Nokia G20 Resmi Hadir di Indonesia, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Smartphone

Walaupun belum semasif pesaingnya, HMD Global terus berusaha tetap eksis dengan mengeluarkan perangkat baru. Dan kali ini, bukan perangkat flagship yang diperkenalkan karena mungkin Nokia belum siap dan percaya diri, melainkan yang datang ialah Nokia G20. Tentunya, perangkat ini dimunculkan untuk bersaing di kelas menengah, dengan harga yang dibanderol di kisaran Rp 2 jutaan saja.

Sebagai sebuah perangkat baru buatan Nokia yang memiliki desain khas Nordik, ponsel yang masuk dalam seri G ini telah dibekali dengan kapasitas baterai yang lumayan besar dan mampu membuat baterai bertahan lebih lama hingga diklaim masa pakainya mencapai 3 hari, serta memperoleh jaminan keamanan selama 3 tahun dan mendapatkan peningkatan OS selama 2 tahun. Menurut keterangan HMD Global, meskipun bukan perangkat flagship, akan tetapi ponsel Nokia seri G ini merupakan produk andalannya.

Spesifikasi HP Nokia G20

Dari sisi tampilan, ponsel baru besutan Nokia ini memiliki modul kamera berbentuk lingkaran di sebelah tengah atas yang terletak di bagian belakang ponsel dengan konfigurasi empat lensa kamera dan LED flash di bawahnya, serta ada sebuah tulisan logo Nokia di posisi tengah. Selain itu, di bagian layarnya juga memiliki notch yang berfungsi sebagai tempat meletakkan kamera selfie dan notch tersebut posisinya terletak di bagian tengah atas atau juga bisa disebut dengan desain layar waterdrop notch.

Mengenai layar dan desainnya, ponsel baru besutan Nokia ini memiliki ukuran dimensi 164,9 x 76 x 9,2 mm dengan bobot ponsel sekitar 197 gram atau 6,95 ons. Dengan bobot dan dimensi seperti itu, tentunya ponsel Nokia G20 ini begitu terasa nyaman pada saat digenggam dan begitu mudah juga apabila dimasukkan ke dalam saku kemeja. Dan perlu diketahui, ponsel baru besutan Nokia ini juga memiliki perlindungan yang bernama splash protection.

Baca:  Spesifikasi dan Harga Infinix Note 10 Pro, Layar Ponsel Lebih Lebar

Sementara itu, ponsel seri G ini telah dibekali dengan layar jenis IPS LCD yang berukuran 6,52 inci, serta memiliki tampilan layar HD Plus dan beresolusi 720 x 1600 piksel. Dan ponsel besutan Nokia ini mempunyai rasio layar terhadap bodi mencapai 81,9 persen dengan kerapatan piksel layar sebesar 296 ppi. Lalu, layar ponsel Nokia ini juga lumayan cepat dalam menerima respon sentuhan karena memiliki touch sampling rate standar yakni 60Hz dan juga refresh rate hanya 60Hz saja. Selain itu, tentunya ponsel baru besutan Nokia ini juga telah dilengkapi dengan dual SIM.

Sedangkan di bagian performa, ponsel baru besutan Nokia ini memiliki kemampuan yang cukup bagus. Pasalnya, ponsel besutan Nokia ini ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G35 dengan teknologi fabrikasi 12 nm dan didukung CPU Octa-core dengan memiliki empat core Cortex-A53 di 2.3GHz dan empat core Cortex-A53 di 1.8GHz. Sementara itu, ponsel besutan Nokia ini juga mempunyai grafis yang lumayan bagus karena memperoleh dukungan dari GPU PowerVR GE8320. Selain itu, ponsel Nokia G20 ini telah didukung dengan sistem operasi terbaru yaitu Android 11 dan masih bisa ditingkatkan lagi.

Baca:  Lenovo Tab P12 Pro 5G dan Tab P11 5G Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Selanjutnya di bagian penyimpanannya, ponsel baru besutan Nokia ini mempunyai satu opsi penyimpanan, yaitu RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Dan ponsel ini juga mendapatkan dukungan slot kartu berupa microSD yang memiliki fungsi sebagai tambahan kapasitas memori apabila diperlukan.

Kemudian di bagian kameranya, ponsel baru besutan Nokia ini telah didukung dengan empat buah kamera di bagian belakangnya. Empat buah kamera ini mempunyai fitur panorama, HDR, dan LED flash dengan kamera utama memiliki resolusi sebesar 48MP dengan aperture f/1.8 berfungsi sebagai lensa wide yang mendukung PDAF, kamera kedua beresolusi 5MP berfungsi sebagai lensa ultrawide, sedangkan kamera ketiga dan keempat masing-masing beresolusi 2MP yang memiliki fungsi sebagai lensa macro dan depth.

Sedangkan kamera depannya, ponsel Nokia G20 ini telah mendapatkan dukungan kamera selfie sebesar 8MP berfungsi sebagai lensa wide. Sementara itu, kamera depan ponsel ini telah mendukung kualitas video yang lumayan bagus yakni 1080p@30fps.

Selanjutnya dari sisi baterainya, ponsel baru besutan Nokia ini mendapatkan dukungan baterai dengan kapasitas jumbo. Pasalnya, ponsel Nokia ini telah didukung baterai jenis Li-Po dengan kapasitas daya sebesar 5050 mAh non-removable dan dilengkapi dengan pengisian daya 10W. Dengan dukungan baterai sebesar itu, tentunya ponsel Nokia ini dapat digunakan untuk bermain game, membuka aplikasi, dan media lainnya dengan cukup lama.

Baca:  Xiaomi RedmiBook 15 Meluncur, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Lalu untuk fitur pendukungnya, ponsel baru Nokia ini tentunya memiliki berbagai macam fitur unggulan yang dimiliki. Seperti halnya dengan adanya fitur keamanan berupa pemindai sidik jari yang terletak di sisi samping ponsel (side-mounted). Selain itu, ponsel Nokia G20 ini juga didukung dengan fitur menarik lainnya seperti jaringan 4G, GPS, Wi-Fi 802.11 b/g/n, NFC, FM radio, audio jack 3.5mm, Loudspeaker, accelerometer, proximity, gyro, USB Type-C 2.0, dan Bluetooth v5.0.

Harga dan Varian Warna HP Nokia G20

Ponsel Nokia G20 ini memiliki dua varian warna yang dapat dipilih, yaitu Night dan Glacier. Untuk harganya sendiri, ponsel baru besutan Nokia ini di pasar Indonesia dibanderol dengan harga jual Rp 2.499.000 dengan memiliki RAM 4GB / ROM 64GB. Dengan banyaknya fitur-fitur unggulan yang terdapat di Nokia G20 ini, tentunya tidak sebanding dengan harga yang diberikan karena terlalu terjangkau. Bagi penggemar Tekno Bosku yang tertarik dengan produk baru Nokia ini tentu bisa mendapatkanya dengan cara membelinya, yang akan dimulai pada tanggal 9 Agustus 2021 nanti melalui situs resmi Nokia, Eraspace, dan Tokopedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *