Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A22 LTE, Punya Quad Camera 64 MP

Smartphone

Samsung Galaxy A22 LTE adalah salah satu smartphone andalan merek Samsung yang memiliki spesifikasi menarik dan terbaru. Smartphone yang tergabung sebagai anggota keluarga lini Galaxy A ini, dapat menjadi alternatif bagi beberapa orang yang sedang membutuhkan smartphone canggih namun memiliki budget yang pas-pasan. Sebab, Galaxy A22 LTE ini memang termasuk salah satu smartphone Samsung yang dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Samsung resmi meluncurkan Galaxy A22 LTE dengan harga yang tidak sampai 3 jutaan, alias smartphone ini dibanderol harga di bawah 3 jutaan sehingga membuatnya sering dipilih dan digunakan oleh banyak orang. Meski harga dari smartphone ini terbilang cukup terjangkau, nyatanya spesifikasi dari Galaxy A22 LTE sudah tidak bisa diragukan lagi.

Setelah meluncurkan ponsel A22 versi 5G, Samsung kembali menghadirkan Galaxy A22 versi LTE (4G) di pasar Indonesia. Smartphone ini disematkan beberapa fitur yang menarik, seperti kamera, layar, dan memiliki daya tampung baterai yang cukup besar.

Salah satu spesifikasi unggulan dari smartphone ini adalah layar Awesome Super AMOLED 90Hz refresh rate berukuran 6,4 inci. Selain itu dilengkapi juga dengan resolusi kamera Awesome Quad Camera 48 MP dan OIS untuk para anak-anak muda di jaman sekarang.

Spesifikasi Samsung Galaxy A22 LTE

Seperti yang sudah kami sebutkan di paragraf sebelumnya, salah satu spesifikasi unggulan dari smartphone canggih ini adalah terletak pada layarnya. Namun, masih ada banyak lagi spesifikasi dari Galaxy A22 LTE yang bisa kamu banggakan, dan di antara lainnya adalah:

  • Mengusung Chipset MediaTek Helio G80 (12 nm) yang semakin membuat kinerja smartphone
  • Mengusung GPU Mali-G52 MC2 yang berkualitas terbaik.
  • Kapasitas RAM 4 GB dan 6 GB yang mampu menampung banyak aplikasi dengan mudah.
  • Kapasitas memori internal 64 GB dan 128 GB sehingga datamu bisa tersimpan dengan baik.
  • Resolusi kamera belakang 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP yang mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi.
  • Resolusi kamera depan 13 MP sangat cocok bagi semua orang yang gemar berselfie ria.
  • Kapasitas baterai Li-Po 5000 mAh semakin membuat smartphone ini berkualitas tinggi.

Spesifikasi dari Galaxy A22 LTE ini sangatlah bagus dan bahkan ada banyak orang yang merasa bahwa harga dari smartphone ini tergolong murah jika melihat spesifikasi-spesifikasinya tersebut. Bagi beberapa orang, Galaxy A22 LTE dapat dijadikan sebagai pilihan dengan fitur premium yang dibanderol dengan harga di bawah 3 jutaan, karena smartphone ini sangat cocok untuk jadi teman setia pendukung beragam aktivitas dari anak-anak muda di jaman sekarang.

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A22

Semua jenis smartphone yang ada di dunia ini sudah pasti akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini juga berlaku bagi smartphone Galaxy A22 LTE. Maka dari itu, kami sarankan jika bosku hendak membeli smartphone andalan Samsung ini, akan lebih baik jika bosku memperhatikan dan memperhitungkan terlebih dahulu kelebihan serta kekurangan dari smartphone ini.

Baca:  Vivo S10 dan S10 Pro Resmi Hadir di Tiongkok, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Jika sejak awal bosku mengetahui kelebihan dari smartphone tertentu, hal ini akan membantumu untuk bisa mendapatkan smartphone yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginanmu. Kemudian, jika sejak awal bosku mengetahui kekurangan dari smartphone tertentu, maka hal ini dapat menjadi acuanmu apakah kekurangan tersebut masih bisa kamu terima atau tidak.

Sekarang, mari kita bahas terlebih dahulu kelebihan dari Galaxy A22 LTE yang ada di bawah ini:

1. Layar dan Dimensi

Ponsel besutan Samsung ini bakal memiliki dimensi 159,3 x 73,6 x 8,4 mm dan bobot ponsel sekitar 186 gram atau 6,56 ons. Dan ponsel ini telah dibekali dengan empat kamera di bagian belakang dan kamera selfie dengan desain water drop notch seperti tetesan air yang sedikit lebih melingkar. Samsung Galaxy A22 LTE juga dilengkapi dengan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz. Selain itu, layarnya juga memiliki resolusi 720 x 1600 piksel dengan tingkat kecerahan sampai 600 nits dan memiliki rasio layar ke bodi hingga 84,3%. Dengan spesifikasi layar seperti itu, ponsel ini mampu menampilkan gambar yang lebih tajam meski sedang berada di bawah sinar matahari. Dan mampu menghemat pemakaian daya, karena panel Super AMOLED ini telah dirancang dengan menggunakan rangkaian LED per piksel yang dapat membuat tema gelap pada smartphone.

2. Kamera

Ponsel besutan Samsung ini bakal disematkan empat lensa kamera di bagian belakang dengan kamera utama berfungsi sebagai lensa wide beresolusi 48 Megapiksel dengan aperture f/1.8, yang kedua yakni kamera ultrawide dengan resolusi 8 Megapiksel, dan yang ketiga dan keempat yakni lensa macro dan depth, keduanya memiliki resolusi sebesar 2 Megapiksel dengan aperture f/2.4. Sedangkan untuk kamera depan atau kamera selfie disematkan kamera wide dengan memiliki resolusi sebesar 13 Megapiksel. Dengan dukungan kamera seperti di atas, Galaxy A22 bakal memiliki kemampuan fotografi yang terbilang lumayan bagus karena resolusi kamera dari smartphone ini berkualitas tinggi.

3. Hardware dan Software

Ponsel Samsung Galaxy A22 bakal berjalan menggunakan sistem operasi Android 11 dan memiliki tampilan antarmuka One UI Core 3.1. Sedangkan soal peforma, A22 bakal ditenagai chipset MediaTek Helio G80 dengan fabrikasi 12 nm, menggunakan grafis GPU Mali-G52 MC2, dan CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 dan 6×1.8 GHz Cortex-A55).

Baca:  Lenovo Tab P12 Pro 5G dan Tab P11 5G Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Jika kalian merupakan pengguna yang suka menambahkan kartu memori eksternal di ponsel, maka kebiasaan ini akan terpenuhi pada ponsel Galaxy A22 . Hal ini disebabkan karena ponsel besutan Samsung ini telah memberikan dukungan untuk slot memori eksternal microSD hingga 1 TB. Selain itu, ponsel ini bakal dibekali dengan memori yang cukup besar, dan untuk ukuran RAM ponsel A22 pun lumayan besar juga. Jadi ada tiga varian yang tersedia pada ponsel Galaxy A22, yaitu RAM 4GB / ROM 64GB, RAM 4GB / ROM 128GB, dan RAM 6GB / ROM 128GB.

4. Konektivitas

Sebagai ponsel terbaru, tentunya Galaxy A22 memiliki konektivitas generasi terbaru pula. Smartphone terbaru dari Samsung ini telah mendukung jaringan 4G LTE, Wi-Fi, GPS, USB Type-C 2.0, dan Bluetooth v5.0. Dengan dukungan GPS, ponsel besutan Samsung ini mampu membaca lokasi dengan cepat dan presisi tentunya. Namun sayang, ponsel ini tidak disediakan fitur NFC yang dapat digunakan untuk transaksi elektronik secara aman dan mudah. Walaupun begitu, ponsel ini disematkan keamanan berupa fitur scanner fingerprint atau pemindai sidik jari yang berada di samping ponsel dan mampu memberikan keamanan pada data-data ponsel.

5. Baterai

Samsung Galaxy A22 mempunyai kapasitas baterai sebesar 5000 mAh. Jenis baterai yang dipakai yaitu Li-Po non-removable. Dengan baterai yang cukup besar, ponsel ini bisa dikatakan mampu memenuhi kebutuhan para penggunanya dalam seharian penuh, apalagi disertai dengan fitur fast charging 15W.

Setelah mengetahui kelebihan dari Galaxy A22 LTE, sekarang sudah waktunya bagi bosku untuk mengetahui kekurangan dari smartphone ini supaya bosku bisa memperhitungkan sejak awal apakah kekurangan tersebut masih bisa bosku terima dengan baik atau tidak. Dan kekurangan dari Galaxy A22 LTE adalah:

  • Belum mendukung resolusi yang tinggi dan hanya bisa mencapai resolusi tampilan HD+ (1600 X 720 piksel), sehingga hal ini membuat gambar yang beresolusi tinggi akan terlihat sedikit lebih kabur karena jarak per piksel menjadi cukup renggang.
  • Meski kapasitas baterai dari smartphone ini bisa dibilang cukup besar, akan tetapi tidak dilengkapi dengan opsi pengisian daya yang mumpuni, karena smartphone ini hanya dilengkapi dengan teknologi 15W Fast Charging.
  • Tidak bisa digunakan untuk bermain game secara terus menerus karena dapat membuat baterai lebih boros.

Perbedaan antara Galaxy A22 LTE dan Galaxy A22 5G

Produk andalan Samsung yaitu Galaxy A22 LTE memiliki kembaran yang bernama Galaxy A22 5G. Namun, meski kedua perangkat ini memiliki spesifikasi yang hampir sama, terdapat perbedaan di antara mereka, dan perbedaan itu adalah:

Baca:  Samsung Galaxy F42 5G Muncul di GeekBench, Berikut Bocoran Spesifikasinya

1. Jaringan 4G vs 5G

Terlihat jelas dari namanya, kedua perangkat ini memiliki perbedaan yang signifikan pada sistem jaringannya. Jika Galaxy A22 LTE mendukung jaringan 4G, Galaxy A22 5G dapat mendukung jaringan 5G. Maka dari itu, jika bosku memang sedang mencari smartphone yang telah didukung jaringan tercepat, maka lebih baik bosku memilih smartphone Galaxy A22 5G. Namun, jika bosku tidak terlalu memedulikan jaringan dari smartphone milikmu, maka bosku bisa memilih Galaxy A22 LTE.

2. Segi bodi dan layar

Meski jika dilihat secara sekilas kedua perangkat ini memiliki tampilan yang hampir serupa, akan tetapi kenyataannya kedua perangkat andalan Samsung ini memiliki perbedaan yang terletak pada segi bodi dan layarnya. Letak LED flash yang tertempel di Galaxy A22 LTE berada di luar kotak kamera dan beredisikan standar. Hal ini berbeda dengan posisi LED flash Galaxy A22 5G yang terletak di dalam kotak kamera.

3. Didukung chipset yang sama meski dengan tipe yang berbeda

Jika Galaxy A22 LTE mengusung chipset MediaTek Helio G80 (12 nm), Galaxy A22 5G mengusung chipset MediaTek MT68833 Dimensity 700 5G (7 nm). Dengan perbedaan chipset di antara kedua perangkat ini, tentu kinerjanya pun cukup berbeda satu sama lain. Sebab, chipset dengan jenis berbeda sudah pasti memiliki keunggulannya masing-masing.

4. Konfigurasi kamera

Perbedaan lainnya adalah terletak pada konfigurasi kameranya dan dapat terlihat pada jumlah sensor yang dibawanya. Jika Galaxy A22 LTE memiliki 4 sensor dalam kamera utamanya, Galaxy A22 5G memiliki 3 sensor atau sering disebut dengan konsep triple camera.

5. Warna dan harga

Dan perbedaan yang paling dapat dilihat secara jelas adalah dari segi warna dan harganya. Jika Galaxy A22 LTE hadir dengan warna bodi black (hitam), mint, dan violet (ungu), Galaxy A22 5G justru menghilangkan warna black (hitam) dan mint, lebih memilih menggantinya dengan warna grey atau abu-abu. Sedangkan untuk harganya, jika Galaxy A22 LTE dibanderol harga yang tidak sampai 3 jutaan atau sekitar Rp 2.999.000, Galaxy A22 5G dibanderol harga melebihi angka 3,2 jutaan ke atas atau sekitar Rp 3.299.000.

Jadi, gimana? Setelah mengetahui spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan dari Samsung Galaxy A22 LTE apakah bosku jadi ingin untuk membelinya? Perhatikan dengan baik informasi di atas dan pastikan apakah smartphone ini nantinya dapat memenuhi kebutuhanmu dengan baik atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *