Huawei P50 Meluncur dengan HarmonyOS 2.0, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Smartphone

Setelah beberapa bulan diundur, akhirnya ponsel flagship Huawei P50 resmi dirilis di Tiongkok bersamaan dengan saudaranya yakni ponsel Huawei P50 Pro. Kedua ponsel ini merupakan seri lanjutan dari ponsel flagship P40 yang diumumkan secara resmi pada tahun 2020 lalu. Dan keduanya telah disematkan beberapa kamera yang canggih rancangan Leica. Secara performa, ponsel flagship baru Huawei ini memiliki perbedaan dengan seri P sebelum-sebelumnya yang biasanya selalu memakai chipset Kirin. Kali ini, ponsel P50 bakal menggunakan chipset Snapdragon 888 dari Qualcomm yang hanya mendukung jaringan 4G.

Ini merupakan tanda jika pembatasan perdagangan yang diberlakukan oleh pemerintah Amerika memiliki dampak yang begitu serius pada perusahaan Huawei. Pada tahun lalu, Amerika mengumumkan pembatasan untuk manufaktur asing yang memakai teknologi miliknya harus mempunyai izin secara resmi untuk menjual perangkat semikonduktor ke perusahaan Huawei. Selain itu, Richard Yu sebagai CEO consumer business group Huawei memberikan peringatan terkait perusahaannya yang bisa saja kehabisan komponen chipset Kirin untuk kelas atas, yang dibuat oleh perusahaan teknologi asal Taiwan yakni TSMC.

Dari sisi desainnya, ponsel flagship Huawei P50 ini kelihatan memiliki desain bodi yang jauh berbeda dari seri ponsel sebelumnya. Dan perbedaan yang paling mencolok yaitu pada bagian belakangnya. Pada bagian belakang ponsel baru besutan Huawei ini memiliki modul kamera yang berbentuk lingkaran yang tidak sama dengan pendahulunya yang menggunakan modul kamera berbentuk persegi panjang. Kemudian, kedua ponsel ini  juga memiliki jumlah kamera pada bagian belakang yang tidak sama. Ponsel flagship Huawei P50 dibekali dengan tiga kamera belakang, sementara untuk ponsel Huawei P50 Pro memiliki lebih banyak kamera di belakang yakni dibekali dengan empat kamera.

Spesifikasi HP Huawei P50

Dari segi tampilan, ponsel flagship baru buatan Huawei ini mempunyai modul kamera berbentuk lingkaran di bagian kiri atas pada sisi belakang ponsel dengan konfigurasi tiga kamera, serta mempunyai tulisan logo Huawei di bagian kiri bawah. Selain itu, pada layar P50 ini mempunyai notch untuk menempatkan kamera selfie yang letaknya di sisi tengah sebelah atas layar atau dapat juga disebut dengan desain layar punch hole. Nah, berikut ini mengenai spesifikasi ponsel flagship Huawei P50 yang harus diketahui.

Soal desain dan layarnya, ponsel flagship P50 ini mempunyai ukuran dimensi 156,5 x 73,8 x 7,9 mm dengan memiliki bobot sekitar 181 gram atau 6,38 ons. Dengan memiliki bobot dan dimensi ponsel seperti itu, tentunya ponsel flagship besutan Huawei ini begitu nyaman digenggam dan mudah dibawa kemana saja. Perlu diketahui bahwa ponsel flagship P50 ini juga mempunyai dukungan ketahanan terhadap debu dan air hingga 1,5 m selama 30 menit dengan memiliki sertifikat IP68.

Kemudian ponsel flagship besutan Huawei ini juga telah memiliki dukungan layar jenis OLED yang berukuran 6,5 inci dengan tampilan layarnya sudah Full HD+ dan mempunyai resolusi sebesar 1224 x 2700 piksel. Dan ponsel P50 ini juga memiliki rasio layar ke bodi ponsel hingga 88 persen dengan mempunyai kerapatan piksel layar mencapai 458 ppi. Lalu, layar ponsel ini pun begitu cepat apabila merespon terhadap sentuhan karena telah memiliki dukungan touch sampling rate mencapai 300Hz dan juga mempunyai refresh rate hingga 90Hz. Selain itu, ponsel ini pun telah didukung dengan dua slot kartu SIM hybrid.

Sedangkan untuk sisi dapur pacunya, ponsel flagship besutan Huawei ini mempunyai kemampuan yang begitu bagus. Pasalnya, ponsel flagship P50 ini telah ditenagai oleh chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 4G dengan teknologi fabrikasi 5 nm dan memperoleh dukungan CPU Octa-core dengan mempunyai satu core Kyro 680 di 2.84GHz, tiga core Kryo 680 di 2.42GHz, dan empat core Kryo 680 di 1.80GHz. Lalu, ponsel flagship besutan Huawei ini juga memiliki grafis yang lumayan cukup bagus karena memperoleh dukungan dari GPU Andreno 660. Sedangkan untuk platformnya, ponsel flagship Huawei ini berjalan dengan menggunakan sistem operasi teranyar milik Huawei yaitu HarmonyOS 2.0.

Selanjutnya di sisi penyimpanan, ponsel flagship P50 ini memiliki dua pilihan penyimpanan, yakni RAM 8GB / ROM 128GB dan RAM 8GB / ROM 256GB. Selain itu, ponsel baru besutan Huawei ini juga memperoleh dukungan slot kartu berupa microSD berfungsi untuk menambahkan kapasitas memorinya hingga mencapai 256GB.

Kemudian di bagian kameranya, ponsel flagship P50 ini juga telah dibekali dengan tiga buah kamera di belakangnya. Tiga buah kamera tersebut memiliki fitur HDR, panorama, Leica optics, dan dual-LED flash dengan kamera utama memiliki resolusi sebesar 50MP dengan aperture f/1.8 berfungsi sebagai lensa wide yang mendukung omnidirectional PDAF, Laser AF, dan OIS. Sedangkan kamera kedua beresolusi 12MP dengan aperture f/3.4 berfungsi sebagai lensa periscope telephoto yang mendukung PDAF, OIS, dan 5x optical zoom. Lalu, kamera ketiganya mempunyai resolusi sebesar 13MP dengan aperture f/2.2 berfungsi sebagai lensa ultrawide.

Sementara untuk kamera depannya, ponsel flagship ini disematkan sebuah kamera selfie beresolusi 13MP dengan aperture f/2.4 berfungsi sebagai lensa wide yang juga memiliki fitur keren yaitu HDR dan panorama. Selain itu, kamera depan P50 ini juga telah memiliki dukungan kualitas video yang begitu tinggi yaitu 4K@30fps dan juga 1080p@30/60/240fps.

Selanjutnya dari segi baterai, ponsel flagship P50 ini telah memperoleh dukungan baterai berkapasitas standar. Dan ponsel flagship ini telah didukung dengan baterai jenis Li-Po dengan memiliki kapasitas daya sebesar 4.100 mAh non-removable. Walaupun memiliki dukungan baterai standar, namun baterainya telah dilengkapi dengan pengisian daya cepat sebesar 66W dan tentunya ponsel flagship ini dapat digunakan untuk bermain gim, melihat hiburan, dan layanan lainnya dengan lumayan lama.

Kemudian untuk fitur pendukungnya, ponsel Huawei P50 ini tentunya mempunyai banyak sekali fitur unggulan yang dimasukkan. Seperti fitur keamanan yang sangat dibutuhkan untuk privasi pengguna berupa pemindai sidik jari yang diletakkan di bawah layar (under display, optical). Selain daripada itu, ponsel flagship P50 ini juga didukung dengan banyak fitur menarik lainnya yaitu jaringan 4G, NFC, GPS, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, USB Type-C 3.1, Loudspeaker dengan stereo speakers, accelerometer, proximity, gyro, color spectrum, compass, dan Bluetooth v5.2. Namun disayangkan, ponsel ini tak memiliki dukungan audio jack 3.5mm dan radio.

Harga dan Varian Warna HP Huawei P50

Smartphone flagship Huawei P50 ini mempunyai tiga varian warna yang bisa dipilih, yakni Pearl White, Golden Black, dan Cocoa Gold. Sedangkan untuk harganya sendiri, ponsel flagship besutan Huawei ini di pasar Tiongkok dibanderol dengan harga 4.488 yuan atau kalau dalam rupiah sekitar Rp 10 juta dengan RAM 8GB / ROM 128GB, sementara untuk RAM 8GB / ROM 256GB dijual dengan harga 4.988 yuan atau sekitar Rp 11,1 juta saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *