Berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Leica Q dan Q2 yang Wajib Kamu Ketahui!

Berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Leica Q dan Q2 yang Wajib Kamu Ketahui!motorsportcc.com – Sepertinya kata ‘premium’ sangat cocok untuk disematkan pada salah satu produk kamera besutan Leica, kamera ini juga bisa disebut kamera Sultan karena harganya yang selangit. Namun dibalik harganya yang ditaksir sangat tinggi, ternyata kamera ini memiliki segudang fitur menarik yang bisa dikatakan sesuai dengan harganya.

Meski tergolong memiliki harga yang sangat selangit, kamera besutan organisasi Jerman tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta fotografi yang kualitasnya lebih baik dari yang diharapkan. Di Indonesia sendiri, Leica memiliki otoritas store yang memasuki pasar kamera di Indonesia untuk menyaingi merek-merek lain yang saat ini sudah cukup terkenal.

Dari segi kualitas dan spesifikasi, Leica tidak pernah memasang spesifikasi yang bertanggung jawab untuk setiap produk kameranya. Pada tahun 2015, Leica menghadirkan kamera kecil lainnya yang disebut Leica Q yang benar-benar memiliki spesifikasi yang lebih baik dari yang diharapkan secara keseluruhan. Kamera ini mengemas berbagai elemen yang telah menjadi ciri khas kamera Leica.

Menurut perspektif fisik, Leica Q terbuat dari tepi magnesium, dan setiap huruf dan angka diukir dengan laser. Untuk menambah kesan kokoh, pelat atas kamera ini didesain menggunakan potongan aluminium murni. Tampilannya saja sudah menunjukkan bahwa kamera ini adalah kamera luar biasa yang spesifikasinya melebihi kamera biasa secara keseluruhan.

Sekilas Tentang Leica Q dan Q2

Beberapa tahun kemudian, di tahun 2019, toko Leica kembali meluncurkan item terbarunya pada Selasa (19/3/2019) yang merupakan item terbaru yang di-refresh dari kamera edisi sebelumnya yaitu Leica Q. Head of Leica Store Indonesia, Bernard Suwanto mengatakan bahwa Leica Q2 merupakan produk zaman terbaru dari Leica Q yang mengedepankan sensor full casing terbaru.

Di Indonesia, produk Leica diharapkan menjadi fantasi para pengusaha di bidang fotografi yang membutuhkan representasi visual terbaik untuk memainkan portofolio mereka. Ini harus terlihat dari pendahulunya Leica Q, yang berubah menjadi kamera favorit pengguna berkat orangnya yang sensitif, cepat, dan intuitif.

Memang pada artikel kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari Leica Q dan Q2 yang menguasai produk kamera kelas ultra premium. Buat kamu yang penasaran dengan kamera ini, bisa langsung menyimak artikel selengkapnya di bawah ini?

2 Kelebihan dan Kekurangan Leica Q dan Q2

Saat membeli kamera, seseorang pasti akan mempertimbangkan barang tersebut dari spesifikasi dan harganya, apakah cocok atau tidak. Biasanya para fotografer ini akan membandingkan spesifikasi kamera yang satu dengan yang lainnya dan yang terakhir tidak sepenuhnya ditentukan dari rencana keuangan yang mereka miliki. Berikut kelebihan dan kekurangan Leica Q dan Q2 yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi pertimbangan Anda dalam memilih kedua jenis kamera tersebut.

1. Kelebihan dan Kekurangan Kamera Leica Q

Dibalik dimensinya cukup minim, tepatnya 130×80×93 mm, dan bobot 640 gram sudah termasuk baterai. Leica Q sendiri mengemas sensor casing penuh 24 megapiksel dan mengklaim memiliki opsi untuk membuat gambar dengan noise yang sangat kecil, bahkan pada pengaturan ISO paling ekstrem 50.000.

Untuk menggunakan sensor kelas DSLR profesional, Leica Q menggunakan lensa kaca Summilux 28 mm f/1.7 ASPH. Dengan bukaan besar dan panjang vokal 28 mm. Dari segi eksekusi, sistem autofokus Leica Q tercepat di kelasnya, sedangkan kecepatan continuous shooting mencapai 10 fps dengan resolusi paling ekstrim.

Di bagian belakang, Anda akan melacak jendela bidik elektronik (EVF) dengan resolusi hingga 3,68 megapiksel. Anda dapat menggunakan EVF ini untuk mengambil gambar dan merekam video 1080p 60fps, Anda dapat memanfaatkan layar sentuh 3 inci dengan resolusi 1,04 juta spot yang dapat Anda gunakan untuk menentukan fokus hanya dengan menghubungi area di layar.

Wi-Fi juga tergabung dalam bodi Leica Q yang dapat bekerja menggunakan aplikasi sobat di smartphone atau tablet, pengguna dapat mentransfer gambar atau mengontrol lari jarak jauh Leica Q. Dalam bundel penjualan, Leica Q juga menyertakan software Adobe lightroom 6.

Yang kurang adalah dari segi nilai, kamera Leica Q ini dibandrol dengan harga 4.250 dollar AS atau setara dengan 56 juta rupiah. Sejujurnya, harganya jauh di atas kamera Sony RX1R yang di luar dugaan adalah kamera mini utama lainnya yang menggunakan sensor casing penuh.

2. Kelebihan dan Kekurangan Kamera Leica Q2

Leica Q2 merupakan generasi terbaru dari Leica Q yang menggunakan sensor full casing terbaru dan dilengkapi dengan lensa ekshibisi elit Summilux 28mm f/1.7 ASPH, autofokus cepat, dan inovasi jendela bidik OLED EVF dengan resolusi 3,68 MP. Leica Q2 memiliki resolusi 47,3 megapiksel dengan sistem full casing. Resolusi ini adalah keunggulan utama Leica Q2, yang memiliki hampir dua kali lipat resolusi pendahulunya, Leica Q.

Dalam hal kemampuan merekam video, Leica Q2 memiliki keunggulan dalam hal resolusi dan kecepatan yang sepenuhnya mumpuni. Tahukah Anda, Leica Q2 cocok untuk merekam video hingga resolusi 4K 30fps dan perekaman FHD hingga 120fps, sehingga memungkinkan untuk melakukan perekaman gerakan lambat. Selain itu, Leica Q2 juga cocok untuk merekam video pada sensitivitas 50.000 dan juga memungkinkan untuk merekam dalam cahaya rendah.

Selain beberapa spesifikasi di atas, Leica Q2 juga mendapatkan peningkatan dalam eksekusi baterai, di mana kapasitas baterai Leica Q2 siap untuk mengambil hingga 350 foto dengan resolusi tinggi.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Leica Q siap memotret dalam lingkup 270 foto. Selain baterai, Leica Q2 juga memiliki desain tahan debu dan percikan, sehingga memungkinkan untuk dibawa saat bepergian di alam.

Kelebihan lain dari kamera Leica Q2 ini adalah mudah dalam pengerjaannya bahkan bagi pemula yang baru mempelajari cara kerja kamera. Desain kamera Leica Q2 juga cenderung kaya namun tetap mengusung tema sederhana dengan bahan berkualitas yang kontras dengan jenis kamera lain yang ada. Kamera ini tidak diragukan lagi membawa kesan kedudukan tertinggi bagi penggunanya.

Sama seperti pendahulunya, kamera Leica Q2 ini memiliki kelemahan dari segi nilai yang tentunya tidak main-main.

Kekurangan Harga kamera Leica Q2 saat dirilis tahun 2019 berkisar Rp. 81,9 juta, atau kira-kira 15 juta lebih mahal dari Leica Q. Hal ini membuat kamera Leica tentu tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Leica Q dan Q2 yang datanya telah kami sajikan untuk Anda para pecinta fotografi. Idealnya data ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi pertimbangan Anda dalam membeli sebuah kamera. Usahakan jangan sampai Anda ketinggalan update artikel lainnya di situs kami secara konsisten agar Anda mendapatkan update data terbaru yang tentunya bermanfaat dan enak untuk disimak.

About siti nurani

Check Also

Ketahuilah Lima Aplikasi Untuk Memesan Tiket Bioskop Secara Online Dengan Mudah dan Aman

Ketahuilah Lima Aplikasi Untuk Memesan Tiket Bioskop Secara Online Dengan Mudah dan Aman

teknobosku.com–Hallo sobat teknobosku dimanapun kalian berada berjumpa lagi dengan admin yang tak bosan-bosan menyajikan informasi menarik dan terupdate, kali ini admin akan mengulas mengenai Ketahuilah Lima Aplikasi Untuk Memesan Tiket Bioskop Secara Online Dengan Mudah dan Aman. Sejak bangsa ini dilanda wabah virus corona. Berbagai cara dilakukan otoritas publik untuk mengesahkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.