab punya kandungan karbohidrat dan serat. Bubur kacang hijau bisa menyediakan kekuatan cepat bagi tubuh sehabis seharian berpuasa.

7. Lemper

Jajanan lain yang mampu dikonsumsi adalah lemper. Lemper merupakan jajanan pasar yang diolah dari beras ketan dan memakai daging ayam atau abon sebagai isiannya. Oleh karena lemper diolah dengan cara dikukus, lemper cenderung lebih sehat untuk dikonsumsi saat berbuka dibandingkan dengan gorengan.

Oleh karena saat ini kita masih dalam masa pandemi Covid-19, tak hanya konsumsi makanan yang sehat, kebersihan makanan yang kita mengkonsumsi juga harus mendapatkan perhatian khusus. Jika kamu membeli makanan atau jajanan, carilah tempat yang kamu yakini kebersihannya. Jika ragu untuk membeli makanan atau jajanan di luar, cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah. Dengan itu, kamu bisa memastikan kebersihan makanan yang kamu olah. Kamu juga mampu menghilangkan atau mengganti bahan-bahan yang tidak cukup baik untuk kesehatan dengan bahan lain yang lebih baik.

Sehabis berpuasa, wajar untuk miliki keinginan untuk memanjakan diri sendiri dengan beraneka jenis makanan. Tapi, cobalah untuk tetap konsumsi makanan yang sehat. Tubuh memerlukan nutrisi dan cairan dalam jumlah yang cukup setiap harinya untuk menjaga tubuh tetap sehat. Kualitas makanan yang kamu makan berperan penting terutama selama bulan puasa ini.

Akhir Kata

Demikian pembahasan  yang bisa admin sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih

About siti nurani

Check Also

Inilah Fungsi Dari Printer, dan Bermacam Jenisnya

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan printer sangat erat kaitannya dengan kebutuhan kita. Beberapa membutuhkan perangkat ini untuk mencetak foto, dokumen dan keperluan lainnya. Printer sendiri merupakan salah satu alat yang cukup progresif pada masanya. Keberadaan printer pada awalnya diprakarsai oleh Charles Babbage pada abad kesembilan belas. Ide Babbage terus diciptakan hingga lahirlah [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.