Spesifikasi dan Harga OPPO A74 4G dan 5G, Ponsel Murah Performa Lancar

Smartphone

Masih ingat dengan smartphone OPPO seri A lalu? Ya, OPPO A74. Ponsel pintar yang dibanderol dengan harga yang terjangkau ini memiliki dua model, yaitu OPPO A74 reguler atau 4G dan OPPO A74 5G.  Dan kabarnya, OPPO A74 dengan konektivitas 5G merupakan model smartphone 5G termurah saat ini di Indonesia. Meskipun berbeda, kedua model smartphone ini memiliki fitur dan teknologi yang andal. Pengguna akan merasa nyaman ketika menggunakan keduanya.

Perbedaan Spesifikasi Oppo A74 Reguler dan Oppo A74 5G

Jika dilihat dengan seksama, Oppo A74 4G dan Oppo A74 5G memiliki desain bodi yang memang mirip. Layar kedua smartphone ini pun memiliki desain single punch hole di kiri atas. Fitur ini memuat kamera selfie pada kedua ponsel itu, ukuran layarnya pun hampir sama. Namanya juga masih satu model, jadi ada banyak kesamaan di antara keduanya. Meskipun begitu, tentunya ada perbedaan. Ketika diharuskan memilih, model mana yang akan bosku pilih?

Keputusan apakah harus memilih versi 4G atau versi 5G perlu dipertimbangkan dengan baik. Pastinya hal ini dilakukan agar penggemar tidak merasa kecewa saat sudah memilih. Dan untuk bisa memilih secara tepat, ada baiknya untuk mengetahui spesifikasi yang dimiliki kedua model smartphone OPPO tersebut. Nah, berikut ini adalah spesifikasi ponsel versi 4G dan versi 5G yang penting diketahui.

1. Layar mirip tetapi berbeda

Soal layar kedua model OPPO A74, keduanya memiliki ukuran layar yang hampir sama. OPPO A74 5G memiliki ukuran layar yang sedikit lebih besar dibandingkan OPPO A74 regular. Ponsel versi 4G LTE mempunyai ukuran dimensi 160.3 x 73.8 x 8 mm dan bobotnya sekitar 175 gram atau 6,17 ons. Ponsel dengan versi 4G ini hadir dengan memiliki tiga kamera di belakang dan kamera depan memiliki bentuk punch hole di sisi kiri pada layar.

Sedangkan versi 5G mempunyai ukuran dimensi 162.9 x 74.7 x 8.4 mm dan bobotnya sekitar 190 gram atau 6,7 ons. Ponsel dengan versi 5G ini hadir dengan memiliki empat kamera di belakang dan kamera depan berbentuk punch hole di sisi kiri layar ponsel sama seperti versi 4G-nya.

Baca:  Nokia G20 Resmi Hadir di Indonesia, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Kemudian untuk perbedaan layarnya, ponsel versi 4G LTE mengusung layar AMOLED berukuran 6.43 inci yang hasilnya sudah Full HD Plus dengan resolusi layar 2400 x 1080 piksel. Rasio layar ke bodinya sebesar 84.4% dengan kerapatan piksel layar sebesar 409 ppi dan refresh rate 60Hz.

Sementara itu, ponsel dengan versi 5G dibekali dengan memiliki ukuran layar 6.5 inci sudah IPS LCD, hasil tampilan sudah Full HD Plus dengan resolusi layar sebesar 2400 x 1080 piksel. Dan ponsel versi 5G ini juga memiliki kerapatan layar 405 ppi dengan refresh rate 90Hz. Sedangkan untuk rasio layar ke bodinya lebih rendah dibandingkan dengan versi 4G LTE, yakni 83.8%.

2. Performa

Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, OPPO A74 dibekali dengan teknologi mutakhir. Dalam hal performa, ponsel besutan OPPO ini memiliki kemampuan yang sangat baik. Ponsel dengan versi 4G LTE-nya dibekali dengan chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 dengan fabrikasi 11 nm dan CPU sudah Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver). Soal kualitas grafis juga sangat memuaskan, ponsel dengan versi 4G LTE ini dilengkapi dengan grafis GPU Adreno 610.

Sedangkan versi 5G dilengkapi dengan chipset Qualcomm SM4350 Snapdragon 480 5G dengan fabrikasi 8 nm dan CPU sudah Octa-core juga (2×2.0 GHz Kryo 460 & 6×1.8 GHz Kryo 460). Pada model ini, varian kartu grafisnya lebih tinggi daripada model 4G LTE, yaitu menggunakan GPU 650 Mhz Adreno 619. Meskipun berbeda spesifikasi CPU dan GPU, tetapi kedua model OPPO A74 sama-sama membekali diri dengan RAM LPDDR4x 6GB dan ROM UFS 2.1 berkapasitas 128GB.

Mengenai sistem operasi yang digunakan, kedua model OPPO A74 berjalan pada sistem operasi Android 11 dengan user interface ColorOS 11.1.

3. Kamera

Soal kamera, OPPO A74 5G lebih unggul dibandingkan OPPO A74 4G LTE. Ponsel dengan versi 4G hanya dibekali Triple Rare Camera, sementara versi 5G didukung dengan Quad Rare Camera. Ponsel dengan versi 4G ini hanya dibekali dengan kamera utama 48 Megapiksel dengan aperture f/1.7 berfungsi sebagai lensa wide, kamera depth sensor 2 Megapiksel, dan kamera makro 2 Megapiksel. Untuk kamera depannya, versi 4G disematkan kamera wide dengan resolusi 16 Megapiksel

Baca:  Realme 8i Resmi Meluncur dengan Helio G96, Ini Spesifikasi dan Harganya

Sedangkan versi 5G membekali fitur fotografinya dengan kamera utama 48 Megapiksel dengan aperture f/1.7 berfungsi sebagai lensa wide, kamera ultrawide 8 Megapiksel, kamera depth 2 Megapiksel, dan kamera makro 2 Megapiksel. Untuk kamera depannya, versi 5G membekali diri dengan kamera wide 16 Megapiksel dengan aperture f/2.0.

Meskipun spesifikasi kamera ponsel versi 4G lebih rendah dari versi 5G, kualitas kamera belakang versi 4G tidak mengecewakan. Pengguna tetap bisa mendapatkan pengalaman yang menarik ketika memotret sesuatu. Terlebih lagi ada berbagai macam fitur menarik di dalamnya.

4. Kapasitas baterai

OPPO A74 untuk semua model memiliki kapasitas baterai yang besar. Keduanya dibekali dengan kapasitas baterai 5000mAh. Berkat daya baterai sebesar ini, pengguna bisa lebih lama menggunakan smartphone. Pengguna juga bisa menikmati berbagai hiburan dan media lain dengan lebih memuaskan. Selain itu, keduanya mendukung teknologi fast charging. Sayangnya teknologi yang digunakan untuk keduanya berbeda.

Ponsel dengan versi 4G mendukung teknologi 33W fast charging, sementara versi 5G hanya didukung 18W fast charging. Meski begitu, fitur ini tentunya tetap sangat bermanfaat. Dengan teknologi ini, OPPO mengklaim pengisian dari 0% – 68% hanya bakal membutuhkan waktu 60 menit saja.

5. Fitur-Fitur Pendukung

Jika bicara soal fitur yang dimiliki OPPO A74, model versi 5G memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan ponsel versi 4G. Keduanya mendukung port 3.5 Audio Jack, fingerprint sensor dan Bluetooth. Tetapi yang berbeda di sini adalah ponsel dengan versi 5G sudah mendukung konektivitas dual-mode 5G. Selain itu, model ini mendukung Fitur NFC sementara ponsel dengan versi 4G tidak memilikinya.

Baca:  Spesifikasi dan Harga HP Nokia C30, Gunakan Android 11 Go Edition

Keduanya memang memiliki fitur fingerprint sensor, tetapi posisinya berbeda. Ponsel dengan versi 4G memiliki fitur in-display fingerprint sensor, sementara untuk versi 5G meletakkan fingerprint sensor di bagian samping bodi smartphone. Dan  hal yang tak boleh terlupakan, kedua model ponsel ini menggunakan port USB Type-C untuk mendapatkan pengalaman transfer data yang lebih cepat dan aman.

Varian Warna dan Harga Oppo A74

OPPO A74 4G dan OPPO A74 5G memiliki varian warna yang berbeda. Ponsel dengan versi 4G tersedia dalam dua varian warna, meliputi Prism Black dan Midnight Blue. Kemudian ponsel dengan versi 5G tersedia dalam varian warna Fluid Black dan Space Silver. Dan varian warna pada kedua model tidak memengaruhi harga keduanya ya, biasanya harga bisa berbeda sesuai dengan varian RAM yang dipilih.

Harga antara OPPO A74 4G dan OPPO A74 5G tidak terlalu jauh berbeda. Perbedaan harganya hanya beberapa ratus ribu saja. Jika OPPO A74 versi 4G dibanderol dengan harga Rp 3.499.000, maka OPPO A74 5G bisa dimiliki di harga Rp 3.699.000. Harga keduanya tidak menyentuh 4 juta, tentunya ini adalah hal yang menarik.

Lalu, model mana yang harus dipilih? Kalau bicara pilihan smartphone, hal ini bisa diputuskan dengan kebutuhan dan budget. Kedua model memiliki keunggulannya masing-masing. Namun jika bosku menginginkan smartphone dengan konektivitas 5G terbaru, model OPPO A74 5G adalah pilihannya. Chipset Qualcomm Snapdragon 480 5G merupakan chipset andalan Qualcomm dalam mendukung smartphone 5G yang dibanderol dengan harga murah. Kedua model juga nyaman digunakan untuk berlama-lama bermain mobile game yang membutuhkan kualitas grafis tinggi.

Pihak OPPO Indonesia mengatakan OPPO A74 tersedia dalam jumlah terbatas. Seberapa banyak jumlahnya, OPPO tidak memberitahukannya. Jadi jika bosku menginginkan smartphone berkonektivitas 5G dengan harga murah, jangan sia-siakan kesempatan ini. OPPO A74 bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dijadikan sebagai smartphone terbaru bagi bosku. Dengan harga terjangkau, bosku bisa mendapatkan fitur dan teknologi smartphone kekinian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *