Kenapa WhatsApp pending padahal jaringan bagus? Ini solusinya

Tips dan Trik

Aplikasi terpopuler sekarang ini yang bernama WhatsApp atau biasa juga disebut dengan WA telah digunakan oleh milyaran pengguna aktif di dunia. Aplikasi ini telah memiliki banyak fungsi yang bermanfaat dan mudah digunakan dibanding dengan aplikasi sejenisnya. Namun, ada hal yang membuat pengguna terganggu yakni pada saat pesan WhatsApp-nya terpending atau bahkan tidak terkirim sama sekali ke tujuan. Tapi tak perlu risau, karena Tekno Bosku akan memberikan solusi terhadap pesan WhatsApp yang mengalami masalah tersebut.

Dan kenapa pesan WhatsApp kamu mengalami pending atau bahkan tak terkirim? Salah satu penyebabnya yakni terdapat pada sinyal ponsel bosku yang mungkin dalam kondisi tidak bagus. Jadi, yang pertama dilakukan yaitu dengan melakukan pengecekan terhadap sinyal ponsel tersebut, bisa karena hilang sinyalnya atau mungkin sedang ada gangguan. Tetapi yang menjadi permasalahannya sekarang yaitu kenapa pesan whatsapp terpending padahal sinyal hape lagi bagus-bagusnya?, Kenapa WA susah terkirim?, Kenapa WhatsApp tidak bisa mengirim pesan?, dan Kenapa chat WhatsApp telat masuk? Tentu, hal tersebut sangat membuat jengkel pengguna bila terjadi secara terus menerus, dan apalagi pesan yang dikirimkan itu bersifat sangat penting dan mendesak. Untuk solusinya, bosku bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

Beberapa Solusi Jika Pesan WhatsApp Pending atau Tidak Terkirim

Jika pesan WhatsApp yang bosku kirim telah terjadi pending maupun tak terkirim, bosku bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasinya. Dan berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi whatsapp pending atau tak terkirim.

  • Melakukan Perubahan Terhadap Pengaturan Jaringan Hanya ke 3G atau 4G

Dan apabila pesan WhatsApp yang bosku kirim telah terjadi pending ataupun tak terkirim, maka hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan terhadap jaringan internetnya. Sebab, mungkin saja jaringan internet yang bosku gunakan sedang mengalami gangguan. Selain itu, coba pastikan bahwa pengaturan dalam ponsel bosku sedang memakai jaringan internet yang bagus agar pesan WhatsApp-nya terkirim lebih cepat. Jika perlu, lakukan perubahan pengaturan jaringan ponsel dengan hanya memilih jaringan 3G atau 4G saja.

Baca:  5 Tips Memilih Laptop yang Baik dan Benar Sesuai Kebutuhan

Cara melakukan perubahan terhadap jaringan yaitu dengan masuk ke menu “Pengaturan” pada ponsel, kemudian pilih “Koneksi”, setelah itu pilih “Jaringan Seluler”, lalu pilih “Jenis Data yang Dipilih”, terakhir pilih hanya jaringan 3G atau 4G yang tentunya sesuai dengan kebutuhan bosku. Apabila sudah diganti seperti pengaturan di atas, maka jaringan internet bosku tentu sudah dalam keadaan mode yang cepat.

  • Coba Mode Pesawat

Kemudian cara lainnya agar pesan WhatsApp tidak terjadi pending maupun tak terkirim yaitu dengan menyalakan mode pesawat yang bisa bosku lakukan pada menu pengaturan pada ponselnya, setelah itu matikan lagi mode pesawatnya. Dan jika bosku melakukan pengaktifan kemudian mematikan mode pesawat pada ponselnya, maka apa yang dilakukannya itu sama dengan me-restart kembali seluruh jaringan yang terhubung pada ponsel bosku.

Namun, terkadang tidak hanya cukup sekali untuk melakukannya, ada kalanya dalam kondisi tertentu bosku butuh berkali-kali untuk melakukannya. Dan biasanya jaringan internet pada ponsel bosku akan normal kembali dan bosku tentunya dapat melakukan akses internet lagi.

  • Menghapus Cache / Memori

Dengan begitu seringnya aplikasi WhatsApp digunakan, cache yang terdapat pada aplikasi WhatsApp tersebut maka semakin hari semakin banyak. Walaupun sebenarnya cache merupakan data yang tersimpan secara sementara agar dapat melakukan pemrosesan secara cepat terhadap aplikasi tersebut.

Namun, apabila cache dibiarkan secara terus menerus, maka kemungkinan bisa saja dapat mengakibatkan aplikasi WhatsApp menjadi terganggu dan sering menjadi penyebab pesan terpending dan tak terkirim kepada nomor yang dituju.

  • Menghapus Data

Tentunya selain melakukan pembersihan terhadap cache, bosku juga perlu untuk melakukan pembersihan terhadap data yang ada pada aplikasi WhatsApp-nya. Hal itu dapat dilakukan karena dapat mengatasi aplikasi WA yang pesannya terpending pada saat mengirim maupun menerima pesan.

Baca:  5 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Perlu Diketahui

Tetapi, apabila banyak chat yang penting di dalam WhatsApp-nya, maka terlebih dahulu bosku harus melakukan proses back-up pada aplikasi WhatsApp-nya agar tidak hilang chat yang penting karena proses penghapusan data tersebut.

Sedangkan untuk melakukan proses pembersihan data pada whatsapp-nya, bosku dapat masuk ke menu “Pengaturan” > Aplikasi > WhatsApp > Penyimpanan > Hapus Data. Mudah banget kan, bosku?

Setelah melakukan pembersihan terhadap data WA-nya, maka aplikasi WA akan kembali menjadi seperti pada saat bosku pertama kali mendaftarnya, di mana semua chat akan bersih semua.

  • Pastikan Aplikasi Penghemat Baterai Mati

Ponsel berbasis android memang mempunyai berbagai macam fitur menarik di dalamnya, namun di beberapa keadaan, fitur ini bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan pada aplikasi WhatsApp. Salah satu fitur itu ialah fitur penghemat daya yang secara otomatis akan muncul untuk dipilih nyala atau matikan pada saat ponsel android bosku telah habis baterainya di bawah 10 persen daya.

Dan apabila fitur penghemat daya ini dinyalakan, maka kemungkinan akan membuat pesan WA menjadi tidak terkirim atau pending. Hal tersebut akan terjadi pada ponsel kita agar pada penggunaan daya baterai menjadi lebih hemat dan ponsel dapat berjalan lebih lama lagi dengan fitur penghemat daya tersebut. Kemudian untuk mematikan fitur ini, bosku hanya perlu masuk ke menu “Pengaturan”, lalu pilih pengaturan baterai. Setelah itu, matikan saja fitur penghemat baterai atau battery saver di menu tersebut.

  • Tak Perlu Menggunakan Pembersih RAM

Banyak sekali pengguna ponsel android yang menganggap fitur pembersih RAM begitu berguna untuk menjaga kondisi hape dan menjaga kecepatan hape android agar tetap kencang, padahal semua itu salah.

Baca:  5 Tips Memilih Laptop yang Baik dan Benar Sesuai Kebutuhan

Sedangkan, fungsi fitur pembersih RAM yaitu membersihkan aplikasi-aplikasi android yang telah berjalan di latar belakang. Dan karena aplikasi WhatsApp juga berjalan di latar belakang untuk menerima pesan panggilan atau chat, kemungkinan besar fitur pembersih RAM malah justru menghapusnya juga.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka baiknya tidak mempergunakan aplikasi pembersih RAM, jika perlu hapus saja aplikasinya. Dengan cara begitu, maka aplikasi WhatsApp akan berjalan dengan normal dan tidak akan banyak mengalami gangguan oleh aplikasi lain.

  • Lakukan Restart Hape

Apabila aplikasi WhatsApp tidak menanggapi dan sering pending karena adanya masalah di ponsel seperti adanya gangguan jaringan atau yang lainnya, maka pertama yang harus dilakukan yaitu dengan cara merestart ponsel tersebut. Setelah melakukan restart hape, biasanya akan ada banyak pesan yang masuk karena sebelumnya pesan sempat terpending karena adanya gangguan.

  • Lakukan Instal Ulang atau Update Aplikasi WhastApp

Cara terakhir yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pengecekan terhadap aplikasi WhatsApp, apakah perlu melakukan update atau tidak. Sering terjadi aplikasi WhatsApp mengalami gangguan seperti pesan pending atau tidak terkirim karena belum melakukan update aplikasinya.

Dan apabila masih terjadi error juga, maka dengan dengan berat hati harus dilakukan penginstalan ulang aplikasi WhatsApp-nya. Dengan cara menghapus aplikasi tersebut kemudian lakukan instal ulang aplikasinya di Play Store.

Akhir Kata

Beberapa cara atau solusi untuk mengatasi aplikasi WhatsApp bila terjadi error pending atau tak terkirim pada artikel ini begitu mudah dan cepat dilakukan, bosku. Jadi, bosku sebagai pengguna setia WhatsApp tentunya tak perlu risau jika terjadi masalah pending atau gagal bila mengirim atau menerima pesan WhatsApp ke depannya. Semuanya itu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Selamat Mencoba…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *