Corsair mengatakan RAM DDR5 seharusnya punya sistem pendingin yang bagus

Berita Teknologi

Perusahaan pembuat perlengkapan dan perangkat keras komputer asal AS, Corsair, telah menginformasikan tentang teknologi memori terkini. Corsair telah menjelaskan bahwa RAM DDR5 bakal membutuhkan dukungan sistem pendingin yang jauh lebih bagus dari sebelumnya. Itu karena, teknologi yang dimiliki RAM DDR5 tidak sama dengan pendulunya seperti RAM DDR4 dan RAM DDR3. Perbedaannya terletak pada kemampuan RAM DDR5 mencapai kecepatan yang begitu tinggi yakni memiliki kecepatan 4 kali lipat dari pada pendahulunya dan tentunya ini dapat menghasilkan lebih banyak lagi panas.

Dan modul RAM DDR5 milik Corsair pun kabarnya mempunyai performa mulai dari 6400 MT/s dan terus akan meningkat hingga 12600 MT/s. Dengan begitu, kecepatan yang dimilikinya tentu begitu menakjubkan. Namun, terdapat beberapa drawback yang datang dengan memiliki semua kemampuan ini. Dengan memiliki kecepatan yang tinggi seperti itu, tentunya RAM DDR5 diharuskan mempunyai head spreader yang jauh lebih bagus dan mumpuni.

Dilansir dari situs Tom’s Hardware (8/8), George Makris sebagai direktur pemasaran DIY di Corsair, telah mengatakan bahwa DDR5 mungkin dapat bekerja dengan jauh lebih panas dari seri sebelumnya yakni RAM DDR4 karena memiliki modul yang dapat mengalihkan pengaturan voltase dari mainboard ke modul RAM, jadi dapat mengakibatkan timbulnya lebih banyak panas lagi ke dalam perangkat RAM.

Baca:  Samsung Galaxy A53 Bakal Hadir dengan Kamera Utama 64 MP

Perlu diketahui bahwa RAM DDR5 dirancang untuk memberikan dukungan dalam penskalaan kinerja selama dua atau tiga tahun ke depan. Jadi dalam arsitektur DDR5 dapat memungkinkan perancang DRAM untuk menciptakan chip DDR5-12600 dengan kualitas berstandar JEDEC di masa yang akan datang, namun tidak untuk waktu dekat ini.

Walaupun begitu, dari pihak Corsair pun telah menjelaskan bahwa mereka tidak akan terlalu khawatir dengan modul RAM yang dikembangkannya. Dan pihaknya pun memastikan bahwa semua RAM DDR5 yang dikembangkannya akan berjalan dengan mulus.

Namun disayangkan, hingga artikel ini tayang pihak Corsair pun belum memberitahukan akan kemunculan jajaran RAM DDR5 buatannya. Akan tetapi, beberapa pihak dari vendor lain menyatakan telah siap menjual modul RAM DDR5 miliknya dan diperkirakan akan hadir pada akhir tahun 2021 ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *