Realme C21Y Bakal Dirilis di Vietnam, Seri Pertama yang Jalankan Android Go

Smartphone

China, sepertinya menjadi salah satu negara dengan perdagangan terbesar, hampir disetiap lini negara yang terkenal dengan partai komunisnya itu berhasil masuk, dan merajainnya. Mereka pun tak pernah takut untuk bersaing dengan para kompetitor lain. Misalnya saja dalam teknologi, banyak produk China yang masuk ke beberapa negara, dan menawarkan harga yang miring, sehingga menarik perhatian banyak masyarakat untuk membelinya. Salah satunya adalah Xiaomi yang sudah berhasil mendudukan posisinya sebagai gadget yang pro dikelasnya. Setelah Xiaomi, China pun meluncurkan merek Realme, yang menjadi smartphone canggih, bertempat di Shenzhen, Tiongkok, China. Berdiri pada tanggal 4 Mei 2018 dan diluncurkan oleh Sky Li, Realme memiliki tekad untuk memberikan produk, dan pengalaman yang memuaskan untuk kaum muda terutama generasi millennials. Banyak pula seri smartphone yang telah mereka luncurkan, salah satunya adalah Realme C21Y.

Menjadi merek gadget dengan teknologi yang trend setter, atas kemampuan serta kecanggihan teknologinya, Realme mampu membuktikan diri sebagai smartphone yang bisa diandalkan para penikmatnya, dengan teknologi yang selalu ditingkatkan. Misalnya saja di tahun 2020, Realme menjadi smartphone yang sedang berkembang dan berada di peringkat ketujuh dengan pertumbuhan dari tahun ke tahun yang mencapai 157 persen. Realme pun menjadi smartphone terlaris yang cepat terjual dan tumbuh di dunia. Terlebih jika saat ini Realme mengusung teknologi Android Go pertama untuk serinya Realme C21Y. Semakin mempertegas bahwa pihaknya ingin berada sebagai merek yang unggul, dan juga berpengaruh di pasar teknologi.

Realme C21Y ini sebelumnya adalah smartphone realme bernomor RMX3261 yang telah lolos dari lembaga sertifikat FCC, NBTC dan juga TUV. Realme C21Y juga terdaftar di FCC dengan desain dan spesifikasi yang mumpuni. Realme C21Y ini direncanakan akan muncul pertama kali di Vietnam dalam waktu dekat, dan kemunculannya ini menandakan seri tersebut sebagai seri pertama yang menjalankan Android Go yang diterapkan Realme. Pihak Realme pun menyebutkan jika Realme C21Y pada dasarnya adalah terdiri dari desain Realme C21 yang didukung leh Chipset dan perangkat lunak lain yang berbeda dengan Realme C21.

Baca:  Honor X20 SE 5G Resmi Meluncur, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Mungkin dari bosku ada yang belum terlalu paham apa itu Android Go. Android Go yang akan dipasangkan di dalam Realme C21Y, dikenal dengan Android GO Edition yang dirancang untuk gadget yang berada di harga terjangkau. Ditujukan memang untuk smartphone dengan RAM berkapasitas di bawah 2 GB, agar penggunaan data seluler dapat sedikit berkurang sehingga tak memberatkan gadget, misalnya saja mengaktifkan mode penghemat data secara otomatis. Khusus layanan dalam Google pun dirancang agar tidak terlalu menghabiskan daya, sehinga play store hanya akan memilih aplikasi-aplikasi ringan yang cocok untuk Realme C21Y.

Android di Realme C21Y ini menghadirkan Android 11 Go, dimana android ini dijalankan pada perangkat prosesor Unisoc T610, dilengkapi juga dengan RAM sebesar 4 GB serta internal mulai dari 64 GB,  yang bisa anda tambah dengan memori eksternal MicroSD. Selain Android Go, Realme C21Y ini juga berencana untuk memiliki layar IPS LCD 6,5 inci yang mempunyai resolusi HD plus. Untuk sisi fotografi dalam smartphone ini tak tanggung-tanggung, Realme C21Y dilengkapi dengan kamera selfie dengan spesifikasi sebesar 5 Megapixel, dimana kamera ini ditempatkan di notch water drop  pada layar. Sedangkan untuk kamera belakang, dilengkapi dengan modul persegi yang terdapat tiga lensa, mulai dari 13 MP, 2 MP, dan 2 MP, serta flash LED.

Untuk ketahanan penggunaan pada ponsel Realme C21Y ini, bosku akan mendapatkan baterai dengan kapasitas 5000 mAh, yang juga didukung dengan pengisian daya ulang sebesar 10 W. Ditambah lagi dengan koneksi 4G VoLTE, Wi Fi, serta Bluetooth 5.0 hingga GPS, membuat bosku puas dengan kualitas smartphone buatan China ini. Tak hanya sampai disitu saja, Realme C21Y juga memiliki microUSB, jack audio 3,5 mm dan pendeteksi pintar sidik jari yang disimpan dibagian belakang smartphone.

Desain ponsel Realme C21Y jika menontonnya dari sertifikasi FCC, maka akan terlihat bahwa ponsel itu memiliki takik tetesan air. Lalu, di bagian belakang memiliki modul kamera berbentuk persegi seperti apa yang diterangkan di atas. Selain memiliki tiga kamera di bagian belakang bodi, ponsel seri ini memiliki juga lampu kilat LED.

Baca:  Infinix Hot 10S Resmi Hadir di Indonesia, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Selain itu, pada bagian tepi sebelah kanan perangkat ponsel ini memiliki tombol power dan pengatur volume rocker. Sedangkan pada bagian tepian kiri terdapat tempat untuk memasang kartu nano-SIM dan kompartemen kartu SIM dengan adanya tambahan slot kartu microSD khusus untuk ponsel ini, bosku.

Sedangkan untuk dimensi ponsel ini memiliki ukuran 173,9 x 75,96 mm dengan berat ponsel 185 gram. Kemudian untuk lebar layar ponsel ini 6,5 inci seperti apa yang dijelaskan di atas dan mempunyai dukungan resolusi 1080 x 2400 pixel. Rasio layar ke bodi sekitar 83,9% dan didukung fitur tambahan lainnya yaitu berupa kecepatan refresh 90Hz 600 nits. Tipe layar Realme C21Y  menggunakan layar sentuh kapasitif IPS LCD 16 juta warna, bosku.

Masih dalam pembahasan Realme C21Y, bosku pun akan menemukan saudara dari seri ini yaitu Realme C21 yang tak jauh berbeda, namun dalam seri ini Realme tak menggunakan Android Go. Untuk lebih mengenalnya, tak ada salahnya kita membahas kelebihan dan kekurangan keduanya.

Jika dibandingkan dengan Realme C21Y, pada kelebihan Realme C21 saja bosku akan menemukan bahwa perangkat ini memiliki ketahanan baterai yang sama dengan Realme C21Y yakni 5.000 mAh yang diprediksi bisa bertahan seharian penuh jika bosku menggunakannya dengan normal, tak ada aplikasi yang berat, misalnya saja untuk bermain game. Realme C21 juga memiliki fitur Reverse Charging yang menjadikan ponsel ini layaknya seperti powerbank untuk smartphone lain, anda pun bisa sharing bersama teman-teman yang lain ketika harus mengisi daya ponsel lain yang mau habis. Bukan hanya fitur Reverse Charging, bosku juga bisa menjalankan Super Power Saving Mode yang bisa menjaga baterai bertahan lama ketika sudah dalam kondisi kritis, namun anda harus tetap menggunakan smartphonenya.

Tak jauh berbeda dengan Realme C21Y yang menggunakan MediaTek Helio, Realme C21 juga menggunakan chipset MediaTek Helio G35 Octa-Core 2,3 GHz yang bisa menjalankan aplikasi game secara lancar, cocok untuk anda yang memang menggunakan smartphone untuk hiburan games juga. Realme C21 juga diluncurkan ke pasar smartphone dengan 2 varian, dimulai dari varian dengan Ram 3 GB dan ROM 32 GB senilai Rp. 1.699.000, ada pula varian RAM 4 GB ditambah ROM 64 GB senilai 1.999.000.

Baca:  15 Rekomendasi HP 5G Terbaik dan Terbaru 2021

Dan ketika bosku akan membeli Realme C21Y dan ingin membandingkannya dengan seri sebelumnya yaitu C21, bosku tak perlu bingung, karena layar yang ditawarkannya pun tidak begitu banyak berbeda. Realme C21 memiliki layar sebesar 6,5 inci dan menggunakan resolusi HD plus, sama dengan Realme C21Y. Untuk IPS LCD, Realme C21 ini memiliki bentuk poni waterdop yang bisa membuat pengguna menikmati video secara puas.

Melihat tren kamera, Realme C21 juga tidak berbeda dengan Realme C21Y yang sama-sama memiliki tiga kamera belakang, dimulai dengan kamera utama 13 MP, kemudian kamera mikro 2 MP, dan juga kamera depth 2 MP. Sama-sama menggunakan Face Unlock dan juga fingerprint untuk memudahkan pegguna dalam mengunci layar dan menjaga keamanan.

Untuk kekurangannya sendiri dari seri C21 dari Realmi C21Y ini adalah tidak dilengkapinya dengan fitur pengisian daya dengan cepat atau fast charging, dan juga resolusi foto yang jika dicetak belum mampu mengalahkan kamera foto, namun jika hanya sekedar men-upload-nya di sosial media, hal itu sudah cukup baik.

Untuk harga dari Realme C21Y belum ada harga pasaran yang mematok dan ditawarkan oleh Realme sendiri. Tapi seri ini sudah bisa menjadi daftar list anda untuk membaharui smartphone dengan menggunakan Android Go yang tentunya cukup menggiurkan bagi para pecinta gadget, terlebih untuk anda yang memiliki dana terbatas tapi ingin memiliki teknologi dan fitur yang kekinian. Realme C21Y bisa menjadi salah satu solusinya. Jadi, mari kita bersiap untuk mengganti smarthpone kita dengan Realme C21Y dan nikmati setiap pengalaman baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *