Samsung Galaxy A52s 5G Meluncur, Pakai Snapdragon 778G dan Pengisi Daya 25W

Smartphone

Ponsel Samsung Galaxy A52 5G merupakan salah satu ponsel yang bagus, namun dalam ulasannya, telah diperoleh catatan bahwa chipset Snapdragon 750G sedikit mengecewakan karena harganya dan kecepatan pengisi daya sebesar 15W merupakan model lama dan terlalu kecil. Nah, inilah ponsel versi “s” yang memberikan solusi untuk kedua masalah tersebut. Jadi, ponsel Galaxy A52s 5G memberikan sebuah solusi dengan menawarkan chipset yang tidak mahal namun mumpuni dan memiliki pengisi daya yang lebih besar pula.

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A52s 5G

Samsung Galaxy A52s 5G merupakan perangkat baru yang hadir dengan chipset Snapdragon 778G beserta teknologi fabrikasi 6nm yang dibuat di pabrik TSMC yang menampilkan empat core Kyro 670 (berdasarkan Cortex-A78), dengan memperoleh dukungan GPU kelas atas yaitu Adreno 642L dan modem X53 5G dengan kecepatan downlink mencapai 3.3 Gbps. Itu cukup jauh dari yang dimiliki ponsel Galaxy A52 5G yang memiliki dua core A77 dan GPU Adreno 619 di Snapdragon 750G yang sedang diganti dengan 778G pada versi “s”-nya, belum lagi chipsetnya yang menggunakan teknologi fabrikasi 8nm yang kurang begitu canggih. Dan ponsel Samsung Galaxy A52s 5G ini juga berjalan dengan menggunakan sistem operasi Android 11 dengan tampilan antarmuka One UI 3.1.

Kemudian pada bagian penyimpanannya, ponsel ini tidak mengalami peningkatan pada memorinya, namun masih memperoleh fleksibilitas yang cukup. Dan ponsel versi “s” ini bakal memiliki tiga varian penyimpanan yang dapat dipilih, yakni RAM 6GB / ROM 128GB, RAM 8GB / ROM 128GB, dan RAM 8GB / ROM 256GB, serta tergantung ketersediaan wilayah masing-masing. Perlu diingat bahwa ponsel ini juga telah memperoleh dukungan slot memori eksternal berupa microSD untuk menambah penyimpanannya apabila dibutuhkan di kemudian hari.

Dan pembaruan besar kedua yang ada pada ponsel Galaxy A52s 5G atas model aslinya yaitu pada dukungan teknologi pengisian daya cepat sebesar 25W. Secara teknis, ponsel Galaxy A52 5G juga memperoleh dukungan pengisian daya 25W, tetapi hanya tersedia dengan adapator 15W. Dan tidak demikian halnya dengan ponsel Galaxy A52s 5G, dimana didukung dengan pengisi daya sebesar 25W, seperti halnya yang terdapat pada ponsel Galaxy A72 5G.

Sedangkan untuk kapasitas baterainya, ponsel ini dibekali dengan baterai sebesar 4.500 mAh yang telah diklaim perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini cukup untuk pemakaian dua hari. Dalam pengujian, ponsel Galaxy A52 5G sendiri memperoleh peringkat yang sangat baik dengan daya tahan sampai 111 jam. Namun, untuk kinerja baterai pada ponsel versi “s” ini masih belum teruji karena memiliki chipset yang berbeda dan konsumsi daya yang berbeda pula antara 750G vs. 778G.

Pada bagian layarnya sama dengan versi non-s, ponsel versi “s” ini dibekali dengan panel layar jenis Super AMOLED yang berukuran 6,5 inci, serta tampilan layar yang sudah Full HD Plus dan memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel. Seperti versi sebelumnya, ponsel Galaxy A52s 5G ini memiliki pemindai sidik jari yang disematkan ke layar ponsel bersama dengan kamera selfie beresolusi 32 MP dengan lensa fixed-focus dan aperture f/2.2. Namun sayang, ini merupakan salah satu fitur yang kurang bagus yang dimiliki ponsel sebelumnya yakni Galaxy A52 5G.

Sedangkan untuk kamera belakangnya, ponsel versi “s” ini dibekali dengan empat buah kamera belakang dengan memiliki fitur HDR, panorama, dan LED flash yang terdiri dari kamera utama beresolusi 64 MP dengan aperture f/1.8 berfungsi sebagai lensa wide yang mendukung PDAF dan OIS, kamera kedua memiliki resolusi sebesar 12 MP dengan aperture f/2.2 berfungsi sebagai lensa ultrawide, kamera ketiga dan keempat masing-masing beresolusi 5 MP dengan aperture f/2.4 berfungsi sebagai lensa macro dan depth.

Lalu, ponsel A52s 5G ini juga mempunyai rasio layar ke bodi mencapai 84,9 persen dengan memiliki kerapatan piksel layar hingga 405 ppi dan kecepatan refresh 120Hz. Dan ponsel versi “s” ini juga dilengkapi dengan dual SIM di dalamnya

Kemudian, ponsel versi “s” ini juga memiliki dimensi berukuran 159,9 x 75,1 x 8,4 mm dengan bobot ponsel sekitar 189 gram atau 6,67 ons. Dengan dimensi dan berat seperti itu, ponsel A52s 5G ini tentunya terasa nyaman saat digenggam dan begitu mudah bila dimasukkan ke dalam saku kemeja. Dan perlu diketahui bahwa pada kaca bagian depan ponsel versi “s” ini menggunakan pelindung kaca jenis Corning Gorilla Glass 5, sedangkan untuk bagian belakangnya menggunakan material berbahan plastik. Selain itu, ponsel versi “s” ini juga memiliki sertifikasi IP67 yang tahan terhadap debu dan air, serta dapat terendam ke dalam air tawar hingga 1 meter selama 30 menit.

Selanjutnya untuk fitur pendukungnya, ponsel versi “s” ini tentunya memiliki banyak sekali fitur unggulan yang disematkan. Seperti halnya fitur jaringan 5G, NFC, GPS, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Radio, audio jack 3.5mm, Loudspeaker, Accelerometer, Gyro, Compass, ANT+, Proximity, USB Type-C 2.0, dan Bluetooth v5.2.

Harga dan Varian Warna HP Samsung Galaxy A52s 5G

Ponsel Samsung Galaxy A52s 5G ini memiliki empat varian warna yang dapat dipilih, yakni Awesome White, Awesome Black, Awesome Mint, dan Awesome Violet.

Di Inggris, ponsel versi “s” ini akan tersedia mulai tanggal 3 September 2021 nanti (pemesanan dapat dimulai pada tanggal 24 Agustus 2021 besok, yakni Selasa depan). Kabarnya, ponsel ini dibanderol mulai harga 410 pound sterling atau sekitar Rp 8,1 jutaan, yang hanya terpaut 10 dolar lebih banyak dari ponsel A52 5G dengan RAM 6GB / ROM 128GB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *