5 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Perlu Diketahui

Laptop Tips dan Trik

Meskipun dapat terlihat secara jelas hanya dari tampilan luarnya saja, akan tetapi masih ada banyak orang yang belum mengetahui secara rinci apa saja perbedaan dari laptop dan notebook. Kebanyakan orang akan beranggapan bahwa kedua produk elektronik ini sama saja dan hanya berbeda pada ukurannya saja.

Namun, pemikiran seperti ini merupakan kesalahan besar, karena selain memiliki perbedaan pada ukurannya, kedua barang elektronik ini juga memiliki perbedaan pada bagian lainnya. Jika bosku hendak membeli atau menggunakan salah satu dari kedua produk ini, bosku wajib mengetahui perbedaannya terlebih dahulu.

5 perbedaan dari laptop dan notebook

Dengan mengetahui perbedaan dari laptop dan notebook, maka bosku dapat mengetahui juga manakah jenis produk seperti ini yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan bosku. Sebab, ketika bosku tidak mengetahui produk manakah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan bosku, maka hal ini akan membawa hasil yang mengecewakan di masa depan. Nah, untuk mengantisipasi terjadinya kekecewaan yang seperti itu, lebih baik bosku mengenali dan memahami perbedaan di antara kedua produk tersebut.

Perbedaan antara kedua produk ini tidak hanya terletak pada ukurannya saja, seperti yang pada umumnya dibicarakan oleh orang-orang, akan tetapi dari spesifikasinya pun kedua produk ini memiliki perbedaan yang signifikan.

Ya, memang jika bosku melihatnya hanya secara sekilas atau dari luarnya saja mungkin bosku tidak akan bisa memastikannya, karena memang untuk mengetahui perbedaan dari spesifikasi antara laptop serta notebook harus dipelajari sejak awal dan secara mendalam. Maka dari itu, banyak orang yang mengatakan bahwa pengetahuan seperti ini harus sudah bosku miliki ketika hendak membeli laptop atau notebook baru.

Sekarang, simak dengan baik kelima perbedaan antara laptop dengan notebook yang ada di bawah ini:

Baca:  Kenapa WhatsApp pending padahal jaringan bagus? Ini solusinya

1. Ukuran layar

Inilah yang menjadi perbedaan terbesar dan paling terlihat antara kedua produk tersebut. Ukuran layar antara laptop dengan notebook memang berbeda dan perbedaan tersebut dapat terlihat secara jelas. Pada umumnya, laptop akan memiliki ukuran layar yang lebih dari 18 inci, hal ini sangat berbeda dengan notebook yang hanya memiliki ukuran layar sebesar 13-18 inci.

2. Berat

Laptop dan notebook juga memiliki perbedaan pada bobot atau ukuran beratnya. Jika laptop memiliki berat sekitar 3-5 kg, notebook akan memiliki berat yang hanya mencapai angka 1-2 kg. Oleh karena itu, anak-anak muda yang gemar beraktivitas secara aktif lebih menyukai notebook karena ukurannya yang minimalis dan lebih mudah untuk dibawa kemana-mana.

3. Ukuran RAM

RAM pada laptop dan notebook juga akan berbeda, jadi jika bosku membutuhkan perangkat yang mampu menampung aplikasi yang banyak, lebih baik bosku membeli laptop dibanding notebook, karena RAM pada laptop akan lebih besar sehingga hal ini akan menguntungkan bagi dirimu sendiri.

Namun, jika bosku masih memiliki keinginan untuk membeli dan menggunakan notebook dibanding laptop, bosku tidak perlu mengkhawatirkan seputar hal ini, karena di jaman yang semakin canggih seperti sekarang ini, bosku sudah bisa mengatasi permasalahan yang sekarang dianggap sepele ini. Solusi paling tepat untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan memanfaatkan dukungan upgrade pada kapasitas RAM supaya dapat lebih besar lagi.

4. Keberadaan DVD ROM

Tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk membeli dan menggunakan laptop karena perangkat yang satu ini akan menyediakan fitur DVD ROM. Jadi, hanya dengan menggunakan laptop saja bosku sudah bisa beraktivitas dalam pembacaan kepingan kaset. Hal ini akan berbeda dengan notebook yang sama sekali tidak memiliki fitur seperti ini.

Baca:  Xiaomi RedmiBook 15 Meluncur, Berikut Spesifikasi dan Harganya

5. Daya tahan baterai

Jika ukuran layar yang menjadi salah satu perbedaan paling terlihat pada laptop dan notebook, daya tahan baterai merupakan perbedaan antara kedua produk ini yang paling tidak terlihat, sehingga masih ada banyak orang yang tidak mengetahui mengenai hal ini. Notebook sudah terkenal dengan kualitas baterainya yang tinggi, hal ini berbeda dengan laptop yang secara tidak terduga tidak memiliki daya tahan baterai yang terbilang lama. Namun, kualitas baterai dari kedua produk ini juga dapat tergantung dari cara pemakaiannya, jadi jika bosku bisa menjaganya dengan baik, maka perbedaan ini tidak akan terlihat.

Kelebihan dan kekurangan dari laptop & notebook

Selain memiliki perbedaan pada spesifikasinya, laptop dan notebook juga memiliki perbedaan pada kelebihan serta kekurangannya. Nantinya, kelebihan dan kekurangan ini bisa bosku jadikan pertimbangan ketika hendak membeli perangkat baru.

Karena sekarang bosku sudah mengetahui perbedaan spesifikasi dari kedua perangkat ini, kali ini bosku perlu mengetahui dan memahami kelebihan serta kekurangan dari laptop dan notebook. Berikut kelebihan dan kekurangan laptop serta notebook yang perlu untuk bosku ketahui:

1. Laptop

Laptop memiliki kelebihan yang cukup banyak namun kekurangannya pun ada, dan harus bosku ketahui. Mari kita bahas terlebih dahulu kelebihan dari perangkat laptop:

  • Mudah dibawa kemana-mana
  • Harga relatif murah jika dibandingkan dengan perangkat PC
  • Memiliki desain yang tipis sehingga mudah dibawa kemana-mana
  • Memiliki layar yang tajam
  • Memiliki keyboard dengan desain yang modern
  • Dilengkapi prosesor berkualitas tinggi
  • Baterai dapat bertahan lama

Nah, setelah membahas dan mengetahui kelebihan dari laptop, sekarang waktunya untuk membahas kekurangan dari laptop:

  • Daya tahan baterai tidak terlalu panjang
  • Ruang lingkup terbilang kecil
  • Memiliki komponen yang susah untuk dicari ketika rusak dan harganya lebih mahal dibanding PC
  • Susah upgrade komponen
  • Didukung sparepart yang mahal
Baca:  5 Tips Memilih Laptop yang Baik dan Benar Sesuai Kebutuhan

2. Notebook

Setelah mempelajari kelebihan dan kekurangan dari laptop, sekarang waktunya untuk bosku mempelajari kelebihan dan kekurangan pada notebook. Mari kita bahas kelebihan dari notebook terlebih dahulu:

  • Mendukung fleksibilitas
  • Memiliki performa dan kinerja yang memuaskan
  • Praktis
  • Ukuran layar lebih nyaman
  • Hemat daya dalam 1 kali pengisian daya
  • Sistem keamanan lengkap
  • Daya tahan baterai dapat bertahan lebih lama

Jika itu adalah kelebihan dari notebook, yang ada di bawah ini adalah kekurangan dari perangkat notebook:

  • Memiliki ukuran layar yang lebih kecil dibanding PC dan laptop
  • Tidak tersedia fitur DVD ROM
  • Memiliki ukuran RAM yang lebih sedikit
  • Tidak tersedia dalam berbagai jenis desain yang berbeda

Hanya dengan melihat penjelasan di atas, bosku jadi bisa tahu kan bahwa laptop dan notebook juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi bosku hanya perlu mencari perangkat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu sendiri.

Sampai disini saja pembahasan kita mengenai perbedaan dari laptop VS notebook yang wajib bosku ketahui. Sebelum membeli laptop atau notebook, pastikan bosku sudah melakukan survei pada spesifikasi perangkat yang hendak bosku beli, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan bosku atau bosku membelinya hanya untuk memenuhi keinginan bosku saja dan mengabaikan kebutuhan yang seharusnya juga bosku penuhi. Selamat mencari laptop baru yang sesuai dengan selera bosku ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *