Ketahuilah Lima Hal yang Dapat Menghilangkan Pahala Puasa di Bulan Ramadhan

Ketahuilah Lima Hal yang Dapat Menghilangkan Pahala Puasa di Bulan Ramadhanteknobosku.com– Hallo sobat teknobosku dimanapun kalian berada berjumpa lagi dengan admin yang tak bosan-bosan menyajikan informasi menarik dan terupdate, kali ini admin akan mengulas mengenai Ketahuilah Lima Hal yang Dapat Menghilangkan Pahala Puasa di Bulan Ramadhan.

Puasa di bulan Ramadhan tidak hanya menahan dahaga dan lapar. Namun juga menjauhi hal-hal yang membatalkan dan menghilangkan pahala puasa.

Mengetahui hal-hal yang dapat menghilangkan pahala puasa perlu jadi perhatian agar puasa tidak hanya sekedar menyelesaikan kewajiban dan hanya dapatkan haus dan lapar saja. Hal ini sebagaimana ditunjukkan oleh hadits Nabi:

Artinya: Betapa berlimpah orang yang berpuasa tetapi ia tidak memperoleh sesuatu dari puasanya kecuali rasa lapar dan haus. (HR An-Nasa’i). Kemudian apa saja hal yang dapat menyebabkan hilangnya pahala puasa? Berikut 5 penyebab jatuhnya pahala puasa sebagaimana dilansir teknobosku.

5 penyebab hilangnya pahala puasa

1. Ghibah

Membicarakan keburukan orang lain atau dalam bahasa Jawa ngerasani bisa menjatuhkan pahala puasa. Nabi Muhammad SAW menjelaskan makna ghibah dengan mengatakan:

“(Ghibah ialah) kamu cerita tentang saudaramu, kalau dia dengar dia tidak rela”

Jika isi gunjingan tersebut melampaui keadaan sebenarnya, atau mengada-ada dengan menambah-nambah keburukannya, maka disebut fitnah. Fitnah ini lebih buruk dari ghibah dan lebih berbahaya akibatnya.

2. Adu domba

Mengadu domba adalah lanjutan dari ghibah atau membicarakan yang berujung pada fitnah. mengadu domba dengan motif apa pun, baik tanpa alasan tertentu atau dengan tujuan mencari keuntungan atau membuat kekacauan, sama sekali dilarang dalam Islam. Hal ini karena pihak-pihak yang terlibat akan menderita kerugian, baik secara materi maupun moral.

Orang-orang yang melaksanakan adu domba tidak hanya kehilangan pahala puasa tetapi  menyebabkan seseorang semakin jauh dari surga. Dasarnya adalah sabda Nabi Muhammad SAW. sebagai berikut:

“Pelaku adu domba tidak akan masuk surga.” (HR Muslim).

3. Dusta

Berbohong atau dusta ialah mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Seorang muslim yang berbohong saat berpuasa maka ibadahnya akan sia-sia.

Hal ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW. dalam H.R. Bukhari yang berbunyi:

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan ucapan dusta, maka Allah tidak membutuhkan dari rasa lapar dan haus yang ia tahan.” (H.R.Bukhori)

4. Memandang dengan syahwat

Saat puasa bukan haus dan lapar saja yang ditahan, tapi juga syahwat. Yang dimaksud dengan nafsu di sini adalah adanya keinginan dari hati untuk melihatnya atau melanjutkan dengan pandangan yang awalnya tidak disengaja.

5. Sumpah palsu

Penyebab lain hilangnya pahala puasa adalah sumpah palsu. Sumpah palsu ini berkaitan dengan berbohong. Perbuatan dosa ini akan menghilangkan kebenaran dan digantikan  dengan kedzoliman.

Perbuatan tersebut dilarang dalam Islam. Larangan berkhianat ini dijelaskan dalam Al-Qur’an dalam Surat Ali Imran ayat 77 sebagai berikut:

“Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji-janji mereka [dengan] Allah dan sumpah mereka dengan harga yang kecil, mereka tidak akan berbagi [pahala] di akhirat, dan Allah tidak akan berbicara kepada mereka dan tidak akan memandang mereka pada saat datangnya hari kiamat dan tidak pula akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih” (Ali Imran [3]:77).

Baca Selengkapnya>>>

Akhir Kata

Demikian pembahasan singkat yang dapat admin sajikan mengenai Ketahuilah Lima Hal yang Dapat Menghilangkan Pahala Puasa di Bulan Ramadhan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian semua.

Terima kasih bagi kalian yang telah mampir pada artikel admin yang satu ini, jangan lupa untuk kembali mampir dan berkunjung pada teknobosku.com agar kalian tidak ketinggalan update informasi terbaru lainnya.

About fadly zon

Check Also

Inilah Fungsi Dari Printer, dan Bermacam Jenisnya

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan printer sangat erat kaitannya dengan kebutuhan kita. Beberapa membutuhkan perangkat ini untuk mencetak foto, dokumen dan keperluan lainnya. Printer sendiri merupakan salah satu alat yang cukup progresif pada masanya. Keberadaan printer pada awalnya diprakarsai oleh Charles Babbage pada abad kesembilan belas. Ide Babbage terus diciptakan hingga lahirlah [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.