Xiaomi Redmi 10 Meluncur dengan Helio G88 dan Kamera 50 MP

Smartphone

Setelah lama dinanti dan banyak diperbincangkan, ponsel Redmi 10 akhirnya secara resmi telah diluncurkan oleh Xiaomi. Kedatangan ponsel terbarunya ini telah diperkenalkan Xiaomi secara publik pada tanggal 18 Agustus 2021 lalu melalui situs resminya. Sesuai dengan nama ponsel ini, Xiaomi Redmi 10 merupakan seri lanjutan dari ponsel Redmi 9 yang pada saat yang lalu diumumkan dengan memiliki banyak peningkatan yang signifikan di berbagai lini.

Spesifikasi HP Xiaomi Redmi 10

Mengenai layar dan desain, ponsel baru besutan Xiaomi ini mempunyai dimensi berukuran 161,9 x 75,5 x 8,9 mm dengan berat ponsel sekitar 181 gram atau 6,38 ons. Dengan berat dan dimensi yang dimiliki, tentu ponsel baru Xiaomi ini begitu pas saat dipegang dengan tangan dan mudah dimasukkan ke dalam saku kemeja.

Dari segi tampilan, ponsel Redmi 10 ini mempunyai modul kamera berbentuk persegi yang terletak di sebelah kiri atas pada bagian punggung ponsel dengan konfigurasi empat sensor kamera dan LED flash di sebelahnya, serta terdapat sebuah tulisan Redmi di sebelah kiri bawah. Selain itu, pada bagian layarnya juga terdapat notch yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan sensor kamera depan dan notch tersebut posisinya terletak di bagian tengah atas atau bisa juga disebut dengan desain layar punch hole.

Kemudian dari sisi layarnya, ponsel Redmi 10 telah dibekali panel layar LCD yang berukuran 6,5 inci dengan memiliki tampilan layar yang sudah Full HD+ dan beresolusi 1080 x 2400 piksel. Lalu, ponsel ini juga memiliki rasio layar ke bodi mencapai 83,5 persen dengan kerapatan piksel layar sebesar 405 ppi dan kecepatan refresh hingga 90Hz. Selain itu, ponsel penerus Redmi 9 ini juga dilengkapi dengan dual SIM di dalamnya.

Baca:  Xiaomi Redmi 10 Prime Meluncur dengan Helio G88 dan Baterai 6.000 mAh

Sedangkan dari sisi performanya, ponsel besutan Xiaomi ini mempunyai kemampuan yang lumayan baik. Pasalnya, ponsel penerus Redmi 9 ini ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G88 dengan teknologi fabrikasi 12nm dan didukung CPU Octa-core dengan memiliki dua core Cortex-A75 di 2.0GHz dan enam core Cortex-A55 di 1.8GHz. Sementara itu, ponsel penerus Redmi 9 ini juga memiliki grafis yang cukup bagus karena didukung dengan GPU Mali-G52 MC2. Lalu untuk platformnya, ponsel Redmi 10 ini menjalankan sistem operasi Android 11 dan antarmuka MIUI 12.5.

Selanjutnya pada bagian penyimpanannya, ponsel baru Xiaomi ini memiliki tiga opsi penyimpanan yang dapat dipilih, yakni RAM 4GB / ROM 64GB, RAM 4GB / ROM 128GB, dan RAM 6GB / ROM 128GB. Namun sayang, ponsel ini tidak memiliki dukungan slot kartu microSD di dalamnya.

Lalu dari sisi kameranya, ponsel Redmi 10 ini telah dibekali empat sensor kamera pada bagian belakangnya. Empat sensor kamera tersebut memiliki fitur panorama dan HDR yang terdiri dari kamera utama sebesar 50 MP dengan aperture f/1.8 berfungsi sebagai lensa wide dan mendukung PDAF, kamera kedua memiliki resolusi sebesar 8 MP dengan aperture f/2.2 berfungsi sebagai lensa ultrawide, sedangkan kamera ketiga dan keempat masing-masing beresolusi 2 MP dengan aperture f/2.4 berfungsi sebagai lensa macro dan depth.

Untuk kamera depannya, ponsel besutan Xiaomi ini dibekali dengan kamera selfie sebesar 8 MP dengan aperture f/2.0 berfungsi sebagai lensa wide. Sementara itu, kamera depan ponsel ini juga telah mendukung kualitas video yang cukup baik yakni 1080p@30fps.

Baca:  Meizu 18s, 18s Pro, dan 18x Dikonfirmasi Meluncur 22 September di China

Mengenai sisi baterainya, ponsel penerus Redmi 9 ini memperoleh dukungan baterai dengan kapasitas yang lumayan besar. Pasalnya, ponsel ini telah dibekali baterai jenis Li-Po dengan kapasitas daya sebesar 5.000 mAh non-removable dan dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat sebesar 18W, serta pengisian terbalik sebesar 9W. Dengan memiliki dukungan baterai sebesar itu, tentu ponsel ini dapat digunakan untuk berbagai hal dengan cukup lama.

Terakhir yaitu mengenai fitur pendukungnya, ponsel Redmi 10 ini telah memiliki banyak fitur unggulan yang disematkan di dalamnya. Termasuk fitur keamanan berupa teknologi pemindai sidik jari yang terletak di samping ponsel (side-mounted). Selain itu, ponsel ini juga memiliki dukungan fitur seperti jaringan LTE, GPS, Radio, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, speaker ganda, audio jack 3.5mm, Infrared, accelerometer, compass, proximity, USB Type-C, dan Bluetooth v5.1.

Harga dan Varian Warna HP Xiaomi Redmi 10

Ponsel Redmi 10 ini mempunyai tiga varian warna yang dapat dipilih, yakni Pebble White, Sea Blue, dan Carbon Grey. Namun, belum ada kabar mengenai seri Pro atau jenis lainnya. Sedangkan untuk harganya, ponsel ini dibanderol dengan harga 180 dolar atau sekitar Rp 2,6 jutaan dengan RAM 4GB / ROM 64GB, lalu untuk RAM 4GB / ROM 128GB dijual dengan harga 200 dolar atau sekitar Rp 2,8 jutaan, kemudian untuk RAM 6GB / ROM 128GB dijual 220 dolar atau sekitar Rp 3,1 jutaan. Ketiga varian ponsel ini mulai tersedia pada hari ini tanggal 20 Agustus 2021.

Baca:  Nokia G20 Resmi Hadir di Indonesia, Berikut Spesifikasi dan Harganya

Berdasarkan laporan dari Tiongkok, bahwa ponsel baru ini akan tiba terlebih dahulu di pasar Malaysia dengan harga 650 ringgit atau sekitar Rp 2,2 jutaan dengan RAM 4GB / ROM 64GB, serta untuk versi tertingginya yakni RAM 6GB / ROM 128GB dijual dengan harga 750 ringgit atau sekitar Rp 2,5 jutaan, dan untuk pilihan tengah yakni RAM 4GB / ROM 128GB tidak akan tersedia di pasar Malaysia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *