Samsung Galaxy F42 5G Segera Meluncur di India, Ini Spesifikasi dan Harga yang Diharapkan

Berita Teknologi Smartphone

Dalam beberapa jam ke depan, Samsung bersiap untuk meluncurkan perangkat baru yang masuk dalam jajaran seri Galaxy F pada tanggal 29 September 2021 ini di India. Sebelumnya, Galaxy F42 5G telah terlihat di Google Play Console dan mengungkapkan beberapa spesifikasi utama tentangnya. Ponsel ini pada dasarnya adalah versi baru dari Galaxy Wide5 yang telah hadir di Korea Selatan awal bulan ini. Bahkan, kemungkinan disebut juga sebagai Galaxy Buddy di beberapa wilayah.

Desain dan Tampilan

Ponsel Samsung Galaxy F42 5G ini menampilkan bagian belakang dan bingkai yang terbuat dari bahan plastik, tetapi terlihat dari belakang cukup premium berkat desain yang minimal. Jelas, hal yang menonjol dari bagian belakang ponsel ini adalah pada modul kameranya yang terlihat agak unik. Ponsel ini hadir dengan dilengkapi tiga unit kamera pada bagian belakangnya.

Dan di bagian depan, ponsel ini memiliki panel layar LCD berukuran 6,6 inci dengan resolusi 1080p+ dan terdapat lekukan berbentuk V di sisi atas. Layarnya pun memiliki kecepatan refresh 90Hz dan dikelilingi oleh bezel berukuran standar, meskipun yang di bagian bawah agak sedikit besar menurut standar saat ini.

Kamera

Ponsel Galaxy F42 5G ini hadir dengan susunan tiga unit kamera di bagian belakang yang terdiri dari kamera utama 64MP, kamera kedua memiliki resolusi 5MP sebagai lensa ultrawide yang mendukung jangkauan 115o, dan kamera ketiga beresolusi 2MP sebagai lensa depth. Sementara kamera depan memiliki resolusi 8MP dan mampu merekam pada video hingga 1080p@30fps.

Spesifikasi

Ponsel Samsung Galaxy F42 5G ditenagai oleh prosesor MediaTek Dimensity 700 5G, dipasangkan dengan GPU Mali-G57 MC2 untuk kebutuhan grafis. Chipset tersebut memiliki modem 2,77 Gbps 5G (sub-6) dengan dukungan 12 band, plus dukungan Wi-Fi 5 dan Bluetooth v5.1.

Ponsel ini mengemas baterai berkapasitas besar 5.000mAh yang dapat diisi pada pengisi daya 15W. Namun, kecepatan pengisian daya belum dikonfirmasi saat ini. Ponsel ini juga memiliki fitur-fitur pendukung seperti jack headphone, port USB Type-C 2.0, dan slot kartu SD.

Software

Perangkat ini diharapkan berjalan pada OS Android 11 out of the box, yang membuat kecewa bagi sebagian orang mengingat Android 12 stabil sudah dekat dengan perilisan. OS tersebut akan dilapisi dengan One UI 3.1 di atasnya.

Varian Penyimpanan dan Warna

Varian penyimpanan yang diketahui untuk perangkat ini meliputi varian RAM 8GB dan RAM 6GB ditambah dengan penyimpanan internal 128GB. Warna yang ditawarkan akan tersedia dalam tiga warna, yaitu Hitam, Biru, dan Putih.

Harga dan Ketersediaan

Ponsel ini akan mulai dijual melalui situs belanja Flipkart dan situs web resmi Samsung sendiri pada tanggal 29 September ini. Beberapa pengecer offline yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa Samsung Galaxy F42 5G dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB akan dibanderol dengan harga 20.999 rupee atau sekitar Rp 4 jutaan, sedangkan versi RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB akan dijual seharga 22.999 rupee atau sekitar Rp 4,4 jutaan. Namun, harga online yang sebenarnya mungkin lebih rendah dari itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *