5 Tips Memilih Laptop yang Baik dan Benar Sesuai Kebutuhan

Laptop Tips dan Trik

Artikel ini akan membahas seputar 5 tips memilih laptop yang baik dan benar sesuai kebutuhan, sehingga ketika bosku membeli sebuah laptop baru, bosku tidak akan merasa kecewa dengan pilihan bosku itu. Apalagi sekarang juga semakin banyak laptop dengan jenis dan merek baru yang bermunculan di pasaran, sehingga sudah pasti ini akan menambah kebingungan bosku ketika memilih sebuah laptop baru.

Sebenarnya, untuk dapat memilih laptop baru yang berkualitas baik, hal ini bisa bosku lakukan dengan sangat mudah. Namun, sebelum melakukan hal itu, bosku perlu mengenali kebutuhan dan keinginan bosku terlebih dahulu, sebenarnya bosku menginginkan laptop dengan jenis yang seperti apa dan dilengkapi spesifikasi seperti apa? Ketika bosku sudah mengetahui kedua hal ini dengan baik, maka langkah selanjutnya akan terasa lebih mudah untuk bosku.

5 tips memilih laptop berkualitas tinggi sesuai kebutuhan

Supaya bosku bisa mendapatkan laptop yang berkualitas tinggi namun dengan harga yang masih terjangkau, bosku perlu mengetahui beberapa tipsnya dengan baik. Sebab, jika bosku tidak mengetahui tentang hal ini dengan baik, maka bisa-bisa bosku salah memilih laptop yang sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan bosku.

Solusi untuk mengatasi permasalahan seperti itu adalah dengan memahami tips-tips dalam pemilihan laptop seperti yang ada di bawah ini:

1. Tentukan prosesor yang sesuai dengan laptop baru

Langkah paling utama yang wajib bosku lakukan supaya bisa mendapatkan laptop baru yang berkualitas terbaik adalah dengan menentukan prosesor yang sesuai dengan laptop yang hendak dibeli tersebut. Jika bosku berniat menggunakan laptop baru tersebut hanya untuk kebutuhan pekerjaan kantor dan tidak terlalu membutuhkan laptop yang berspesifikasi tinggi, bosku bisa membeli laptop dengan prosesor Intel i3 Gen 10/11 atau Ryzen 3 Gen 3/4. Dengan memilih laptop yang memiliki prosesor dari salah satu kedua jenis tersebut, bosku bisa lebih menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

Baca:  Samsung Galaxy Chromebook Go Resmi Rilis, Laptop Stylish Harga Minimalis

Namun, berbeda lagi jika bosku berniat menggunakan laptop baru tersebut untuk keperluan bermain games yang menengah ke atas, maka tentu saja bosku akan membutuhkan prosesor laptop yang lebih berkualitas tinggi. Prosesor yang paling disarankan untuk digunakan pada laptop gaming adalah Intel i5 Gen 10/11 atau Ryzen 5 Gen 3/4. Selain itu, bosku juga perlu memastikan laptop tersebut sudah dilengkapi dengan GPU yang handal dan RAM yang maksimal.

2. Pilih GPU yang sesuai dengan kebutuhan

Sama saja dengan bagian prosesor pada laptop yang akan berbeda tergantung dengan pemakaian laptop tersebut, GPU pada laptop juga dapat dibedakan menurut kualitasnya tergantung pemakaian dari laptop tersebut.

GPU NVidia RTX series atau Radeon RX series menjadi jenis GPU yang paling disarankan untuk digunakan pada laptop yang akan digunakan untuk permainan games berkualitas tinggi. Sebab, dengan menggunakan salah satu dari kedua jenis GPU tersebut, hal ini akan membuat kinerja laptop menjadi lebih maksimal dan ini juga akan memberikan keuntungan lainnya kepada para penggunanya.

Sementara itu, jika bosku membeli laptop hanya untuk digunakan untuk pekerjaan yang ringan, maka bosku tidak perlu mencari laptop yang dilengkapi dengan GPU tingkat tinggi, bosku bisa mencari laptop yang dilengkapi dengan GPU yang tingkat menengah.

3. Maksimalkan kapasitas RAM pada laptop

Siapa sih yang tidak mengetahui betapa pentingnya RAM bagi produk teknologi di jaman sekarang? Tentu kapasitas RAM akan menjadi salah satu yang patut diperhitungkan ketika hendak membeli suatu produk teknologi dan tidak terkecuali pembelian laptop. Dengan memaksimalkan kapasitas RAM yang ada di laptop, hal ini dapat membantu kinerja laptop menjadi semakin cepat dan juga responsif, sehingga bosku tidak akan mengeluhkan kinerja laptop baru bosku dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Baca:  5 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Perlu Diketahui

Pastikan kecepatan RAM pada laptop baru bosku itu sudah maksimal dan sesuai dengan laptop tersebut. Jadi, tidak akan ada gangguan pada kecepatan kinerja laptop pada saat bosku menggunakannya.

4. Pastikan laptop yang dibeli sudah SSD

Meskipun terkesan tidak terlalu penting, akan tetapi kenyataannya hal ini sangatlah penting untuk bosku perhatikan ketika hendak membeli laptop baru. Sebab, SSD merupakan hal yang sangat krusial yang terdapat pada laptop. Jadi, usahakan untuk membeli laptop baru yang sudah SSD dan kurangi minat bosku untuk membeli laptop yang masih memakai HDD. Jika bosku membeli laptop baru yang sudah memenuhi kriteria ini, maka bosku akan bisa mendapatkan laptop berkualitas tinggi dengan harga yang masih terbilang terjangkau.

5. Pilih laptop baru yang memiliki ukuran layar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan

Tentu bosku juga tidak boleh mengabaikan pentingnya layar pada laptop, usahakan untuk membeli laptop yang telah dilengkapi ukuran layar yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan bosku. Jika bosku membutuhkan laptop yang memiliki portabilitas tinggi, maka bosku lebih baik memilih dan membeli laptop dengan ukuran yang kecil. Pasalnya, laptop dengan ukuran yang kecil akan lebih mudah untuk dipindahkan.

Namun, akan berbeda jika bosku membutuhkan laptop yang bertenaga tinggi, maka bosku pasti akan membutuhkan laptop dengan bodi yang tebal supaya dapat menyimpan komponen yang bertenaga. Nah, untuk dapat memenuhi kriteria tersebut, bosku perlu membeli laptop baru yang berukuran besar.

Baca:  Spesifikasi dan Harga Infinix INBook X1, Laptop Tipis Murah Namun Kencang

10 spek hardware yang perlu diperhatikan ketika membeli laptop

Bagi para pengguna laptop, kemungkinan besar bosku sudah tidak asing lagi dengan istilah spek hardware pada laptop, karena hal ini merupakan salah satu hal yang penting yang wajib diperhatikan ketika hendak membeli sebuah laptop. Sebab, spek hardware juga akan mempengaruhi kinerja laptop jika bosku tidak memperhatikannya dengan baik.

Jadi, apa saja spek hardware yang wajib atau perlu diperhatikan ketika membeli laptop baru? Berikut daftar lengkapnya:

  • Prosesor yang berfungsi sebagai pengontrolan keseluruhan sistem pada laptop dan pemrosesan data.
  • Storage device, atau bisa juga disebut dengan hardisk yang berfungsi untuk menyimpan data pada laptop.
  • Kapasitas memori laptop dan RAM untuk menjaga kinerja laptop supaya tetap stabil.
  • Kartu grafis yang berfungsi untuk pengolahan data yang akan ditampilkan pada layar laptop.
  • Monitor laptop untuk memastikan resolusi layar tetap berkualitas tinggi.
  • Keyboard, pastikan semua tombol dapat berfungsi dengan baik.
  • Touchpad, supaya laptop tetap dapat dioperasikan dengan baik meski dalam jangka waktu yang panjang.
  • Port input maupun output yang berfungsi untuk mengoneksikan perangkat luar ke dalam laptop.
  • Fitur tambahan seperti fingerprint sensor, speaker stereo, dan lain-lainnya.
  • Baterai laptop untuk menjaga kualitas laptop sampai akhir.

Itu dia 5 tips memilih laptop yang baik dan benar sesuai kebutuhan. Pastikan untuk selalu memperhatikan kelima tips di atas supaya bosku bisa mendapatkan laptop yang berkualitas tinggi namun dengan harga yang relatif terjangkau. Semoga artikel ini dapat menjadi jawaban dari kebingungan bosku selama ini, sehingga bosku bisa segera membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan bosku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *