Dilaporkan, 4 Oktober Google Akan Rilis Pembaruan Android 12 Versi Stabil

Berita Teknologi

Perusahaan raksasa teknologi asal California, Google, telah mengerjakan sistem operasi seluler Android 12 terbarunya. Minggu lalu, perusahaan Google tersebut telah merilis versi beta kelima dan terakhir dari OS baru yang berarti bahwa versi stabil akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan.

Sementara itu, perusahaan raksasa mesin pencari ini belum juga mengungkapkan tanggal peluncuran yang tepat untuk versi stabil dari sistem operasi Android 12, sebuah laporan baru dari XDA-Developers mengklaim bahwa Android 12 dapat diluncurkan secara resmi untuk perangkat Google Pixel pada tanggal 4 Oktober 2021 mendatang.

Perusahaan Google diharapkan untuk mempublikasikan kode sumber untuk sistem operasi Android 12 miliknya tersebut pada tanggal 4 Oktober 2021 mendatang di acara Android Open Source Project (AOSP) Gerrit. Apabila perusahaan Google tetap dengan tradisi sebelumnya, maka versi Android terbaru tersebut harus diluncurkan ke ponsel seri Pixel miliknya itu pada hari yang sama.

Perlu diperhatikan bahwa 4 Oktober merupakan tanggal peluncuran tentatif untuk Android 12 dan dapat diubah karena Google belum mengumumkannya secara resmi. Berdasarkan pengalaman, Google tampaknya agak mundur dalam merilis versi stabil dari sistem operasi Android miliknya. Kemungkinan jadwal pengembangan terpengaruh karena pandemi COVID-19 melanda.

Baca:  Seri Vivo X70 Akan Meluncur 22 September di Malaysia, Indonesia, Thailand, India, dan UEA

Penundaan itu juga bisa terjadi karena Google ingin memastikan semuanya berfungsi dengan baik dan membutuhkan lebih banyak waktu dalam pengujian. Tidak seperti pembaruan sebelumnya, pembaruan ini hadir dengan pembaruan yang signifikan dan beberapa tambahan baru, termasuk user interface yang diubah dan fitur yang lebih berfokus pada keamanan untuk menjaga privasi pengguna.

Android 12 Beta sudah tersedia untuk jajaran Pixel Google sendiri dan sejumlah smartphone lain dari brand seperti Xiaomi, Realme, OPPO, OnePlus, ASUS, dan Samsung.

Perusahaan raksasa mesin pencari ini juga dilaporkan sedang mengerjakan pembaruan kecil baru untuk sistem operasi Androidnya dan yang menarik adalah itu tampaknya akan menjadi pembaruan versi. Ini berarti bahwa pembaruan berikutnya dari perusahaan adalah Android 12.1 dan bukan Android 13, serta diharapkan akan segera diluncurkan setelah peluncuran smartphone seri Pixel 6 miliknya dilakukan. Perlu dicatat bahwa pembaruan poin terakhir adalah Android 8.1 Oreo dan sejak saat itu belum ada pembaruan poin selanjutnya dari Google untuk sistem operasi Androidnya.

Baca:  Pembaruan ColorOS 12 Dikonfirmasi Untuk Seri OnePlus 7, 7T, 8, 8T

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *