Realme Watch 2 dan Watch 2 Pro, Jam Pintar Trendi dan Banyak Fitur Menarik

Jam Tangan

Sekarang ini, Realme secara resmi meluncurkan produk terbarunya yaitu Realme Watch 2 Pro untuk negara Indonesia. Tak hanya versi Pro-nya, Realme juga menawarkan dua sekaligus smartwatch yang saat ini merajai persaingan smartwatch di tanah air, seperti Realme Watch 2 dan Watch 2 Pro. Dua jam tangan pintar ini diluncurkan dalam waktu yang  tidak terlalu lama. Tentu, semua orang sudah mengetahui bahwa seri Pro hadir untuk menyempurnakan Watch 2 sebelumnya.  Tetapi, apakah berarti seri Pro memiliki fitur yang jauh lebih mendukung? Apakah Watch 2 benar-benar tergeser karena kehadiran seri Pro?

Fitur Realme Watch 2

Realme Watch 2 hadir sebagai pelengkap persaingan pasar smartwatch yang multifungsi. Seperti layaknya smartwatch yang sudah ada di pasaran sebelumnya, Realme Watch 2 juga menawarkan fungsi-fungsi serupa untuk kelas entri. Apa saja fitur terbaik yang ditawarkan?

1. Baterai Cukup Besar 

Baterai Realme Watch 2 hadir dengan kapasitas baterai 315 mAh. Cukup besar untuk penggunaan dengan fitur-fitur yang tersedia. Pengguna dapat melakukan pengisian daya paling tidak 10 hari sekali.

2. Memantau Kadar Oksigen

Realme Watch 2 hadir dengan fitur yang cukup lumayan menarik, yakni memiliki fitur untuk melakukan pemantauan kadar oksigen di dalam darah. Informasi yang diberikan juga cukup cepat dan akurat, dimana pengguna dapat melakukan  pemantauan  kesehatan  secara berkala. Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa hasil yang dimunculkan tetap  harus dikonsultasikan kepada dokter dan bukan untuk satu-satunya referensi.

3. Reminder

Kerennya, Realme Watch 2 juga memiliki fitur reminder atau pengingat. Pengingat ini bukan seperti fitur pengingat di ponsel yang dapat kita atur sebelumnya. Fitur ini hadir untuk para pengguna yang hobi banget berolahraga. Pengingat untuk istirahat, minum, membantu meditasi, dan banyak lagi menjadi salah satu alasan mengapa smartwatch ini sangat diminati.

4. Tampilan Menarik

Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa tampilan smartwatch ini sangat menarik. Pilihan panjang tali dapat disesuaikan, sehingga jam pintar ini dapat dipakai oleh saudara atau anak yang memiliki ukuran pergelangan  tangan yang berbeda. Tali juga bisa dilepas. Ragam pilihan warna yang dimiliki yaitu silver dan abu-abu. Berat jam pintar ini hanya 38 gram tidak membuat pengguna merasa keberatan apabila dipakai.

Baca:  Samsung Galaxy Watch 4 Golf Edition Resmi Meluncur di Korea Selatan

5. Memantau Kerja Jantung 

Memang, hampir semua smartwatch memiliki fitur ini.  Tetapi, review menunjukkan bahwa Realme Watch 2 memiliki fitur yang dapat melakukan penghitungan secara akurat. Smartwatch ini menggunakan teknologi PPG yang  sudah di upgrade. Detak jantung dihitung secara real-time, sehingga pengguna dapat memantau apakah olahraga yang dilakukan tidak mengganggu kegiatan olahraga mereka. Bahkan pemantauan dapat dilakukan selama 24 jam.

Lalu Bagaimana dengan Realme Watch 2 Pro?

Lalu, apa bedanya Realme Watch 2 dan Watch 2 Pro? Pertama adalah lebar layarnya. Jika dibandingkan dengan realme Watch 2, produk ini memiliki layar sedikit lebih lebar yakni 1,75 inci. Sedangkan Watch 2 hadir dengan lebar layar 1,41 inci. Tentu perbedaannya tidaklah terlalu signifikan. Tetapi keduanya sama-sama memiliki tampilan lega yang menunjang bagi pengguna yang sekedar ingin melihat sekilas waktu yang mereka gunakan saat berkegiatan terutama di luar ruangan.

Tampilan layar jam pintar Watch 2 Pro ini juga dilengkapi dengan tingkat kecerahan yang  pas yaitu 600 nits, terlebih saat pengguna menggunakannya di luar ruangan, bahkan di bawah sinar matahari yang terik. Area yang dapat dilihat pada layar jam pintar ini ternyata lebih besar 56% dari layar jam tangan pada umumnya. Refresh rate sebesar 30 FPS cukup mumpuni untuk fitur-fitur yang ditampilkan.

Fitur kedua yang tidak dimiliki Watch 2 adalah Double Satellite GPS.  Dengan teknologi double satelite GPS, pengguna dapat menikmati Presisi Tinggi Statistik akurat dengan efektif. Mengakses apapun hanya dengan sentuhan jari dengan Watch 2 Pro.

Dan pengguna dapat mencari informasi tentang rute yang akan dilalui. Bahkan, mereka dapat melakukan pencatatan langkah untuk mengakses rutinitas yang dilakukan sehari-hari, sehingga mereka dapat mengetahui kemajuan dalam olahraga jalan kaki.

Baca:  Red Magic Watch Vitality Edition Hadir dengan Layar Lebih Kecil dan Harga Lebih Murah

Aktivitas pemantauan menjadi lebih mudah dengan penggunaan double satelite GPS. Asal tahu saja, fitur ini tidak terdapat pada Watch 2, sehingga pengguna mungkin dapat mempertimbangkan akan  membeli yang mana.

Lalu, apalagi perbedaan yang dimiliki oleh Realme Watch 2 dan Watch 2 Pro? Baterai yang lebih besar adalah perbedaan Realme Watch 2 dan Watch 2 Pro. Tentu fitur  ini yang sangat menunjang penggunaan smartwatch dari Realme Watch 2 Pro. Kapasitas baterai 390 mAh yang digunakan dapat bertahan lebih dari 10 hari bahkan bertahan hingga 14 hari. Tentu jangka waktu tersebut sangat lama dan memudahkan pengguna yang sibuk sehingga tidak harus melakukan pengisian daya terlalu sering. Sedangkan untuk beratnya sendiri, Watch 2 Pro lebih berat 2 gram dibandingkan dengan Watch 2, bobotnya yakni 40 gram saja.

Fitur-fitur lain yang dapat dimanfaatkan adalah konektivitas bluetooth 5.0 dengan kapasitas IP68 untuk fitur tahan air, kamera jarak jauh, upgrade OTA, kontrol musik, penyimpanan data, dan banyak lagi. Fitur umum ini hadir pada kedua seri dari  smartwatch Realme ini.

Bahkan, kedua seri ini memiliki daya tahan, bukan hanya dalam kapasitas baterai, tetapi juga daya tahan dalam durabilitas barang. Daya tahan akan suhu ekstrim dan juga dalam menahan beban sebesar 7 kg merupakan beberapa fitur yang dapat diandalkan oleh kedua seri smartwatch dari Realme ini.

Fitur Pengingat Realme Watch 2 dan Watch 2 Pro

Fitur pengingat tidak hanya untuk pengingat kegiatan pengguna. Namun, kedua jenis smartwatch ini juga memiliki pengingat untuk baterai rendah, alarm, penyelesaian langkah untuk jenis olahraga yang dilakukan, dan juga konfirmasi yang mengikat.

Fitur Standar Realme Watch 2 dan Watch 2 Pro

Fitur standar yang dimiliki adalah stopwatch, upgrade OTA, Cloud multi-dial, cuaca, panggilan khusus, UI Interface dengan multi-bahasa, pemantauan tingkat keausan dan banyak lagi. Ada pula fitur yang memudahkan pengguna untuk dapat menyalakan layar hanya dengan mengangkat pergelangan tangan.

Baca:  DIZO Watch 2 dan Watch Pro Segera Meluncur 15 September di India

Seperti layaknya ponsel pintar, smartwatch ini juga memiliki mode hemat daya, dan juga tanpa gangguan. Bisa jadi, smartwatch ini dapat menjadi pengganti ponsel pintar dengan  fitur-fitur penunjang kegiatan olahraga. Biasanya, pengguna yang belum mengenal teknologi smartwatch akan menggunakan ponsel pintar untuk mengakses beberapa fitur pelacakan kegiatan olahraga mereka.

Jangan lupa, sebagai produk Realme, tentu kedua jenis smartwatch ini juga dilengkapi dengan Kontrol AIoT (realme Link). Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk melakukan pengawasan kepada semua perangkat yang dilengkapi dengan AIoT. Selama ini, aplikasi ini sudah dimiliki oleh Realme Buds Air dan Realme Band.

Harga Realme Watch 2 dan Watch 2 Pro

Tentu, harga juga berbeda antara Realme Watch 2 dan Realme Watch 2 Pro. Perbedaannya tentu adalah harga dari seri Pro lebih mahal dibandingkan dengan seri sebelumnya. Tetapi, selisihnya juga tidak besar, yaitu pada kisaran Rp250.000. Untuk jam tangan pintar Watch 2 dibanderol dengan harga Rp 650.000, sedangkan untuk Realme Watch 2 Pro dibanderol dengan harga yang beda tipis yakni Rp 900.000 saja.

Jadi, kesimpulan dari perbandingan ini adalah kedua jenis smartwatch sama-sama masih memiliki kelebihan bagi pengguna yang memiliki kebutuhan berbeda. Mereka yang sudah memiliki Realme Watch 2 mungkin sudah cukup dengan fitur yang ada dan tidak mengganti dengan seri Pro.

Bisa jadi, mereka tidak ingin repot, dan merasa bahwa kapasitas layar, baterai dan juga fitur sudah sangat mendukung kegiatan mereka. Namun bagi mereka yang belum memiliki smartwatch sama sekali, biasanya mereka langsung memilih seri Pro karena sudah dapat menikmati lebih banyak fitur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *