Samsung Galaxy S21 FE Segera Hadir, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Smartphone

Setelah berhasil meluncurkan Samsung Galaxy S21 di pasar gadget, kini Samsung segera merilis Samsung Galaxy S21 versi terjangkaunya. Samsung akan segera merilis Samsung Galaxy S21 FE (Fan Edition). Dengan harga yang lebih terjangkau, bosku bisa mendapatkan smartphone Samsung flagship. Meskipun lebih murah, Samsung Galaxy S21 FE memiliki banyak kesamaan namun memiliki desain premium yang lebih rendah. Smartphone ini juga memiliki hal baru pada penampilannya.

Samsung Galaxy S21 FE dan Samsung Galaxy S21

Samsung Galaxy S21 FE memiliki banyak kesamaan dengan Samsung Galaxy S21. Satu hal yang paling jelas sama di antara keduanya adalah letak triple rear camera dan hole-punch display. Desain dan warnanya pun sama. Meskipun begitu, ada sedikit perbedaan di antara keduanya. Agar lebih jelas, berikut ini perbedaan antara Samsung Galaxy S21 FE dan Samsung Galaxy S21.

1. Desain dan Display

Soal desain, Samsung Galaxy S21 versi FE tidak begitu banyak memiliki perbedaan dengan Samsung Galaxy S21. Perbedaan yang muncul di sini adalah desain kamera belakang pada S21 versi FE tidak begitu menonjol seperti series lain. Kalau soal warna, kabarnya Samsung sama memberikan empat opsi warna meliputi Grey, Light Violet, Light Green, dan White pada S21 versi FE. Sementara pada Galaxy S21 berupa warna Phantom Pink, Phantom Violet, Phantom Gray dan Phantom White. Dan yang pasti, Samsung Galaxy S21 versi FE memiliki pilihan warna yang lebih cerah.

Samsung Galaxy S21 versi FE akan memiliki ukuran layar 6.5 inci FHD+ AMOLED namun dengan variabel refresh rate yang berbeda dari Galaxy S21. Meski begitu, kabarnya S21 versi FE akan memiliki display yang lebih lebar daripada Galaxy S21. Namun, menurut situs GSMARENA, ukuran layar yang ada pada seri FE ini yakni 6,41 inci Super AMOLED HDR10+ dengan refresh rate 120Hz dan memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel dengan tingkat kerapatan piksel sekitar 411 ppi.

Baca:  Realme 8i Resmi Meluncur dengan Helio G96, Ini Spesifikasi dan Harganya

2. Performa

Samsung Galaxy S21 versi FE dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 888 SoC. Namun karena ini adalah versi murah dari Galaxy S21, maka ada kemungkinan bahwa Samsung menurunkan jumlah RAM Galaxy S21 versi FE ini ke 6GB dibanding 8GB pada Galaxy S21. Dan karena krisis stok chip yang melanda dunia saat ini, kemungkinan seri FE ini akan memiliki dua versi chipset yakni Snapdragon 888 dan Exynos 2100.

3. Headphone jack

Fitur ini adalah salah satu bagian yang sering hilang pada versi murah sebuah produk. Jika bosku bisa menemukan headphone jack pada Galaxy S21, maka headphone jack kini hilang pada Galaxy S21 versi FE. Ini bukan hal baru. Memang ini adalah hal yang membuat para penggemar kecewa, tetapi ini juga tidak mengejutkan.

4. Baterai

Namanya juga versi murah, maka tidak mengherankan jika ada beberapa hal yang dikurangi. Namun S21 versi FE memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan Galaxy S21. Jika Galaxy S21 memiliki kapasitas baterai sebesar 4000mAh, maka S21 versi FE sebesar 4500mAh.

5. Harga

Soal harga, Samsung S21 versi FE tentunya akan lebih murah daripada Galaxy S21. Diperkirakaan perbedaan harganya sekitar Rp 2 – 3 juta lebih murah dibandingkan Samsung Galaxy S21.

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE

Smartphone yang sekiranya akan hadir pada Agustus nanti ini tentu sudah ditunggu-tunggu oleh para penggemar. Jika belum sempat memiliki versi regularnya, maka S21 versi Fan Edition bisa menjadi pilihan. Sebagai bahan pertimbangan untuk meyakinkan diri, berikut ini adalah beberapa spesifikasi terkini dari Samsung Galaxy S21 FE.

1. Display

Ponsel Samsung versi FE akan hadir dengan casing glass plastic. Smartphone ini memiliki layar Super AMOLED refresh rate 120Hz berukuran 6.5 inci. Samsung versi FE bakal mengusung desain infinity-O beresolusi Full HD+. Dan ponsel versi FE ini juga akan menggunakan fitur sensor fingerprint in-display. Jadi, posisi sensor sidik jari berada pada layar smartphone.

Baca:  Realme C21Y Bakal Dirilis di Vietnam, Seri Pertama yang Jalankan Android Go

2. Performa

Nantinya, ponsel Samsung versi FE-nya ini akan berjalan di sistem operasi Android 11. Sama seperti Galaxy S21 regular, versi FE akan ditenagai dengan prosesor Snapdragon Qualcomm 888 SoC. Dan Samsung kemungkinan akan memberikan kapasitas RAM yang lebih rendah daripada S21 regular. Samsung membekali versi FE-nya dengan RAM 6GB/ 8GB dan ROM 128GB/ 256GB.

3. Kapasitas baterai

Samsung Galaxy S21 FE akan dibekali dengan baterai 4500mAh. Kapasitas baterai ini lebih besar dibandingkan dengan Galaxy S21. Ponsel Samsung versi FE-nya juga mendukung fitur 45W fast charging, ada beberapa sumber lain yang menyebutkan 25W fast charging. Dengan kapasitas baterai lebih besar dan dukungan fast charging, pengguna bisa menikmati berbagai aplikasi dengan lebih lama. Tidak hanya fitur fast charging, Samsung Galaxy S21 FE pun mendukung wireless charging dan reverse wireless charging.

4. Kamera

Samsung membekali ponsel versi FE-nya ini dengan Triple Rear Camera dan 1 kamera depan beresolusi tinggi 32MP. Ponsel dengan versi Fan Edition ini akan dibekali dengan kamera utama 12MP, kamera ultrawide 12MP dan kamera telephoto 8MP/12MP. Namun beberapa sumber menjelaskan bahwa Samsung Galaxy S21 FE akan dibekali dengan kamera telephoto 64MP yang mendukung 3x optical zoom. Perbedaan ini bisa disebabkan karena di negara mana produk ini akan diluncurkan. Lalu, kamera utama ponsel versi FE ini juga dibekali dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS).

5. Konektivitas

Ponsel Samsung versi Fan Edition ini mendukung beragam fitur. Adapun dukungan konektivitas yang dimiliki ponsel versi FE ini di antaranya meliputi jaringan 5G, GPS, Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0. Dan bosku sudah bisa menikmati jaringan 5G dengan Galaxy S21 FE ini. Smartphone ini juga mendukung port USB type-C.

Baca:  iQOO Z5 Akan Hadir dengan Kecepatan Refresh 120Hz dan Speaker Stereo

6. Fitur keamanan

Ponsel besutan Samsung versi FE ini dilengkapi dengan fitur keamanan yang baik. Samsung melindungi layar smartphone ini dengan dukungan perlindungan rating IP68. Ponsel versi FE ini juga mendukung fingerprint scanner in-display dan NFC. NFC adalah fitur yang sangat penting dalam melakukan transaksi elektronik melalui smartphone. Berkat dukungan NFC, pengguna bisa melakukan transaksi elektronik dengan praktis dan aman.

Pilih Samsung Galaxy S21 FE atau Galaxy S21?

Ini adalah sebuah pilihan. Sebagai konsumen, bosku bebas memilih apakah harus menggunakan versi reguler atau versi Fan Edition. Jika melihat dari keunggulan fitur dan spesifikasi, versi reguler tentu adalah pilihannya. Namun ingat kembali bahwa pembahasan di sini adalah smartphone flagship dengan harga terjangkau. Maka jika pertimbangannya soal harga, versi Fan Edition adalah pilihan yang tepat.

Tidak hanya harga yang terjangkau, Samsung Galaxy S21 FE masih memiliki fitur dan spesifikasi yang andal. Kabarnya, Samsung Galaxy S21 FE akan ada di kisaran harga Rp. 8.9 jutaan. Untuk kabar launching-nya di Indonesia masih butuh waktu dan kabar dari Samsung. Meski begitu, bosku tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk perilisan Samsung Galaxy S21 FE di pasaran.

Demikian itu adalah kabar terbaru dari Samsung Galaxy S21 FE. Hadirnya gadget baru ini tentu sangat menguntungkan bagi para penggemar smartphone flagship Samsung. Smartphone yang masuk ke mid-range flagship ini bisa bosku miliki dengan harga yang terjangkau. Harganya lebih murah daripada Galaxy S21 regular. Namun sayangnya, waktu pasti perilisannya belum jelas. Meski begitu, bosku tetap bisa mengetahui kabar terbarunya melalui Tekno Bosku ini dengan berlangganan artikel.

Jadi, mau menunggu hadirnya Samsung Galaxy S21 FE atau miliki saja segera Samsung Galaxy S21? Apapun keputusannya, ini adalah pilihan bosku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *