Spesifikasi dan Harga OPPO A15, Punya Tiga Kamera Hanya Rp 1,7 Jutaan

Smartphone

Siapa sih yang tidak suka smartphone OPPO? Ini adalah salah satu brand smartphone yang tidak hanya bagus kualitas kameranya, tetapi juga harganya. Dengan budget minimal, bosku bisa mendapatkan smartphone canggih dengan beragam fitur yang berguna dan menarik. Tahun lalu, OPPO merilis produk A series yang bernama OPPO A15. Tepatnya, ponsel ini dirilis secara resmi pada bulan Oktober 2020 lalu, dan produk ini baru hadir di Indonesia pada akhir bulan November 2020 lalu. Ini adalah salah satu smartphone terjangkau Oppo yang punya banyak fitur seru. Meskipun bukan produk high-level end, OPPO A15 adalah salah satu produk yang sangat direkomendasikan.

Fitur OPPO A15

Hadir dengan tampilan yang ciamik membuat OPPO A15 menarik untuk disimak. Ada dua varian warna yang bisa dipilih dari smartphone A15 ini yaitu Mystery Blue dan Dynamic Black. Selain varian yang beragam, smartphone ini juga memiliki fitur-fitur menarik yang terdapat pada ponsel besutan OPPO ini, berikut macam-macamnya.

1. Kamera Triple AI Camera

Fitur yang sangat menonjol dari OPPO A15 adalah kamera belakangnya. Desain kamera OPPO A15 sudah kekinian mengikuti tren pengguna saat ini. Posisinya tampak solid, ada tiga kamera belakang yang akan membantu pengguna menghasilkan foto terbaik. Ketiga lensa kamera ini memiliki fungsi masing-masing.

Hasil jepretan akan semakin memuaskan berkat fitur AI Camera. OPPO A15 memiliki fitur AI Scene Enhancement, Dazzle Color dan AI Scene Recognition. Fitur-fitur tersebut akan dapat melakukan optimasi yang pintar ketika memotret objek. Tidak hanya itu saja, Oppo A15 juga memiliki fitur kamera depth sensor dan fitur portrait bokeh yang mana mampu menciptakan latar belakang tampak blur dengan natural.

2. Sensor fingerprint

Privasi pengguna akan lebih aman berkat fitur keamanan fingerprint sensor. Pemindai sidik jari yang berada di belakang smartphone akan melindungi data, file dan hal privasi lainnya dari pengguna.

3. Eye Comfort

Pengguna tidak perlu khawatir ketika menggunakan OPPO A15 dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya OPPO A15 ini memiliki fitur Eye Comfort, fitur ini sangat bermanfaat yang mana berfungsi untuk mengurangi kelelahan pada mata akibat menatap layar smartphone terlalu lama.

Baca:  iQOO Z5 Akan Hadir dengan Kapasitas Baterai 5.000 mAh

4. Memory Defragmentation

Smartphone murah bukan berarti sedikit fiturnya ya. OPPO A15 tetap memiliki banyak fitur yang bermanfaat meskipun harganya terjangkau. OPPO memberikan OPPO A15 fitur untuk meningkatkan performanya berupa Memory Defragmentation 2.0. Fitur ini dapat meningkatkan keseluruhan performa perangkat hingga 5%. Fitur ini sangat berguna untuk para pengguna yang suka main mobile game.

5. Game Booster

Agar pengalaman bermain game mobile semakin asik dan memuaskan, Oppo juga memberikan sokongan lain berupa fitur HyperBoost 2.1 pada OPPO A15. Fitur ini mengombinasikan TouchBoost dan FrameBoost untuk mendapatkan performa yang semakin baik ketika bermain game.

Spesifikasi OPPO A15

Ketika ada smartphone yang akan maupun sudah muncul di pasaran, pasti para penggemar gadget akan mencari-cari informasi mengenai smartphone tersebut. Hal yang biasa dicari tentunya adalah spesifikasi dan harga dari produk itu. Spesifikasi suatu produk hape itu memang penting, dengan mengetahui spesifikasi dari sebuah produk yang akan hadir membuat seseorang akan mampu mempertimbangkan dengan matang apakah harus memiliki produk tersebut atau tidak. Hal demikian pun dilakukan pada ponsel besutan OPPO ini yakni OPPO A15. Jika bosku ingin tahu lebih mengenai OPPO A15, berikut ini adalah spesifikasi ponsel besutan OPPO yang perlu diketahui sebelum membelinya.

1. Layar

OPPO A15 memiliki ukuran layar yang luas, ukurannya yakni sebesar 6.52 inci dengan rasio layar 88.7%. Layar smartphone ini memiliki resolusi 1600 x 700 HD+ dengan tingkat kerapatan piksel 269 ppi. Bicara soal jenis layar panel, OPPO A15 dibekali dengan layar panel LCD (A-Si). Selain itu, ponsel ini memiliki kecerahan layar hingga 480 nit, jadi apabila pengguna ingin berada di luar ruangan pada siang hari, ponsel ini dapat menyesuaikan kecerahannya secara otomatis karena adanya kecerdasan buatan yang tersemat di layarnya.

Baca:  Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi Band 6, Gelang Pintar Harga Rp 499 Ribu

2. Kamera

Soal kamera, OPPO A15 tidak begitu mengecewakan. Ponsel ini telah dibekali tiga kamera belakang yang terdiri dari 13MP kamera utama, 2MP lensa makro dan 2MP lensa portrait. Kamera belakangnya juga dilengkapi dengan LED flash. Setiap kamera memiliki fitur tersendiri, kamera utama didukung lensa 5P yang mendukung zoom digital. Melalui lensa portrait, ada beberapa mode foto yang bisa pengguna pilih. Di dalamnya ada mode pemotretan foto dan video, mode malam, mode profesional, potret, mode slow-mo, mode panorama dan lain sebagainya.

Sementara itu, kamera depan OPPO A15 ini memiliki resolusi sebesar 8MP. Posisinya berada di bagian atas bezel berbentuk menyerupai tetesan air. Kualitas kamera depan ini terbilang cukup baik untuk berswafoto. Terlebih lagi ada fitur pendukung yang berupa AI beautification akan berguna untuk menghasilkan foto selfie yang ciamik namun tetap natural.

3. Prosesor

Chipset prosesor yang digunakan OPPO A15 adalah chipset dari MediaTek. Lebih tepatnya, ponsel ini menggunakan chipset MediaTek MT6765 Helio P35 fabrikasi 12 nm dengan kecepatan CPU hingga 2.3 Ghz. Sementara soal grafis, OPPO membekali ponsel ini dengan GPU IMG GE8320 @680 Mhz 10.2 fps. Adapun sistem operasi yang berjalan pada Oppo A15 adalah ColorOS 7.2 yang berbasis Android 10.

4. Penyimpanan dan Memori

Ponsel besutan OPPO ini juga dibekali dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal sebesar 32 GB. Smartphone ini menggunakan teknologi LPDDR4x. Jika kapasitas penyimpanan internal masih belum cukup memenuhi kebutuhan, bosku bisa menambahkan memori tambahan karena ponsel ini mendukung penyimpanan MicroSD hingga 256 GB. Selain itu, smartphone ini juga mendukung fitur USB OTG.

5. Baterai

Kapasitas daya OPPO A15 cukup besar, yakni 4230mAh yang dapat menjadikan ponsel ini bertahan hingga seharian penuh dengan aktivitas normal saja dan tidak berlebihan. Apabila dipergunakan untuk membuka aplikasi yang berat seperti halnya bermain game, ponsel ini akan bertahan kurang lebih 6 sampai 9 jam dalam sekali pengisian.Meskipun masih kurang buat para gamer, tetapi berkat dukungan pengisian daya 5V/ 2A, aktivitas gaming dan hiburan lainnya tidak akan begitu terganggu. Selain itu, ponsel ini juga dibekali dengan fitur Super Nighttime Stanby. Fitur itu dapat mempelajari kebiasaan tidur pengguna sehingga pemakaian daya pada malam hari dapat dikurangi.

Baca:  Samsung Galaxy A03s Meluncur dengan Helio P35 dan Baterai 5.000 mAh

6. GPS

Smartphone besutan OPPO ini mendukung beberapa aplikasi lokasi seperti Beidou dan Glonass. Sedangkan untuk aplikasi bawaannya ada GPS dan A-GPS.

Varian dan Harga OPPO A15

Meskipun OPPO A15 dijual dengan harga terjangkau, tetapi desainnya begitu elegan. Desain ponsel ini tampak elegan dan menarik dengan balutan bodi belakang berkontur cukup glossy. Namun, sidik jari anda tidak akan membekas dengan mudah. Dengan teknologi 3D Curved body, bodi smartphone ini terasa ergonomis ketika digenggam. Selain itu, ponsel ini memiliki berat 175 gram dengan ketebalan ponsel sekitar 7,9 mm saja.

Untuk pilihan warna, ponsel ini hanya memiliki dua varian warna yang dapat dipilih yakni Mystery Blue dan Dynamic Black. Harga ponsel ini pada saat hadir akhir bulan November 2020 lalu, dibanderol dengan harga jual Rp 1.999.000. Dan beberapa bulan berselang setelah tiba, harga ponsel ini berubah menjadi Rp 1.799.000. Dengan budget sekitar Rp 1.7 jutaan saja, bosku sudah bisa mendapatkan smartphone dengan fitur lengkap dan mumpuni.

Meskipun dari sekian banyaknya fitur dan spesifikasi lengkap pada OPPO A15, smartphone ini masih memiliki beberapa kelemahan. Beberapa kelemahan yang tampak dari smartphone yang rilis pada Oktober 2020 lalu ini di antaranya adalah tidak ada perlindungan layar Corning Gorilla Glass apapun generasinya, tidak mendukung teknologi fast charging, memori penyimpanan kecil dan tidak adanya kamera ultrawide.

Namun bosku tak perlu khawatir, dari sedemikian kekurangan yang ada pada ponsel besutan OPPO ini, masih ada banyak kelebihan yang dimiliki. OPPO A15 bisa menjadi pilihan alternatif yang tepat jika bosku menginginkan smartphone dengan harga terjangkau namun mendapatkan teknologi yang mumpuni di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *