Intip Harga Samsung Galaxy A31 Terbaru, RAM besar hanya Rp 3 Jutaan

Smartphone

Kehadiran smartphone Samsung Galaxy A31 membawa angin segar. Khususnya bagi para penggemar gadget asal Korea Selatan ini. Samsung masih mengusung tema awesome pada produknya kali ini. Namun untuk seri ini, Samsung telah memberi tagline yang amat menarik. Berikut adalah review Samsung Galaxy A31 secara lengkap.

Layar Ukuran Besar

Awesome screen built for cinema. Itulah tagline untuk layar LCD HP pada ponsel pintar seri ini dengan ukuran 6.4 inci. Samsung Galaxy A31 hadir dengan layar Super AMOLED. Beresolusi 1080 x 2400 piksel. Layarnya ini mempunyai rasio layar ke bodi 84.9%. Tingkat kerapatan layarnya sebesar 411 ppi.

Karena menawarkan teknologi layar Super AMOLED, layar ponsel ini mempunyai tampilan warna yang amat pekat. Apalagi warna hitamnya, tampilan layar ponsel ini mempunyai warna yang cemerlang serta tingkat warna hitam yang terbilang tinggi.

Layar ponsel dilengkapi panel AMOLED sehingga mampu memberikan kualitas warna cemerlang. Layar seperti ini pun tergolong nyaman saat digunakan nonton video hingga bermain games. Tentu sangat baik sebab smartphone ini akan memberikan pengalaman baru bagi penggunanya.

Desain Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31 menggunakan desain yang ramping. Meski demikian, kemampuannya sangatlah bagus untuk sebuah ponsel pintar. Dengan desain bodi yang ramping, membuat ponsel ini dapat dengan mudah disimpan dimana saja, seperti di saku baju, jaket maupun celana bosku. Bila disimpan di dalam tas juga tak akan memakan ruang yang besar.

Ponsel pintar seri ini hadir dengan desain tak terlalu menonjol. Desainnya tak mempunyai pola yang aneh. Walau di bagian bawahnya ada pola garis vertikal. Sebenarnya pola ini tidak memberikan kesan yang beda. Tampilan desainnya terkesan simpel.

Bodi belakang smartphone ini berbahan plastik. Satu hal yang dapat dimaklumi mengingat juga banyak HP yang menggunakan bahan plastik untuk ponsel pintar. Walau berbahan plastik, smartphone ini tergolong solid, mudah, dan nyaman digenggam.

Baca:  Samsung Galaxy M22 Meluncur dengan Kamera Quad 48MP dan Baterai 5.000 mAh

Desain yang solid tersebut dipadukan dengan bezel layar yang tergolong tipis. Hal ini memberikan kesan menarik sekaligus kekinian, berkat konsep layar Infinity-U display.

Baterai

Samsung Galaxy A31 dibekali baterai dengan kapasitas sebesar 5.000 mAh. Kapasitas ini tergolong besar untuk ponsel seri A. Mengingat, seri sebelumnya yaitu Galaxy A30s hanya dibekali baterai 4.000 mAh saja.

Kapasitas baterai 5.000 mAh sesungguhnya bukan sesuatu hal yang istimewa. Mengingat saat ini telah banyak sekali ponsel dengan kapasitas baterai 5.000 mAh yang beredar di pasaran. Namun, yang menentukan ialah daya tahan baterai dapat bertahan seberapa lama apabila dipakai secara normal.

Kapasitas baterai yang besar yakni 5000 mAh membuat ponsel pintar ini tak akan gampang lowbat. Bosku dapat menggunakannya untuk berbagai kegiatan harian termasuk bermain game.

Daya tahan baterai smartphone ini mampu bertahan selama 24 jam, jika menerapkan pemakaian secara normal. Dengan kemampuan seperti itu, tentunya baterai ponsel tersebut termasuk bagus.

Dilengkapi pula dengan fitur fast charging 15 watt. Tentunya fitur ini akan mempersingkat durasi charging yang diperlukan. Membutuhkan waktu sekitar 80 menit supaya ponsel dapat terisi 60%. Durasi pengisian bisa dibilang cukup sepadan dengan daya tahan dari baterai ponselnya.

Samsung Galaxy A31 Quad Camera

Konsep awesome quad camera yang ditawarkan oleh smartphone Samsung Galaxy A31 bukanlah isapan jempol belaka. Kamera utama yang mempunyai resolusi yang amat besar yakni 48MP. Membuat hasil tangkapan gambar jadi seperti nyata, layaknya hasil jepretan foto profesional.

Kamera Ultra Wide dengan resolusi 8 Megapiksel juga mampu memudahkan bosku memfoto di tempat yang luas. Kamera deept-nya memiliki resolusi sebesar 5 Megapiksel menjadikan hasil foto tak akan blur. Ini juga akan menghasilkan fokus terbaik untuk hasil jepretan foto bosku.

Ada juga kamera macro yang memiliki resolusi 5 Megapiksel juga akan makin memperjelas tiap detail hasil foto bosku, cukup dengan mengaktifkan natural background blur atau efek bokeh. Tentunya, ini akan kian memperindah hasil jepretan gambar bosku. Kamera depannya pun tidak kalah hebat, karena mempunyai resolusi yang besar yakni 20 Megapiksel. Membuat foto selfie akan jadi lebih bagus lagi hasilnya.

Baca:  Redmi 9 Activ Meluncur di India dengan Helio G35 dan Baterai 5.000 mAh

Dengan kamera depan ini pastinya membuat Anda makin tampak cantik serta tampan. Bosku juga dapat mengaktifkan fitur blur supaya wajah bosku dapat terekspos lebih baik. Ini akan semakin memancarkan kecantikan atau ketampanan bosku.

Chipset dan Kapasitas RAM

Di bagian hardware, ponsel pintar seri ini dibekali chipset MediaTek Helio P65. SoC atau “otak” dari ponsel pintar ini mengemas CPU octa-core. Terdiri dari dual-core Cortex-A75 dengan kecepatan 2.0 GHz, hexa-core Cortex-A55 1.7 GHz, dan GPU Mali-G52 2EEMC2.

Cortex-A75 sendiri kurang lebih 22% lebih cepat daripada Cortex-A73 yang dipakai pada seri sebelumnya, yakni Helio P60. Kinerjanya juga didukung RAM 6 GB serta penyimpanan internal sebesar 128 GB. Kapasitas tersebut masih dapat diperluas menggunakan slot microSD. Performa dari ponsel tersebut semestinya tak ada kendala yang berarti.

Kapasitas RAM 6 GB untuk ponsel Samsung Galaxy A31 membuat bosku dapat leluasa menginstall berbagai aplikasi serta game yang tengah trend saat ini. Untuk aplikasi, rata-rata memerlukan RAM 1 GB. Namun, untuk aplikasi game biasanya minimal harus memiliki RAM sekitar 3 GB baru bisa berjalan lancar memainkan games. Tentunya bosku tak perlu khawatir mengalami lag.

Penyimpanan internal yang amat besar yakni 128 GB membuat bosku tidak perlu risau melakukan download apapun seperti video, film, maupun game. Langsung saja install tanpa harus memikirkan ruang yang tak cukup.

Sistem Operasi

Satu keunggulan menarik dari seri Galaxy A31 adalah interface One UI 2.1 dengan basis Android 10. Antarmuka ini mempunyai fitur yang tergolong menarik. Smartphone seri ini dijalankan menggunakan sistem operasi Android 10. Apalagi dipadukan dengan user interface One UI terkini versi 2.1 yang amat user friendly. Ikon-ikonnya terlihat besar serta kaya akan fitur.

Baca:  Vivo X70 Pro+ Meluncur dengan Snapdragon 888+ dan Kamera Quad

Beberapa fitur menarik yang dihadirkan One UI di antaranya adalah pilihan mode layar vivid maupun natural, akses yang cepat pada edge screen, ikon aplikasi tampak lebih besar, dan sebagainya.

Dari sisi layar, Galaxy A31 juga dilengkapi blue light filter serta dark mode. Tujuannya, membuat pengguna lebih nyaman menggunakan antarmuka yang gelap. Lalu, terdapat pula tata letak home screen 1 lapis atau 2 lapis. Bahkan tersedia sistem navigasi full screen gestures.

Sensor Fingerprint

Untuk keamanan, gawai ini mengandalkan On-Screen Fingerprint serta face recognition untuk sistem buka serta kunci smartphone secara praktis. Fitur andalan lainnya pada seri Galaxy A31 adalah NFC. Fitur itu sangat bermanfaat untuk mengecek sekaligus mengisi saldo uang elektronik. Bisa juga membantu pembayaran digital menggunakan Samsung Pay.

Sedangkan untuk harganya jika melihat dari situs resmi Samsung Indonesia, harga ponsel tersebut saat ini dijual mulai dengan harga Rp 3.499.000 untuk kapasitas RAM 6 GB. Dan untuk harga ponsel Samsung A31 dengan kapasitas RAM 8 GB, dijual mulai dengan harga Rp 3.799.000. Dan ponsel ini memiliki 3 varian warna yaitu prism crush white, prism crush blue, dan prism crush black.

Demikian review ponsel pintar Samsung Galaxy A31. Sebagai penerus seri Galaxy A30s, smartphone ini pun diluncurkan bersamaan dengan perbaikan di beberapa area. Di antaranya peningkatan resolusi layar yang kini telah menggunakan Full HD+. Selain itu, dari segi fotografi juga menggunakan kamera utama 48 MP. Dan performa yang dimiliki pun juga lebih baik. Jadi, apakah Anda tertarik memiliki ponsel seri ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *