Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 11 Lite, Resmi Rilis dengan Harga Mulai 3,7 juta

Smartphone

Xiaomi Mi 11 Lite adalah salah satu produk terbaru keluaran perusahaan Xiaomi. Xiaomi merupakan sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang elektronik dari Tiongkok. Kantor pusat Xiaomi sendiri ada di Beijing.

Xiaomi didirikan pada tahun 2010 lalu. Tetapi hebatnya, perusahaan elektronik satu ini dengan cepat telah menjadi salah satu dari sekian banyak perusahaan teknologi yang terkenal di dunia.

Pada awal kuartal kedua pada tahun 2018, perusahaan Xiaomi merupakan salah satu produsen ponsel pintar terbesar ke-4 di dunia yang mampu merancang, mengembangkan, serta menjual ponsel pintar ke banyak negara. Tidak hanya telepon pintar, Xiaomi juga mampu menjual dan memproduksi berbagai aplikasi seluler serta alat elektronik lainnya bagi konsumen.

Pendiri alias CEO Xiaomi sendiri adalah Lei Jun, yang juga merupakan orang terkaya ke-23 di Tiongkok menurut Forbes. Perusahaan swasta yang bergerak di bidang elektronik ini kini memiliki kekayaan yang bernilai lebih dari 46 miliar USD, serta mempunyai lebih dari 16.700 orang karyawan. Karyawan-karyawan di perusahaan ini sendiri tidak hanya berasal dari Tiongkok, melainkan juga negara Malaysia, Singapura, India, Filipina, bahkan juga Indonesia.

Akhir-akhir ini, Xiaomi melengkapi seri Mi 11 dengan merilis ponsel Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra, juga dengan perangkat barunya yaitu AIoT Mi Smart Band 6. Dalam perilisan produk ponsel lineup high-end yang diselenggarakan langsung di channel Youtube resmi milik Xiaomi, konsep peluncurannya sedikit berbeda. Xiaomi mengangkat tema “Tech X Fashion” yang menggabungkan antara teknologi dan lifestyle ke dalam sebuah pertunjukkan fashion show.

Menariknya, dalam acara perilisan tersebut mulanya ditujukan memang untuk ponsel Mi 11 Lite. Namun, Xiaomi Indonesia memberikan kejutan dengan mengusung juga ponsel pintar ultra premium yaitu Mi 11 Ultra ke Indonesia, bosku.

Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Lite

Perusahaan Xiaomi tampaknya berusaha mengedepankan konsep smartphone gaming dengan chipset langka dan terbaru saat ini dalam setiap produknya. Hal tersebut terbukti dengan kemunculan Xiaomi Mi 11 Lite yang menjadi smartphone pertama dengan mengusung chipset gaming Snapdragon 780G.

Baca:  Samsung Galaxy A21 Simple SCV49 Meluncur dengan Exynos 7884B

Xiaomi Mi 11 Lite ini sendiri hadir dengan beberapa varian, yaitu Mi 11 Lite yang mengusung jaringan 5G dan Mi 11 Lite yang didukung signal 4G, hal tersebut jelas akan memengaruhi harga dan chipset yang digunakan. Mi 11 Lite yang dilengkapi dengan Snapdragon 780G dan kamera selfie 20 Megapiksel merupakan varian 5G, sedangkan untuk varian 4G, chipsetnya menggunakan chipset Snapdragon 732G dan kamera selfie sebesar 16 Megapiksel. Alvin Tse sebagai Country Director Xiaomi Indonesia mengatakan, alasan perusahaannya hanya membawa versi yang 4G dikarenakan mereka sudah menjalankan riset kurang lebih sekitar 6 sampai 12 bulan sebelum ponsel diluncurkan di Indonesia. Menurut Alvin Tse, penetrasi 5G di Indonesia masih belum menunjukkan kejelasannya.

Xiaomi Mi 11 Lite sendiri hadir dengan layar AMOLED 6,55 inci yang jelas sudah memiliki resolusi Full HD Plus. Smartphone ini pun memiliki desain punch-hole untuk kamera depan yang ada di pojok kiri atas layar dengan refresh rate 90Hz, touch sampling rate 240Hz, serta 10-bit color depth.

Smartphone gaming terbaru satu ini juga mempunyai tiga buah kamera belakang yang mempunyai konfigurasi lensa utama dengan ketajaman sebesar 64 Megapiksel, yang akan mempermudah bosku dalam memotret.

Smartphone ini juga memiliki lensa ultrawide dengan ketajaman lensa sebesar 8 Megapiksel dan tak lupa juga dengan lensa makro yang mempunyai ketajaman serta keakuratan sebesar 5 Megapiksel. Sementara kamera depan yang berada di bagian punch-hole sendiri memiliki ketajaman lensa sebesar 16 Megapiksel.

Smartphone ini juga telah didukung dengan menggunakan baterai yang berkapasitas sebesar 4.250mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, jelas bosku tidak perlu repot-repot untuk terus mengisi daya baterainya.

Sebab Xiaomi Mi 11 Lite dapat bertahan lebih dari 24 jam meskipun bosku pakai non-stop. Jangan khawatir juga apabila baterai habis, sebab smartphone keluaran Xiaomi ini telah mendukung fast charging 33W. Hal tersebut memungkinkan bosku mengisi daya Xiaomi Mi 11 Lite ini dengan cepat, sehingga bosku tidak perlu menunggu lama untuk pengisian daya.

Kelebihan Xiaomi Mi 11 Lite Dibanding Lainnya

Sebagai smartphone yang menduduki kelas flagship, Xiaomi Mi 11 Lite tentu saja hadir dengan spesifikasi yang menggiurkan serta memiliki sejumlah peningkatan dari seri sebelumnya. Apa sajakah itu? Simak ulasan di bawah ini.

Baca:  Realme 8s 5G Meluncur dengan Dimensity 810 dan Kamera 64MP, Ini Spesifikasi dan Harganya

Pertama yaitu produk Xiaomi terbaru yang satu ini sudah ditenagai menggunakan chipset snapdragon, yang mana merupakan chipset tercanggih saat ini. Snapdragon adalah chipset terbaru yang diklam menjadi chipset tercanggih yang dihadirkan oleh Qualcomm. Mi 11 Lite ini adalah smartphone pertama di Indonesia yang rilis menggunakan prosesor tercanggih ini.

Chipset Snapdragon yang satu ini memiliki performa baik, yang begitu kencang berkat prosesor octa core yang dimilikinya. Octa corenya sendiri pun bukan octa core sembarangan, yaitu octa-core (2×2.3 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver).

Chipset ini juga mempunyai standar fabrikasi baru yaitu 5 nm. Apabila menggunakan chipset ini, ponsel akan tahan dalam bermain game, meskipun game tersebut adalah game berat sekalipun dan akan lancar-lancar saja.

Mi 11 Lite didukung dengan layar besar dengan refresh rate 120Hz. Smartphone ini dibekali layar AMOLED yang menawarkan pengalaman visual yang dapat memanjakan mata. Layar ponsel yang juga besar dapat memungkinkan bosku lebih nyaman menggunakannya untuk berbagai keperluan, khususnya mengetik, bermain game, atau menonton tayangan hiburan di ponsel. Dengan refresh rate yang berada pada angka itu, bosku dapat menggunakan fitur scrolling dalam aplikasi, menonton video bahkan main game berat pun akan terasa lebih halus dan ringan.

Mi 11 Lite mengusung layar AMOLED yang jelas sudah memiliki resolusi Full HD Plus, dimana akan membuat bosku nyaman memakainya. Selain itu, Xiaomi juga memastikan bahwa Mi 11 Lite dapat menyuguhkan tampilan visual yang baik hingga satu miliar warna. Perpaduan fitur yang terdapat pada layar Mi 11 Lite membuat pengalaman menggunakan ponsel ini jadi lebih baik dan seru.

Kehadiran kamera di Xiaomi Mi 11 Lite membuat penggunanya dapat membuat video dan foto dengan jernih dan jelas dengan akurasi yang tidak usah ditanya lagi. Kamera ponsel satu ini dibekali dengan berbagai fitur menarik.

Baca:  Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi Band 6, Gelang Pintar Harga Rp 499 Ribu

Contohnya seperti night mode yang berada di kamera utama, kamera ultra wide, serta kamera depan. Ada juga fitur magic zoom, night time lapse, slow shutter, parallel world, time freeze, dan freeze frame.

Tak lupa, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur voice isolation yang dapat membantu bosku menghasilkan video dengan audio yang lebih jernih dan jelas. Hal ini sangat dicari oleh orang-orang yang bekerja dengan menggunakan ponselnya, baik untuk keperluan pekerjaan ataupun tugas sekolah.

Mengenai harganya, Xiaomi Mi 11 Lite dengan kapasitas RAM 6 GB dan memori internal sebesar 64 GB dibanderol dengan harga jual Rp 3.699.000. Lalu, untuk varian kapasitas RAM 6 GB dan memori internal sebesar 128 GB dibanderol dengan harga jual Rp 3.799.000. Sedangkan untuk kapasitas RAM 8 GB dan memori internal sebesar 128 GB dibanderol dengan harga jual Rp 3.999.000.

Xiaomi Mi 11 Lite memiliki 3 varian warna yang bisa bosku pilih yaitu Boba Black, Peach Pink, dan Bubblegum Blue. Dan penjualan perdana untuk ponsel seri ini rencana akan dimulai hari ini pada tanggal 17 Juni 2021 bisa lewat Authorized Mi Store maupun marketplace yang ditunjuk.

Pencapaian Xiaomi Sejak Awal Produksi

Xiaomi nyatanya mendapat banyak peringkat di dunia, seperti pada tahun 2019, dimana pengiriman ponsel Xiaomi ke seluruh dunia mencapai 125 juta unit. Hal tersebut membuat perusahaan swasta yang bergerak di bidang elektronik ini menempati peringkat keempat secara global sejak tahun 2018 lalu.

Perusahaan Xiaomi juga memiliki peringkat ke-468 dengan predikat perusahaan muda. Maksudnya, Xiaomi ini adalah perusahaan termuda yang berhasil tercatat dalam daftar Fortune Global 500 pada tahun 2019. Xiaomi pun telah terdaftar di Bursa Efek Hong Kong sejak 2018 lalu. Begitu banyak bukan, keunggulan dari perusahaan Xiaomi yang telah diakui dunia?

Itulah dia beberapa alasan mengapa bosku harus membeli Xiaomi Mi 11 Lite, smartphone yang disebut-sebut sudah hadir di Indonesia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *