Berikut Ini 3 Cara Cek Kecepatan Internet Android Terbukti Akurat dan Mudah

Berikut Ini 3 Cara Cek Kecepatan Internet Android Terbukti Akurat dan Mudahteknobosku.com – Cara memeriksa kecepatan internet Anda – Jika ponsel Anda sepertinya mengisi daya dengan lambat, Anda mungkin perlu menguji kecepatan akses internet Anda.

Satu atau beberapa aktivitas pengunduhan file memerlukan koneksi yang stabil. Baca tips solusi di bawah ini untuk mengecek kecepatan wifi android atau mengecek kecepatan internet ponsel Anda.

Penggunaan internet saat ini sebenarnya telah membuat penggunaan ponsel pintar menjadi indah. Kecepatan internet juga sangat mempengaruhi perannya dalam mengakses dunia maya.

Tentunya jika ponsel Android Anda memiliki kecepatan internet yang lambat, semua aktivitas browsing web Anda akan sangat bergejolak. Butuh banyak waktu untuk mulai menjelajah, streaming, dan mengunduh, yang menghalangi aktivitas lainnya.

Ada beberapa tipe HP Android terbaru yang hadir dengan pengaturan dengan kemampuan menampilkan kecepatan koneksi. Ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui dengan pasti berapa kecepatan koneksi mereka.

Namun, masih banyak acara lain untuk mengeksplorasi kemampuan kecepatan Paket Data Internet HP Android. Selain itu juga menggunakan fitur-fitur standar di pengaturan atau pengaturan ponsel Android.

Anda juga dapat melihat kecepatan internet Android yang saat ini digunakan dengan aplikasi pihak ketiga. Ini memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk mengelola paket data internet Anda.

Ini untuk mempercepat unduhan Anda atau membuatnya lebih efisien dan tidak cepat habis. Di bawah ini adalah aplikasi untuk mengecek kecepatan internet ponsel Android Anda.

Cara Cek Kecepatan Internet di Android

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengetahui seberapa cepat koneksi internet yang digunakan di HP Android kita. Kita bisa menggunakannya sebagai referensi, meski tidak semua menunjukkan tanggal yang tepat. Maka dari itu kami ingin membahasnya disini yaitu tutorial cara cek kecepatan internet dengan dan tanpa aplikasi.

Namun sebelum itu, apakah sesulit itu untuk mengecek kecepatan internet di Android? Sangat mudah untuk memeriksa. Nah disini kami memiliki setidaknya 3 cara yang ingin kami bagikan seperti yang sudah disebutkan pada judul diatas. Juga, ada banyak tutorial di internet. Sebagian besar bagus, tetapi beberapa tidak akurat menurut kami.

1. Aktifkan Indikator Status Internet di Pengaturan HP

Banyak orang yang masih belum mengetahui hal ini. Beberapa pengaturan Android memiliki “indikator status koneksi”. Fitur ini berfungsi sebagai indikator untuk menampilkan data kecepatan internet Anda saat ini (baik kecepatan download maupun kecepatan upload).

Fitur ini menurut saya sangat akurat karena pengecekan dilakukan secara real time. Lalu bagaimana cara mengaktifkannya?

Fitur ini sangat berguna, namun sayangnya tidak semua ponsel Android memilikinya. Namun, jika ponsel Anda memilikinya, fitur ini bisa diaktifkan melalui pengaturan HP.

Di ponsel kami, pengaturannya ada di bawah Pengaturan > Personalisasi > Indikator Jaringan. Jika ponsel Anda tidak mendukung fitur ini, Anda dapat menginstal aplikasi Internet Speed ​​​​Internet Speed ​​​​Meter Lite sebagai gantinya.

Aplikasi ini dirancang untuk memantau secara dekat status koneksi dan penggunaan data internet Anda. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fungsi indikator jaringan real-time seperti fungsi Indikator Status Internet di pengaturan HP.

Penggunaannya juga sangat sederhana. Anda hanya perlu menginstal aplikasi Internet Speed ​​​​Meter Lite yang dapat Anda unduh dari Google Play Store.

Buka aplikasinya jika sudah terpasang. Setelah itu program akan otomatis berjalan sendiri.

2. Menggunakan Aplikasi Speedtest.net

Sebagian dari kita mungkin sudah familiar dengan Speedtest.net.

Ya, situs ini merupakan salah satu situs verifikasi kontak terpopuler yang sudah ada sejak lama. Ini adalah ketika kami masih anak-anak.

Verifikasi masih bisa dilakukan melalui website speedtest.net. Namun, sekarang aplikasi telah dirilis, kami mendorong Anda untuk menggunakannya agar lebih mudah bagi Anda.

Untuk menggunakannya, silakan lanjutkan sebagai berikut:

  • Download terlebih dahulu aplikasi Speedtest.net di Google Playstore.
  • Klik Mulai untuk memulai proses pengujian.
  • Kemudian hasilnya bisa dilihat setelah proses tes selesai.

3. Melalui Speedtest Internet di Browser

Cara lain untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan situs tes kecepatan internet dari browser Anda.

Situs-situs ini berfungsi untuk mengetahui kecepatan internet maksimum Anda untuk mengunggah dan mengunduh. Nah, jenis website sendiri bermacam-macam. Namun cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan fitur speed test yang disediakan langsung oleh Google.

Berikut cara mengeceknya:

  • Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi browser di ponsel Anda. Jika tidak, Anda dapat mencoba Google Chrome.
  • Buka aplikasi peramban. Silahkan buka Google, lalu ketikkan kata kunci “speedtest“.
  • Klik Run Speed ​​Test untuk memulai proses pengujian, lalu tunggu proses berjalan.
  • Hasilnya bisa dilihat setelah tes selesai.

Fitur ini memudahkan pengecekan. Sejujurnya, saya sering menggunakan fitur ini untuk menguji kecepatan internet saya.

Akhir Kata

Nah, itulah informasi dari kami tentang cara cek kecepatan internet di android. Ikuti tutorial di atas untuk mengecek kecepatan internet Anda.

Terimakasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan teknis dengan membaca artikel harian kami. Terima kasih atas kunjungan anda. Mari bertemu kembali.

About by leemin

Check Also

Leaked Full Link Photos of Mai Denzel Zimbabwe Viral On Twitter

Leaked Full Link Photos of Mai Denzel Zimbabwe Viral On Twitter

teknobosku.com – New disputes emerge on the Internet every other day, many disputes can be …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *