Berikut ini Kelebihan dan Kekurangan hosting gratis vs berbayar

Berikut ini Kelebihan dan Kekurangan hosting gratis vs berbayarmotorsportcc.com – Saat ini penggunaan website dan blog sebagai salah satu media pendukung yang ampuh untuk mempertahankan dan memajukan bisnis semakin kompetitif.

Hal ini secara langsung sesuai dengan kebutuhan hosting yang merupakan dasar dari sebuah web. Beberapa hosting ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Keduanya tentu saja menikmati kelebihan dan kekurangannya masing-masing

Sebelum melangkah lebih jauh ke pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan hosting, baik versi gratis maupun berbayar dari kedua hosting tersebut, sebelum menggunakan salah satunya ada baiknya kita pahami dulu apa yang disebut dengan hosting.

Lalu hal itu disebut hosting? Ini surveinya, harus kita selidiki.

Apa Yang Disebut Dengan Web Hosting?

Sederhananya, jika website menyerupai sebuah rumah, maka hosting adalah lahan dimana website tersebut dibuat. Jadi hosting adalah tempat menyimpan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan website seperti media gambar, video, animasi, teks, dll. Ada web hosting gratis, ada yang berbayar. Apakah Anda mencari hosting gratis atau berbayar, Anda dapat mengamati penyedia hosting terbaik di hostadvice.com

Perbedaan Web Hosting Gratis Dan Berbayar

Item yang berlabel “Gratis” biasanya memiliki banyak batasan yang sedikit memaksa pengguna untuk me-refresh ke versi “Berbayar”, serta web hosting. Di antara web hosting gratis dan berbayar, keduanya memiliki perbedaan dalam hal layanan, fitur pendukung dan kecepatan layanan akses web

Di web hosting gratis, ruang disk dan transmisi data diberikan dalam jumlah terbatas. Selain itu, ukuran dokumen website yang akan ditransfer juga terbatas. Begitu juga dengan jumlah pengunjung web, semuanya dibatasi karena disesuaikan dengan ruang disk dan transmisi data yang diberikan oleh hosting gratis.

Adapun web berbayar untuk ruang disk dan transmisi data, disesuaikan dengan keputusan pengguna sesuai dengan paket hosting. Sehingga Anda diperbolehkan untuk mentransfer file tanpa dibatasi oleh ukuran dokumen. Tidak ada batasan jumlah pengunjung situs web.

Berbagai Kelebihan Kekurangan Hosting Gratis Dan Berbayar

Baik hosting gratis maupun berbayar, keduanya menikmati kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dan kekurangan tergantung dari penyedia web hosting itu sendiri.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan hosting gratis dan berbayar dari hosting tersebut?

Berikut beberapa ulasan tentang kelebihan dan kekurangan hosting gratis dan berbayar.

Kelebihan Dan Kekurangan Web Hosting Gratis

Saat ini web hosting gratis juga tidak biasa-biasa saja dibandingkan dengan yang berbayar. Karena banyak penyedia web hosting gratis menawarkan fasilitas pendukung seperti paket berbayar.

Tapi saya pribadi tidak menyarankan penggunaan hosting gratis untuk website pribadi dan bisnis. Hosting gratis siap digunakan sebagai tempat untuk pengujian AGC, desain tema, skrip, dan pengujian

Misalnya, Phpdotid tampaknya memberikan paket hosting gratis kepada pengguna, sejujurnya mereka mencuri semua unggahan pengguna termasuk skrip dan tema dan kemudian menjualnya secara tidak sah (tanpa izin).

Hosting gratis juga tidak memberikan penguatan basis data terprogram, sehingga pengguna berisiko kehilangan informasi kapan pun

Parahnya lagi, tidak ada dukungan dan tanggung jawab lebih lanjut dari penyedia hosting, sehingga jika pengguna menemukan masalah seperti kesalahan, kehilangan informasi, peretasan, mereka harus memperbaikinya secara mandiri (tidak cocok untuk pemula)

Kelebihan Web Hosting Gratis

Berikut adalah beberapa keunggulan web hosting gratis yang harus diketahui calon pengguna sebelum mengambil keputusan tentang web hosting gratis:

1. Tidak Perlu Membayar alias gratis

Salah satu kelebihan web hosting gratis adalah tidak perlu membayar seperti yang tertera pada yang namanya “web hosting gratis”, jika disuruh bayar berarti bohong hehe. Pengguna hanya perlu mendaftar dan membuat website. Kemudian pengguna dapat langsung mentransfer file, foto atau lainnya. Karena semua fasilitas seperti ruang disk dan transmisi data tersedia secara gratis.

2. Proses Pendaftaran Sangat Mudah Dilakukan

Pengguna dapat mendaftar dengan cara yang sangat mudah. Pertama, isi informasi sebagai nama pengguna dan kata sandi, lalu nama area (tersedia sub domain gratis). Sejak saat itu, pengguna dapat langsung mengakses halaman dashboard website karena website tersebut sudah ada di web.

3. Sub Domain Yang Sudah Tersedia

Hosting gratis biasanya saat ini menyediakan beberapa pilihan sub domain secara gratis bagi penggunanya. Sehingga pengguna tidak perlu repot memberikan sub area sendiri untuk pengalamatan website.

4. Cocok bagi pemula

Hosting gratis dimaksudkan sebagai pendahuluan bagi pengguna sebelum mengambil bagian dalam paket berbayar dan fitur dasar. Bagi Anda yang perlu ceroboh untuk CMS tertentu atau ada proyek pembuatan situs web, Anda dapat memanfaatkan daftar situs pemasok hosting gratis untuk menghemat rencana keuangan

Kekurangan Web Hosting Gratis

Selain menikmati beberapa keuntungan seperti yang telah saya jelaskan di atas, web hosting gratis juga memiliki kekurangan.

Beberapa kekurangan tersebut patut menjadi pertimbangan, terutama bagi Anda yang perlu serius mengawasi web sitemoney (web yang menguntungkan). Karena nantinya bisa mengganggu pengguna.

Berikut beberapa kekurangan web hosting rasa gratisan.

1. Terbatasnya Bandwith Dan Disk Space

Transmisi data dan ruang disk yang tersedia sangat terbatas. Sehingga pengguna tidak diperbolehkan untuk mentransfer file atau foto di website. Karena Anda perlu fokus pada ukuran record yang akan ditransfer. Ini karena kecepatan transfer yang terbatas dan ruang disk yang diberikan oleh pemasok web hosting.

Ketika pengunjung website meningkat, kapasitas server menjadi terlalu terbebani dan kemudian turun, menyiratkan bahwa hosting gratis tidak memungkinkan situs web Anda berkembang, itu seperti jangkar yang menggantung di leher Anda saat berenang di laut.

Ketika situs web down beberapa kali karena tidak dapat melayani permintaan pengunjung, hosting Anda dapat ditangguhkan dan Anda kehilangan informasi penting yang tak terkira di dalamnya (selamanya! karena penyedia layanan tidak memiliki keinginan untuk melayani keluhan Anda juga tidak simpan cadangan!)

2. Kurangnya Keamanan

Salah satu kelemahan web hosting gratis yang mematikan adalah tidak adanya keamanan bagi penggunanya. Karena pada waktu tertentu pengguna dapat mengalami situs web yang tiba-tiba terhapus atau diacak oleh peretas

Penyedia hosting gratis biasanya berusaha mengabaikan keamanan servernya sendiri, mereka ceroboh dalam mengharapkan serangan programmer seperti tidak mematikan akun root, tidak mengkodekan informasi, port yang tidak digunakan masih dinamis, tidak mengaktifkan firewall, tidak ada rootcanner dan lain sebagainya.

Sangat mudah bagi pesaing untuk menghancurkan reputasi situs web Anda di mata Google

3. Servernya Yang Labil

Ketika pengguna memilih untuk memilih web hosting gratis, salah satu kendala yang harus diperhatikan adalah masalah server. Karena web hosting gratis biasanya servernya sering down. Hal ini menyebabkan situs web tidak dapat diakses.

Alasannya mungkin karena penggunaan shared hosting bersama dengan pelanggan gratis lainnya, juga spesifikasinya tidak ideal

4. Tiba-tiba muncul iklan diwebsite

Selain rawan pencurian data oleh pemilik penyedia hosting gratis, ternyata beberapa perusahaan hosting yang menawarkan versi gratis juga menyematkan kesepakatan terkait kebijakan iklan yang ditampilkan di website pengguna sebagai kompensasi atas layanan hosting gratis yang diberikan.

Tentu hal ini sedikit mengganggu kenyamanan pengunjung misalnya pemilik website memasang 5 iklan kemudian penyedia hosting menyisipkan 4 iklan, hasilnya halaman website akan terlihat seperti sarang iklan hehe

Banyak pengunjung website yang membenci munculnya iklan yang mengganggu, terutama iklan berukuran besar karena menutupi keterbacaan konten

5. Tidak ada bantuan

Penyedia hosting gratisan biasanya tidak memberi jaminan support 24/7 kepada pengguna. Segala permasalahan yang muncul baik akibat kecerobohan pengguna maupun dari sistem sepenuhnya menjadi resiko yang harus ditanggung oleh pengguna. Kalaupun mereka menjanjikan support itu membutuhkan waktu lebih lama untuk ditanggapi

Anggap saja website anda mulai tumbuh, visitor banyak dan hosting down, sistem tidak sanggup menangani permintaan pengunjung kemudian mensuspends paket anda, kemudian anda komplain kepada penyedia layanan karena kehilangan data. Itu percuma saja karena penyedia layanan juga tidak mempunyai backup data anda diserver mereka atau mereka mau memberikan kalau anda bersedia membayar

6. Sering disalahgunakan

Hosting gratis sering disalahgunakan untuk membuat web phising, virus malware, website untuk kepentingan organisasi, pemerasan, dll.

Itulah sebabnya jika seseorang dari pengguna server yang sama melakukan operasi kriminal, mungkin pemiliknya akan mengatur ulang server dan secara tidak sengaja menunjukkan Anda sebagai pengguna yang tidak tahu apa-apa.

Kelebihan Dan Kekurangan Hosting Berbayar

Berikut adalah beberapa ulasan tentang keunggulan web hosting berbayar yang harus diketahui oleh calon pengguna sebelum mendapatkannya.

Kelebihan Hosting Berbayar

Pengguna akan mendapatkan beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh penyedia web hosting berbayar. Lalu apa saja keunggulan yang ditawarkan?

Berikut beberapa ulasan yang perlu diketahui oleh calon pengguna yang tertarik dengan web hosting berbayar.

1. Berbayar Memberi Kesan Lebih Profesional

Dengan menggunakan web hosting berbayar, pengguna akan terlihat lebih profesional. Karena pengguna mendapatkan fasilitas nama spasi yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Ini terlihat lebih profesional karena di balik nama ruang pengguna, pemasok web hosting memang mengecualikan nama organisasi.

2. Fasilitas Lengkap Dan Keamanan Lebih Terjamin

Hosting web berbayar menyediakan fasilitas total sesuai bundel yang dipilih oleh pengguna. Jadi bisa menggunakan javascript, install plugin dan script lainnya seperti JSP dan PHP. Selain itu, keamanan web hosting berbayar juga lebih terjamin sehingga pengguna tidak perlu stres jika file atau informasi lainnya hilang setiap saat.

Penyedia hosting akan berusaha untuk menjaga keamanan informasi dan dokumen di dalamnya dari mediasi programmer atau karena kesalahan pengguna. Ini berarti bahwa pengguna dapat mengajukan permohonan pemulihan informasi ke pemasok hosting

3. Bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan

Hosting versi gratis sangat terbatas, paling-paling harus digunakan untuk menulis blog yang tidak menguras banyak CPU dan disk

Sedangkan pengguna hosting berbayar menggabungkan penggunaan situs web untuk tujuan apa pun yang melibatkan berbagai proses di dalamnya seperti perdagangan web, pembelajaran internet, media sosial, forum, dll.

Kekurangan Hosting Berbayar

Hosting berbayar ini selain menikmati banyak keuntungan juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa ulasan tentang kekurangan hosting berbayar yang harus Anda ketahui

1. Harus Mengeluarkan Uang

Menggunakan hosting berbayar, kerugiannya adalah pengguna harus mengeluarkan uang tunai untuk pembelian dan pemeliharaan hosting jangka panjang.

Harga hosting cukup berubah tergantung jenisnya, ada yang shared, dedicated dan cloud

Anda perlu membayar biaya sewa bulanan per bulan agar akses ke hosting tidak ditolak

2. Memerlukan Perawatan

Salah satu kelemahan dari web hosting berbayar adalah membutuhkan biaya untuk dukungan web hosting. Hal ini agar website pengguna dapat bekerja dengan ideal

Pengguna harus menghabiskan waktu untuk dukungan, pencadangan, peningkatan, pemantauan jumlah inode, menghilangkan tema yang tidak digunakan, meningkatkan basis data, dan banyak lagi.

Misalnya, membeli fitur cadangan otomatis tambahan, relokasi hosting, bermusuhan dengan asuransi DDos, dll

Demikian data tentang kelebihan dan kekurangan hosting gratis dan berbayar sebagai semacam perspektif bagi anda yang akan membuat website. Percaya itu berguna

About siti nurani

Check Also

Inilah Fungsi Dari Printer, dan Bermacam Jenisnya

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan printer sangat erat kaitannya dengan kebutuhan kita. Beberapa membutuhkan perangkat ini untuk mencetak foto, dokumen dan keperluan lainnya. Printer sendiri merupakan salah satu alat yang cukup progresif pada masanya. Keberadaan printer pada awalnya diprakarsai oleh Charles Babbage pada abad kesembilan belas. Ide Babbage terus diciptakan hingga lahirlah [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.