Apple Luncurkan iPad Air 2020 Dengan Chipset A14 Bionic dan iPad Generasi ke-8

Smartphone

Kemarin malam, tepat jam 00:00 WIB 16 September 2020 di Indonesia bosku, ada acara peluncuran secara virtual yaitu Apple Event 2020 di bulan September ini. Tak seperti biasanya bosku, pada tahun ini Apple tidak memperkenalkan produk iPhone terbarunya. Atau lebih pasnya belum, karena infonya akan hadir agak mundur di acara terpisah tentunya bosku.

Lalu apa yang telah diinformasikan oleh Apple kali ini, bosku? Tentunya, selain jam tangan pintar terbarunya, Apple juga telah memperkenalkan generasi terbaru dari dua produk tablet paling terpopuler mereka, yaitu iPad Air 2020 dan iPad Generasi ke-8 bosku. Datang dengan prosesor yang ditingkatkan lagi, iPad Air 2020 mempunyai daya tarik karena memiliki chipset yang benar-benar baru, serta mempunyai banyak opsi warna dan Touch ID generasi terbaru bosku.

 

Kehebatan iPad Air 2020, Gunakan Chipset A14 Bionic

Kemudian untuk membuka kunci layar pada tablet ini dengan aman, bosku dapat menempelkan sidik jari bosku ke tombol power yang berada di samping atas bodi tablet ini bosku. Dan di bagian depan, iPad Air 2020 sekarang memiliki layar yang lebih besar di 10,9 inch, Liquid Retina display yang sudah mempunyai standar warna P3 wide color gamut bosku.

Kali ini bosku, peningkatan paling nyata yang dibawa Apple ke iPad Air 2020 ialah memiliki chipset A14 Bionic. Betul bosku, ini merupakan chipset terbaru, bukan merupakan chipset dari generasi iPhone lama seperti apa yang pernah dilakukan oleh Apple sebelumnya bosku. Dan sekarang Apple menjadi yang pertama di industri dengan fabrikasi 5nm bosku, chipset A14 Bionic ini meningkatkan performa sampai 40% dan juga olah grafis hingga 30% bosku.

Dan di dalam chipset A14 Bionic ini juga ditanam Neural Engine 16 inti plus akselerator machine learning untuk kecepatan kalkulasi 10 kali lipat lebih tinggi, bosku. Semuanya itu digabungkan untuk metode pengenalan gerakan, gambar, dan lainnya secara cepat. Pada waktu peluncuran, Apple memperlihatkan bagaimana sebuah aplikasi DJ dapat merespon gestur tangan yang bergerak di atas layar iPad Air 2020 dengan begitu peka, bosku.

Untuk kameranya bosku, iPad Air 2020 ini dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 7 Megapixel, sedangkan kamera belakangnya sama persis dengan iPad Pro terbaru yaitu dengan resolusi 12 Megapixel yang juga dilengkapi dengan stabilisasi video. Dan sekarang ini, speakernya dibikin stereo bosku, sedangkan untuk konektivitas iPad Air 2020 menggunakan port USB-C yang bisa transfer data hingga 5 Gbps bosku.

iPad Air 2020 ini akan hadir bersamaan dengan iPadOS 14 yang akan mulai siap beredar pada bulan Oktober 2020 secara bertahap di 30 negara bosku. Versi termurahnya dengan memori 64 GB Wi-Fi only dijual di pasaran dengan harga USD599 atau sekitar Rp 8,8 jutaan bosku, sedangkan untuk versi 4G LTE sedikit lebih mahal dengan harga USD729 atau sekitar Rp 10,8 jutaan bosku.

 

iPad Generasi ke-8 Miliki Desain Sama, Gunakan Chipset A12 Bionic

Hai bosku, Apple telah memperbarui seri iPad dasar mereka, yaitu iPad Generasi ke-8. Secara desainnya, iPad Generasi ke-8 hampir semuanya dibikin sama dengan iPad Generasi sebelumnya, gunakan layar 10,2 inch Retina display, home button dengan Touch ID di depan serta spesifikasi kameranya sama dengan iPad Generasi sebelumnya, bosku.

Kemudian, yang berubah dari iPad Generasi ke-8 hanya pada chipsetnya saja bosku, chipsetnya menggunakan Apple A12 Bionic, yang sama dengan apa yang digunakan oleh seri iPhone XR dan iPhone XS. Apabila dibanding dengan iPad Generasi ke-7, iPad Generasi ke-8 ini memiliki peningkatan performa sampai 40% dan grafisnya meningkat hingga 2 kali lipatnya bosku.

Bahkan Apple sendiri berani mengatakan bahwa performa iPad Generasi ke-8 ini 6 kali lipat lebih cepat dari Chromebook paling terkenal di pasaran bosku. Chipset Apple A12 Bionic juga membikin iPad Generasi ke-8 mempunyai Neural Engine, untuk aplikasi dengan augmented reality (AR), biasanya digunakan untuk edit foto agar lebih cepat serta untuk lainnya bosku.

iPad Generasi ke-8 bisa dipesan mulai hari kemarin di website resmi Apple dan aplikasi Apple Store mulai dari 25 negara bosku. Versi 32 GB Wi-Fi only dijual dengan harga mulai USD329 atau sekitar Rp 4,8 jutaan saja bosku, sedangkan untuk versi Wi-Fi + cellular agak sedikit lebih mahal dari Wi-Fi only yaitu dijual dengan harga USD459 atau sekitar Rp 6,8 jutaan aja bosku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *