Arti Kata Cuan Dalam Bisnis dan Filosofi Tionghoa

Arti Kata Cuan Dalam Bisnis dan Filosofi Tionghoateknobsku.com – Hay sahabat semua kembali lagi dengan saya admin di sini saya akan membahas mengenai Banyak sekali istilah bisnis yang kini tersebar dan diserap ke bahasa sehari-hari kita dan apalagi tanpa mengerti artinya tetapi selalu kita gunakan setiap hari. Salah satunya seperti istilah cuan uang bagi beberapa orang menganggap itu adalah nama lain dari uang tetapi tidak mengherankan memang jika istilah asing dalam dunia usaha semakin bervariasi karena dampak dari pengusaha Barat dan pengusaha China punya andil didalam dunia usaha di Indonesia.

Arti cuan di dalam bisnis dan juga cengli dan juga cincai yang tidak akan anda temukan artinya di kamus Bahasa Indonesia sebab memang bukan berasal dari bahasa Indonesia asli tetapi berasal dari bahasa Hokkien.

Histori penggunaan kata cuan yang diserap dari bahasa Hokkien (China Selatan) tidak luput dari adanya penguasaan etnis Tionghoa yang bisa dibilang banyak menduduki jabatan tinggi di perusahaan lokal maupun internasional.

Pemakaian arti kata cuan di dalam bisnis pasti saja karena di Indonesia sudah banyak pengusaha etnis Tionghoa dan penggunaaan kata cuan di dalam usaha semakin populer tidak hanya di kalangan pebisnis tetapi di kalangan anak muda. Cuan sudah mengakar pada bahasa setiap kalangan dan diakui sebagai pengganti kata uang atau pendapatan padahal arti sebenarnya bukan demikian.

Untuk lebih mengetahui seputar arti kata cuan dalam usaha yang sering digunakan belakangan ini beserta istilah lainnya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas lengkap istilah-istilah Tionghoa didalam dunia usaha terhitung arti cuan di dalam usaha, cengli, cincai, dan lain-lain.

Kenapa hal ini harus kami pelajari karena tidak memungkinkan kita menggunakan bahasa yang tidak diketahui makna dan artinya, sebagai warga negara Indonesia kita juga wajib bisa membedakan mana bahasa asing yang memang mesti digunakan atau tidak. Mengikuti trend bahasa adalah hak yang tidak benar jika kami tidak menyadari arti sebenarnya untuk itu sebelum menggunakannya alangkah baiknya kami pelajari sehingga dapat menempatkan sistem bahasa saat berkomunikasi dengan setiap orang.

Arti Cuan dalam Bisnis dan Istilah Penting Komunitas Tionghoa 

Tanpa kita sadari, kita sudah menggunakan campuran di dalam berbahasa sehari-hari dan disebut bahasa gaul atau yang kerap digunakan di zaman kekinian. Arti kata cuan didalam usaha juga pernah digunakan didalam film “Filosofi Kopi” yang diperankan oleh Rio Dewanto dan Chicco Jerikho lalu jadi populer digunakan oleh masyarakat tahun 2015 silam.

Telah disebutkan sebelumnya arti kata cuan didalam dunia usaha berasal dari Hokkien, tempat yang berasal dari China Selatan laku secara bahasa arti kata cuan didalam usaha berasal dari bahasa mandarin hanyu pinyin yang mempunyai makna keuntungan, untung, atau hasil.

Sedangkan Cengli vital masuk akal lurus hati dan jujur di dalam berbisnis lalu arti dari Cincai yaitu titik temu atau kesepakatan antara penjual dan pembeli waktu bertransaksi dalam usaha. Apalagi istilah ini kabarnya sudah dijadikan prinsip 3c oleh beberapa orang di etnis Tionghoa di dalam berbisnis, contohnya Basuki Tjahaja Purnama atau kerap dipanggil Ahok.

Terlepas dari kontroversinya, Ahok saat ini jadi komisaris Pt. Pertamina dan sebagai etnis Tionghoa ia adalah panutan orang sukses dan jujur di dalam berbisnis.  pada sebuah kesempatan dan dilansir dari berbagai sumber Ahok mengembangkan perusahaan ini dengan prinsip cuan, cengli, dan cincai. Dimana cuan adalah keuntungan karena di dalam berbisnis tentu butuh keuntungan, cengli vital fairness atau bisa dikatakan kemudahan di dalam berbisnis, dan paling akhir cincai yaitu solusi atau mudah.

Kata Cuan Dalam Filosofi Tionghoa

Walaupun arti cuan didalam usaha adalah keuntungan sebenarnya konsep yang ingin disampaikan bukanlah mengenai keuntungan semata namun terkait penghematan dan kesederhanaan di dalam arti untuk mendapatkan kebermanfaatan di dalam berbisnis.

Arti kata cuan di dalam usaha selama ini selalu dikaitkan dengan uang padahal keuntungan tidak hanya mengenai uang tetapi bisa penting rekanan, fungsi, dan hal lainnya. Jika kami mendalami mengenai filosofi Tionghoa didalam usaha sangatlah luar biasa dan inilah mengapa banyak dari orang Tionghoa dominan di dalam usaha dan bisnis.

Salah satu prinsip orang Tionghoa mengenai arti cuan di dalam usaha yaitu berpegang teguh pada perkataan dan sangat menghargai kesepakatan yang membawa dampak pengusaha Tiongkok selalu jujur dan terbuka pas laksanakan kesepakatan supaya mencapai aturan paling baik.

Tak hanya itu orang Tionghoa juga punyai prinsip yang banyak digunakan oleh kami juga dan terkadang dijadikan nasihat yaitu “waktu adalah uang” yang memberi tambahan makna bahwa kami tidak boleh menyia-nyiakan waktu sedikitpun gara-gara jika ingin sukses selagi yang kami mesti berikan itu totalitas supaya kerja keras kami terbayarkan.

Strategi Bisnis Agar Bisa Cuan ala Pengusaha Tionghoa

Fakta yang harus anda ketahui bahwa etnis Tionghoa atau China kini punyai 10 prosen milyuner sukses dari 2400 milyuner yang tersebar di semua dunia dan usia milyuner di China rata-rata 53 tahun, lalu sebenarnya apa misteri orang Tionghoa menduduki pengusaha sukses paling banyak dan sukses lalu apa misteri mereka bisa cuan? Berikut adalah ulasan yang bisa anda pahami untuk meniru gaya sukses dari pengusaha Tionghoa!

1. Selalu Bekerja Keras

Kunci Orang China bisa sukses menurut buku “Misteri Usaha Orang China” karya Ann Wan Seng menjelaskan bahwa kerja keras adalah harga mati untuk mencapai keberhasilan, Orang China sangat mempercayai bahwa sukses itu tidaklah instan dan harus lebih rajin bekerja keras agar usaha yang selama ini jadi cuan. Hal ini dibuktikan dari Wealth X bahwa 94 prosen orang China sukses sebab Self Made atau bisnis sendiri dan sangat jauh dengan kandungan di dunia yang cuman 55 % yang self made.

2. Berpikir Untuk Menabung dan Investasi

Rasio tabungan orang Tionghoa membuktikan bahwa banyak orang-orang etnis ini memprioritaskan untuk mengalokasikan beberapa besar pendapatan untuk menabung dan berinvestasi jangka panjang. Inilah yang disebut arti cuan didalam usaha yaitu keuntungan yang dicapai secara proses dan bukan secara instan.

3. Uang yang Dihasilkan Untuk Mendapatkan Uang Kembali

Bisa saja saat ini banyak orang orang yang hedonis dan berpikir uang yang kami dapatkan mesti langsung dibelanjakan untuk suka-bahagia dan self reward. Hal ini pasti tidaklah salah tetapi hingga kapan penghasilan kita dibuat sesuatu yang tidak berkembang dan dibelanjakan sesuatu yang sifatnya sekunder padahal jika mengikuti prinsip cuan, cengli, dan cincai maka kita akan berpikir jangka panjang untuk mengelola uang kami sehingga bisa jadi uang yang lebih banyak sehingga mendapat cuan.

4. Hemat dan Jangan Ragu Berdagang

Ekonomis disini adalah konduite yang semata-mata membelanjakan uang untuk sesuatu yang benar-benar utama dan tidak membeli sesuatu yang sifatnya kesenangan sesaat. Mempertahankan pengeluaran dan memanajemen pemasukan adalah taktik signifikan arti cuan didalam usaha. Satu lagi yang wajib dicatat adalah jangan ragu untuk berdagang sebab berdagang akan beri tambahan kami kebebasan dan pas untuk menghasilkan cuan.

itulah informasi tentang arti cuan dalam dunia usaha orang Tionghoa yang prinsipnya bisa kami jadikan panduan untuk untuk mencapai keberhasilan didalam meniti usaha. Semoga artikel kali ini bisa berfungsi dan menaikkan wawasan kami didalam dunia usaha dan cuan.

Akhir kata

Demikian pembahasan  yang bisa admin sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih

About siti nurani

Check Also

Inilah Fungsi Dari Printer, dan Bermacam Jenisnya

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan printer sangat erat kaitannya dengan kebutuhan kita. Beberapa membutuhkan perangkat ini untuk mencetak foto, dokumen dan keperluan lainnya. Printer sendiri merupakan salah satu alat yang cukup progresif pada masanya. Keberadaan printer pada awalnya diprakarsai oleh Charles Babbage pada abad kesembilan belas. Ide Babbage terus diciptakan hingga lahirlah [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.