Inilah 5 Manfaat Rumput Teki yang Perlu Anda Ketahui Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah 5 Manfaat Rumput Teki yang Perlu Anda Ketahui Bagi Kesehatan Tubuhteknobosku.com – hai gaes jumpa lagi sama admin disini yang akan memberikan informasi Rumput teki (Cyperus rotundus L) merupakan tumbuhan liar yang sulit dikendalikan dan kerap diakui gulma.
Rumput teki banyak tumbuh pada huma pertanian, halaman rumah, tepi jalan dan di area-daerah terbuka. Rumput ini punya daun memanjang dan berbunga, dan juga punyai umbi pada akarnya.
Di dalam pengobatan, rumput teki bisa jadi alternatif sebagai flora obat, bagian yang bisa digunakan yaitu bagian bunga, umbi dan batang yang segar.
Umbi teki mempunyai kandungan alkaloid, glikosida jantung, flavonoid dan minyak kira-kira 0,3 -1 Prosen bergantung dari mana rumput teki itu tumbuh.
Akar rumput teki yang berasal dari Jepang memiliki kandungan cyperol, cyprene I  Ii, alfacyperone, cyperotundone dan cyperolone.
Sedangkan akar rumput teki berasal dari area China mempunyai kandungan patchoulenone dan cyperene.
Sedangkan takaran minyak essensial yang terdapat didalam umbi rumput teki yang mangandung setidaknya ada 27 senyawa seperti seskuiterpen, hidrokarbon, epokside, keton-keton, monoterpen dan alifatik alkohol.
Berasal dari uraia persentase senyawa yang dimilikian, tidak heran jika rumput teki yang terkadang diakui sebagai gulma ternyata miliki kegunaan bagi kesehatan.
Berikut beberapa manfaat rumput yang perlu Anda ketahui bagi kesehatan tubuh.  

1. Merawat kulit

Takaran minyak esensial berasal dari ekstrak akar rumput teki digunakan sebagai obat untuk merawat kulit supaya tetap cantik.
Hal ini sebab rumput teki punya kandungan extrapone yang berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Tak hanya itu, tanaman ini juga bisa menahan penuaan karna mempunyai pembawaan anti-aging.

2. Mencegah diare

Rumput teki terdiri dari lebih dari satu enzim dan senyawa aktif yang menunjang merangsang beragam reaksi biokimia yang membantu dalam menaikkan platform pencernaan lebih baik.
Suatu penelitian sudah perlihatkan bahwa kegunaan berasal dari rumput liar ini lumayan menunjang menahan diare pada lebih dari satu orang.
Kamu bisa merebus rumput ini dan konsumsi air rebusannya untuk menanggulangi gangguan pencernaan.

2. Umbi obat menstruasi

Tidak menerapkam pola makan sehat, stres maupun permasalahan hormon seringkali mengganggu daur menstruasi pada wanita.
Kamu bisa mengobatinya dengan memanfaatkan ramuan umbi berasal dari rumput teki.
Untuk meracik ramuan itu, pertama-tama anda perlu menyiapkan umbi rumput teki dan mencucinya sampai higienis.
Kelanjutannya, haluskan umbi dan rebus sampai mendidih. Sesudah proses pembuatan selesai, minum ramuan hasil rebusan itu secara teratur.

3. Meredakan demam

Fungsi berikutnya dari rumput liar ini adalah bisa meredakan demam. Rumput yang satu ini bisa menginduksi keringat jika diterapkan pada tubuh agar bisa menormalkan suhu yang naik.
Untuk memperoleh khasiatnya, lumayan haluskan umbinya dan campurkan dengan sedikit air. Sehabis itu, kompreskan pada tubuh.

4. Mengontrol tekanan datah inggi

Rumput liar ini punya kandungan ekstrak alkohol yang bisa turunkan tekanan darah secara perlahan dan konsisten menerus.
Tak hanya itu, rumput ini juga bisa membantu mempertahankan supaya  tekanan darah tetap normal.
Kamu bisa merebus daun dan batangnya, sesudah itu minumlah air rebusan itu secara rutin setiap hari sehingga bisa merasakan manfaatnya.

5. Membantu menghilangkan ketombe

Jika Kamu bermasalah dengan ketombe  atau gatal pada kulit kepala, rumput teki ini bisa jadi salah satu alternatif pengobatan tradisional
Kamu bisa menghaluskan daun dan batangnya, lalu tambahkan dengan minyak kelapa. Campurlah seluruh bahan itu dan gunakan sebagai masker rambut.
Cara ini juga terlalu efektif untuk menahan rambut rontok dan menumbuhkan rambut.
 
Akhir kata
Demikian beberapa manfaat rumput teki yang harus Kamu ketahui bagi kesehatan tubuh. Cukup sekian informasi kaliini semoga bisa berguna dan bermanfaat.

About semar galieh

Check Also

Inilah Fungsi Dari Printer, dan Bermacam Jenisnya

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan printer sangat erat kaitannya dengan kebutuhan kita. Beberapa membutuhkan perangkat ini untuk mencetak foto, dokumen dan keperluan lainnya. Printer sendiri merupakan salah satu alat yang cukup progresif pada masanya. Keberadaan printer pada awalnya diprakarsai oleh Charles Babbage pada abad kesembilan belas. Ide Babbage terus diciptakan hingga lahirlah [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.