Honor X20 5G Resmi Meluncur, Pakai Chipset Dimensity 900

Smartphone

Selain merilis Honor Tab V7 Pro dan Honor Magic 3 Series, pabrikan asal Tiongkok yakni Honor juga telah mengumumkan kedatangan seri ponsel lainnya, yaitu Honor X20 5G. Ponsel yang baru kemarin dirilis untuk pasar Tiongkok secara besar-besaran pada tanggal 12 Agustus 2021 ini didukung dengan chipset baru MediaTek Dimensity 900 SoC.

Semenjak lepas dari perusahaan induknya yakni Huawei pada tahun 2020 lalu, Honor ternyata cukup rajin menelurkan perangkat-perangkat baru. Di bulan ini saja, Honor langsung secara bersamaan meluncurkan empat perangkat baru. Bersamaan dengan dirilisnya perangkat tablet Honor Tab V7 Pro, ponsel Honor Magic 3 series, dan jam tangan pintar Honor Watch GS. Perusahaan teknologi asal Tiongkok ini juga merilis seri ponsel terbaru lainnya, yakni Honor X20 5G.

Akan tetapi berbeda dengan seri lainnya yang dirilis secara global, Honor hanya merilis ponsel baru Honor X20 5G ini untuk pasar Tiongkok saja. Belum ada berita resmi mengenai apakah Honor juga bakal merilis ponsel baru ini untuk pasar di luar Tiongkok. Untuk lebih jelasnya, Tekno Bosku akan membahas secara tuntas mengenai spesifikasi yang dimiliki Honor X20 5G berikut ini.

Spesifikasi HP Honor X20 5G

Spesifikasi yang dimiliki Honor X20 5G ini begitu menarik, karena sudah berjalan menggunakan sistem operasi terbaru, yakni Android 11 berbasis tampilan antarmuka Magic UI 4.2. Bosku tentunya sangat senang, karena ponsel baru besutan Honor ini sudah dapat mengoperasikan layanan Google.

Baca:  Xiaomi Mi 11 Lite 5G NE Meluncur Secara Global dengan Snapdragon 778G

1. Layar dan Desain

Soal layar dan desain, ponsel baru besutan Honor ini memiliki dimensi yang berukuran 161,8 x 74,7 x 8,5 mm dengan bobot ponselnya sendiri sekitar 192 gram atau 6,77 ons. Dengan bobot dan dimensi seperti itu, ponsel Honor X20 5G ini tentunya begitu ideal untuk digenggam dan dibawa kemana pun bosku pergi.

Sementara itu, ponsel baru besutan Honor ini juga telah didukung dengan layar jenis IPS LCD yang memiliki ukuran 6,67 inci, serta tampilan layar ponsel yang sudah Full HD Plus dan memiliki resolusi 1080 x 2376 piksel. Kemudian, ponsel ini juga mempunyai rasio layar terhadap bodi ponsel mencapai 89,5 persen dengan memiliki kerapatan piksel layar hingga 391 ppi dan kecepatan refresh sampai 120Hz. Selain itu, ponsel baru besutan Honor ini juga didukung dengan dual SIM di dalamnya.

2. Performa

Sedangkan di bagian performanya, ponsel besutan Honor ini memiliki kemampuan yang tak biasa. Dimana, ponsel ini telah ditenagai oleh chipset MediaTek MT6877 Dimensity 900 5G dengan teknologi fabrikasi 6 nm dan memiliki dukungan CPU Octa-core dengan memiliki dua core Cortex-A78 di 2.4GHz dan enam core Cortex-A55 di 2.0GHz. Dan tentunya, ponsel ini juga mempunyai dukungan grafis yang sangat mumpuni karena dibekali dengan GPU Mali-G78 MC4.

Selanjutnya pada bagian penyimpanannya, ponsel baru besutan Honor ini mempunyai tiga opsi penyimpanan yang dapat dipilih, yaitu RAM 6GB / ROM 128GB, RAM 8GB / ROM 128GB, dan RAM 8GB / ROM 256GB. Akan tetapi, ponsel ini juga mendapatkan dukungan ekspansi RAM virtual, yang secara virtual dapat memperluas RAM-nya hingga 2GB dengan menggunakan penyimpanan internalnya. Namun sayang, tidak memperoleh dukungan slot kartu  eksternal berupa microSD untuk menambah penyimpanannya.

Baca:  Honor 50 SE Resmi Hadir di Tiongkok, Berikut Spesifikasi dan Harganya

3. Kamera

Kemudian di bagian kameranya, ponsel besutan Honor ini telah memiliki tiga buah kamera pada bagian belakangnya. Tiga buah kamera tersebut mempunyai fitur panorama, HDR, dan LED flash dengan kamera utama beresolusi 64 MP dengan aperture f/1.9 berfungsi sebagai lensa wide, kamera kedua dan ketiga masing-masing memiliki resolusi sebesar 2 MP dengan aperture f/2.4 yang berfungsi sebagai lensa macro dan depth.

Sedangkan untuk kamera depannya, ponsel Honor X20 5G ini telah didukung dengan kamera selfie beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0 yang memiliki fungsi sebagai lensa wide. Dan tentunya, kamera depan ponsel ini telah mendukung kualitas video yang cukup bagus, yakni 1080p@30fps.

4. Kapasitas Baterai

Selanjutnya di bagian baterainya, ponsel Honor ini telah dibekali baterai dengan kapasitas yang lumayan. Dimana ponsel ini telah dilengkapi dengan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas daya sebesar 4.300 mAh dan non removable. Selain itu, ponsel Honor X20 5G ini juga telah memiliki dukungan teknologi pengisian daya cepat sebesar 66W, jadi baterai dapat terisi 50 persen dalam waktu 15 menit pengisian.

Baca:  Lenovo Tab P12 Pro 5G dan Tab P11 5G Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

5. Fitur Pendukung

Kemudian untuk fitur pendukungnya, ponsel baru besutan Honor ini tentunya memiliki banyak sekali fitur unggulan yang disematkan di dalamnya. Seperti halnya dengan dukungan fitur keamanan berupa fingerprint atau pemindai sidik jari yang diletakan pada sisi sampingnya (side-mounted). Selain itu, ponsel Honor X20 5G ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik lainnya, yakni jaringan 5G, GPS, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Loudspeaker, Audio jack 3.5mm, accelerometer, proximity, gyro, compass, USB Type-C 2.0, dan Bluetooth v5.1.

Harga dan Varian Warna HP Honor X20 5G

Ponsel Honor X20 5G ini memiliki tiga varian warna yang dapat dipilih, yaitu Titanium Silver, Aurora Blue, dan Magic Night Black. Sedangkan untuk harganya, ponsel besutan Honor ini di pasar Tiongkok dibanderol dengan harga 1.899 yuan atau sekitar Rp 4,2 jutaan dengan RAM 6GB / ROM 128GB, dan untuk RAM 8GB / ROM 128GB dijual dengan harga 2.199 yuan atau sekitar Rp 4,8 jutaan, serta untuk versi tertingginya dengan RAM 8GB / ROM 256GB dijual dengan harga 2.499 yuan atau sekitar Rp 5,5 jutaan. Sekarang ini, ponsel ini sudah dapat dibeli di Tiongkok, Namun, belum ada kabar mengenai kapan ponsel ini akan dirilis di pasar Global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *