Spesifikasi dan Harga ASUS ROG Phone 5, Ponsel Gaming Terbaik Saat Ini

Smartphone

ASUS ROG Phone 5 telah hadir dan bersaing di pasar Indonesia pada tanggal 14 Juni 2021 yang lalu. Tak ada hal yang perlu diragukan lagi terkait kemampuan gawai satu ini. Karena smartphone keluaran ASUS ini memiliki kesan gahar karena keunggulannya. Apalagi hape idaman gamers ini memang menargetkan kelas premium yang notabene smartphone kelas atas. Artinya, dari segi spesifikasi, kualitas, hingga fitur secara singkat dapat kita klaim mantap karena terdepan dan unggul. Dan ponsel ini kiranya pantas disebut sebagai hape gaming terbaik saat ini. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari ASUS ROG Phone 5.

Desain Mewah

Dari segi penampilan, ASUS ROG Phone 5 tetap gagah seperti biasanya. Hadir dengan tampilan yang terkesan maskulin layaknya smartphone gaming. Di bagian layar yang berukuran seluas 6,78 inci dilengkapi dengan kamera selfie, kamera tersebut terletak di bagian atas. Bezel atas ponsel ini bisa dibilang sedikit tebal. Begitu pula pada bezel bagian bawah juga terasa tebal. Namun di bagian tersebut tersemat stereo speaker dengan kualitas suara yang jernih sekaligus menggelegar.

Kemudian, di bagian belakang ponsel ini terdapat RGB light logo ROG, lengkap beserta ornamen pendukung. Sedangkan pada RGB light tersebut bosku dapat mengatur pilihan warna lewat pengaturan. Tentunya ini opsional bila bosku tak ingin kelihatan mencolok, karena jika dilihat gradasi cahaya yang dihasilkan RGB light ini cukup terang. Dengan adanya fitur tersebut bisa meningkatkan kesan gahar pada ponsel ASUS ROG Phone 5 ini.

Lalu ponsel pintar gaming ini juga terasa berbobot. Ditambah lagi, smartphone ini terasa cukup licin apabila dipegang. Namun hal tersebut dapat disiasati dengan menggunakan casing bawaan. Casing bawaan tersebut secara desain sudah mengikuti karakteristik dari smartphone ini.

Dari bobot yang lumayan berat ini, saat dipakai bermain game, ponsel ini terasa sangat nyaman digenggam. Sebenarnya ini tergantung selera, karena bobot yang dimiliki gawai ini sekitar 238 gram. Sedangkan lebar layar lumayan luas yakni 172,8 × 77,2 × 10,29 mm sehingga membuat genggaman pada perangkat ini jadi tambah nyaman.

Baca:  Nokia G20 Resmi Hadir di Indonesia, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Layar Nyaman di Mata

ASUS ROG Phone jadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan layar dengan refresh rate 90 Hz. Sementara refresh rate yang digunakan di seri kedua meningkat jadi 120 Hz. Kemudian generasi tahun 2020 berada di angka 144Hz.

Lantas bagaimana dengan ASUS ROG Phone 5? Pada gawai terbaru ini, tetap menghadirkan refresh rate mencapai 144 Hz. Namun, kemampuan touch sampling rate ditingkatkan hingga 300 Hz. Sebelumnya seri ROG Phone 3 hanya sebesar 270 Hz saja.

Smartphone ini telah mengusung panel AMOLED pada layar ponselnya dengan ukuran 6,78 inci dan memiliki resolusi 1080 x 2340 piksel, serta aspek rasio 19,5:9. Namun, kurang mampu menampilkan gamut warna yang terbaik di kelasnya.

Meski demikian, pengguna bisa mengatasi sedikit masalah tersebut. Caranya dengan mengganti profile warna layar melalui menu Settings.

Performa Gahar

ASUS ROG Phone 5 adalah salah satu deretan ponsel pintar pertama di pasaran yang memakai prosesor terbaru milik Qualcomm, yakni Snapdragon 888.

Dibekali dengan RAM LPDDR5 serta memori UFS 3.1, teknologi tersebut membuat performa yang dihadirkan sangat mengesankan. Dapat dikatakan, ASUS ROG Phone 5 jadi ponsel pintar paling cepat di pasaran hingga saat ini.

Hal tersebut terbukti melalui data yang dihasilkan saat dilakukan benchmark pada ROG Phone 5. Ponsel ini berhasil meraih skor 1126 di Geekbench single core serta 3726 di multi core.

Skor ini jauh melampaui Galaxy S20 Ultra yang memperoleh skor 800 serta 2687 untuk single core juga multi core. Sementara skor benchmark ponsel ini di AnTuTu mencapai nilai 731777. Hasil yang cukup menakjubkan.

Namun, skor aplikasi benchmark ini diperoleh ketika X Mode dalam keadaan aktif secara otomatis. Saat X Mode dimatikan, skor ROG Phone 5 hanya mencapai nilai 574091.

Baterai Jumbo

Mengusung baterai dengan kapasitas jumbo yakni 6,000 mAh. Dan ASUS juga menyematkan beberapa teknologi pintar di perangkatnya, tujuannya agar dapat mengatur konsumsi daya di smartphone seri ini.

Baca:  Lenovo Tab P12 Pro 5G dan Tab P11 5G Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Gamer sekarang dapat mengatur sampai berapa persen baterai terisi ketika dicharge selama tidur. Selain itu, steady charging juga berfungsi untuk mengisi daya baterai secara lebih lambat serta stabil. Tujuannya agar masa pakainya tidak menurun secara drastis

ASUS juga menghadirkan fitur yang bisa secara “pintar” mendeteksi seberapa aktif bosku menggunakan smartphone. Apabila tidak dipakai atau dalam kondisi idle, maka sistem otomatis mengubah pengaturan ponsel. Ini akan lebih menghemat baterai.

ASUS ROG Phone 5 dijual beserta dengan kepala charger 65 watt berkemampuan HyperCharge.

Kamera Lumayan Tajam

Seperti seri ROG Phone sebelumnya, ASUS rupanya memang sengaja tak terlalu fokus dengan kemampuan kamera untuk smartphone gaming-nya.

Lagi pula, seri ROG Phone ini memang menargetkan pengguna yang “gila” bermain game, bukan para pecinta fotografi. ASUS menyertakan kamera belakang yang memiliki kemampuan sensor masing-masing 64 MP, 13 MP, serta 5 MP. Soal selfie, ponsel pintar ini sudah ditanamkan kamera berkemampuan 24 MP.

Tampilan warna serta detail di hasil foto yang diambil memakai smartphone seri ini cukup standar. Kemampuan kamera tersebut terasa kurang saat mengambil potret dalam kondisi low light.

Banyak Fitur Pendukung

Nah, ini merupakan bagian penting pula di smartphone gaming, terdapat fitur pendukung untuk bermain game yang bernama Armoury Crate. Cara mengoperasikannya juga cukup gampang, bosku tinggal klik fitur tersebut, kemudian di dalamnya terdapat segala hal yang bosku butuhkan. Dan bosku sekaligus dapat mengatur sesuai kebutuhan.

Mulai dari fitur pendukung untuk ‘gaya’, contohnya mengatur logo mata ROG berkedip. Bahkan fitur ini sampai bisa membuat orang lain melirik saat melihat perangkat canggih dari ponsel ini.

Ingin mengatur performa? Jelas smartphone ini jagonya. Singkatnya, pada fitur tersebut terdapat berbagai pengaturan penting. Mulai dari menyesuaikan performa dari CPU, GPU, sampai tingkat sensitivitas layar.

Sampai terdapat pula fitur yang mampu memastikan bosku nyaman selama bermain game di ponsel ini. Karena bisa mengatur fitur untuk memblokir notifikasi serta panggilan telepon yang pasti mengganggu waktu gaming, bisa juga mengunci intensitas cahaya layar. Terdapat pula fitur mengaktifkan informasi real-time, Macro, Air Triggers, dan lain sebagainya.

Baca:  Bocoran Harga dan Spesifikasi Infinix Hot 11S Menjelang Peluncuran

Perlu bosku ketahui juga, fitur Air Trigger pada smartphone gaming bosku ini mempunyai dua sensor ultrasonic yang cukup berbeda dari seri sebelumnya. Posisinya ditempatkan pada ujung ponsel bagian atas, hal ini membuatnya sangat mudah untuk diakses. Apalagi bagi bosku yang gemar bermain  game sarat dengan kompetitif tinggi. Misalnya saja, pada saat bermain game PUBG dan game sejenisnya.

Kesimpulan ASUS ROG Phone 5

Apabila bosku memang membutuhkan ponsel gaming, tentu ASUS ROG Phone 5 merupakan rekomendasi terbaik di kelasnya. Tidak hanya untuk gaming, rasanya bila diaplikasikan sebagai ponsel harian juga tak diragukan kenyamanannya.

Kekurangannya mungkin terletak pada bodi smartphone yang terasa agak licin. Jadi, solusi singkatnya hanya dapat diminimalisir dengan menggunakan case yang disediakan dalam paket pembelian.

Selain itu, barangkali dari segi bobot, yang tergolong agak berat bila dibandingkan dengan ponsel lainnya. Namun, mengingat ini smartphone gaming dan pasti ada banyak teknologi di dalamnya yang tersematkan. Selain itu, smartphone ini dibanderol dengan harga mulai Rp 9,9 jutaan dan memiliki kapasitas daya baterai yang cukup besar. Jadi, dimaklumi saja, hal ini kembali lagi ke selera masing-masing bosku.

Informasi tambah saja, ponsel ini memiliki tiga varian mengenai kapasitas memori dan harga. Pertama, ponsel dengan kapasitas RAM 8 GB dan memori internal 128 GB dibanderol dengan harga jual sekitar Rp 10 juta, sedangkan untuk kapasitas RAM 12 GB dan memori internal 256 GB dibanderol dengan harga jual Rp 15 juta. Kedua varian tersebut telah hadir di pasaran sejak tanggal 14 Juni 2021 yang lalu. Sedangkan varian terakhir yaitu ROG Phone 5 Ultimate dengan memiliki kapasitas RAM 18 GB dan memori internal 512 GB dibanderol dengan harga jual Rp 19 juta. Ponsel varian terakhir ini akan dijual di pasaran mulai bulan Agustus 2021 nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *