Vivo Resmi Luncurkan Y53s 5G, Hadir dengan Jaringan 5G dan Fitur Terbaru

Smartphone

Vivo Y53s 5G adalah salah satu jajaran ponsel seri Y terbaru dari perusahaan Vivo yang baru diliris di negara asalnya, yaitu China. Ponsel ini sendiri juga merupakan salah satu penerus dari seri Y sebelumnya, yaitu Vivo Y52 yang sudah diluncurkan tahun lalu.

Spesifikasi Vivo Terbaru, Vivo Y53s 5G

Apabila dilihat dari spesifikasi serta harganya, Vivo Y53s yang sudah dilengkapi dengan fitur jaringan 5G ini masuk pada dalam kategori smartphone kelas menengah. Smartphone dengan tingkatan mid-range ini, sesuai namanya, ponsel ini juga sudah mendukung konektivitas 5G. 5G sendiri merupakan jaringan yang jarang ditemui pada tingkatan smartphone mid-range atau kelas menengah.

Vivo Y53s dengan fitur jaringan 5G ini pun telah mengusung layar yang dilengkapi dengan IPS LCD seluas 6,58 inch. Smartphonenya pun telah mengusung resolusi Full HD Plus dengan dukungan refresh rate sebanyak 90 Hz. Di sisi atas layar ponselnya terdapat poni yang berbentuk waterdrop yang memiliki kamera selfie sebanyak 8 MP.

Di punggung ponselnya sendiri memiliki dua kamera belakang yang masing-masing kameranya merupakan kamera utama 64 MP serta sebuah kamera macro. Keduanya ditempatkan pada modul yang berbentuk persegi panjang dengan LED flash.

Ponsel pintar berukuran 163,95 x 75,3 x 8,5 mm yang memiliki berat 189 gram ini juga telah ditenagai dengan System-on-Chip Qualcomm Snapdragon 480 5G. Plus RAM 8 GB dan media penyimpanan internalnya yaitu sebanyak 128 GB.

Vivo Y53s 5G pun turut ditopang dengan baterai yang memiliki kapasitas sebesar 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 18 watt. Sehingga Anda tidak perlu risau apabila lama tidak mengisi daya baterai hp.

Kelebihan Vivo Y53s yang Wajib Anda Ketahui

Vivo Y53s 5G adalah salah satu dari sekian banyak smartphone yang sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android 11. Ponsel satu ini juga dilapisi dengan antarmuka OriginOS 1.0 yang khas brand Vivo. Kelebihan fitur lainnya mencakup pemindai sidik jari yang terletak pada bagian samping ponsel, port USB Type-C, serta jack audio sebesar 3,5 mm. Pilihan warnanya sendiri beragam, seperti Iridescent, Sea Salt, dan Starry Night.

Baca:  Spesifikasi dan Harga Infinix Note 10 Pro, Layar Ponsel Lebih Lebar

Vivo Y53s 5G sendiri mulai dijual di China, yang mana merupakan negara yang telah memproduksinya, pada 11 Juni tahun 2021. Dijual dengan harga 1.799 Yuan atau dalam rupiah sekitar Rp 4 Juta. Tetapi, masih belum bisa dipastikan apakah ponsel ini juga akan dipasarkan di Indonesia atau tidak.

Kelebihan Jaringan 5G yang Terdapat dalam Vivo Y53s

Jaringan 5G atau yang biasa disebut fifth generation, alias generasi kelima, adalah sebuah hasil dari kemajuan teknologi telekomunikasi yang melebihi standar generasi sebelumnya. Teknologi terbaru seluler ini pun direncanakan rilis pada tahun 2020, yang artinya tahun lalu. Keistimewaan dari jaringan satu ini adalah jaringan satu ini diprediksi mempunyai kecepatan sampai tiga kali lipat dari kecepatan generasi lainnya.

Jaringan sendiri memiliki banyak ragam. Ada jaringan 1G yang dapat mengantarkan suara analog, 2G yang memperkenalkan pengguna pada berbagai macam suara digital, 3G yang membawa pengguna kepada data mobile.

Jangan lupakan juga 4G LTE yang muncul beberapa tahun lalu dan mengantar pengguna pada era mobile internet yang lebih mutakhir dari era sebelumnya. Sedangkan, kehadiran jaringan 5G ini merupakan perkembangan yang tidak hanya pada perangkat telekomunikasi, tetapi bisa juga menjangkau beberapa perangkat.

Target Jangkauan dan Pengembangan 5G Dalam Vivo Y53s 5G

Target dari jangkauan dan pengembangan 5G antara lain:

1. Kecepatan Data 5G Dijamin Lebih Tinggi dari Generasi Sebelumnya

Baca:  15 Rekomendasi HP 5G Terbaik dan Terbaru 2021

Jaringan 5G diperkirakan akan secara signifikan lebih cepat daripada jaringan sebelumnya, yakni 4G. Yang dilakukannya yaitu dengan cara menghantarkan 20 Gigabit per-second pada titik tertinggi jangkauannya.

Ditunjang juga menggunakan 100 Megabit per-second pada rata-rata kecepatan jaringannya, yang tentu saja akan lebih baik dari generasi sebelumnya. Jadi, Anda tidak perlu takut dalam konsumsi data dan kapasitasnya, sebab jaringan 5G yang ada pada Vivo Y53s telah mendukung hal tersebut menjadi lebih mudah dan hemat.

2. 5G Diharapkan Mampu Mengurangi Latency atau Interval Antara Pengirim dan Penerimanya

5G secara jangkauan juga memiliki target bahwa mereka akan mengurangi tingkat latency untuk mengantarkan pesan secara instan, alias real-time.

3. 5G Diharapkan Dapat Menghemat Baterai Demi Kenyamanan Pengguna

Jaringan 5G secara otomatis mampu mendukung 100 kali lipat lebih baik soal kapasitas traffic sekaligus efisiensi jaringan.

4. 5G Secara Otomatis Lebih Cepat dalam Mentransfer Data Ke Pengguna Lainnya

Kecepatan transfer data ini adalah salah satu daya tarik dari kehadiran jaringan 5G untuk penggunanya. Tentu hal tersebut akan sangat baik bagi bosku yang membutuhkan jaringan real-time dengan waktu pengiriman yang super cepat, apalagi jika dalam keadaan mepet. Hal tersebut akan sangat cocok bagi bosku yang memiliki banyak pekerjaan di ponsel.

Penemu Sekaligus Pengembang Jaringan 5G

Rencana perkembangan jaringan 5G di dunia sendiri begitu mengejutkan, sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2008 lalu. Korea Selatan menjadi salah satu negara yang telah melakukan riset mengenai jaringan ini untuk dijadikan sebagai teknologi komunikasi seluler pada berbagai ponsel di sana.

Pada 2008 pula, NASA telah membentuk sebuah kerjasama dengan perusahaan yang bernama Machine-to-Machine Intelligence atau M2Mi Corp. Kerjasama tersebut kemudian berkembang dengan tujuan mengembangkan teknologi jaringan 5G secara khusus dan lebih mendalam.

Baca:  Realme 8s 5G Meluncur dengan Dimensity 810 dan Kamera 64MP, Ini Spesifikasi dan Harganya

Verizon Merilis, Salah Satu Perusahaan yang Pertama Mempopulerkan Jaringan 5G

Empat tahun setelah terbentuknya kerja sama antara NASA dan M2Mi, mereka memulai riset mengenai jaringan 5G tersebut. Kemudian, pada tahun 2012 di New York University, terbentuklah NYU Wireless.

NYU Wireless sendiri adalah sebuah badan riset yang memiliki tujuan untuk mengembangkan jaringan 5G secara nirkabel. Tetapi, meski telah dikembangkan lebih dari sepuluh tahun lamanya, teknologi satu ini baru bisa diakses secara komersial hanya oleh Verizon pada Oktober 2018 lalu.

Vivo Y53s 5G dan Keunikan Teknologinya

Teknologi jaringan langka 5G, yang telah dirancang sejak 2008, kini hadir dalam berbagai bentuk ponsel. Salah satunya adalah Vivo Y53s 5G ini. Tidak hanya tampilannya yang menarik dengan berbagai pilihan warna yang menggoda, Anda juga dapat merasakan kecepatan jaringannya.

Perusahaan Vivo yang berlokasi di China memang tidak setengah-setengah dalam pengembangan teknologi ponselnya agar dapat menyaingi yang lain. Beberapa brand ponsel di Korea juga telah menggunakan jaringan 5G ini, dan Vivo Y53s 5G menyusul setelahnya.

Keunikan dari Vivo Y53s 5G dapat Anda rasakan, terutama dari kecepatan jaringannya, penghematan data, kecepatan transfer, serta banyak lagi. Anda tidak usah khawatir juga apabila ketinggalan informasi, karena jaringan 5G jelas dapat mencakup banyak informasi di sekitar dengan lebih baik lagi.

Tetapi, tunggu dulu untuk produksinya di Indonesia sendiri masih menjadi perdebatan, apakah akan hadir ataukah tidak. Namun nyatanya, pertanyaan demi pertanyaan tersebut kini telah dijawab oleh kehadiran sosok Vivo Y53s 5G di negara asalnya China yang diharapkan rilis tahun ini atau tahun setelahnya di negara Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *